Pages

Thursday, October 18, 2012

Bagaimana Proses Pembuatan Sepatu (Shoes Manufacture)



Pendahuluan
Sektor industri, terutama industri alas kaki ( footwear manufacture ) di Indonesia, menjadi menarik untuk dibahas karena kekhasan karaketristik industri ini, baik dari industri yang padat karya, produksinya berdasarkan atas order yang diterima dan sebagian bahan bakunya harus diimpor, sampai mesin produksi yang digunakan merupakan mesin dengan middle technology.

Pada masa krisis, jumlah produsen sepatu olah raga di Indonesia tercatat sebanyak 170 perusahaan. Saat akhir krisis tahun 1997 jumlah tersebut berkurang menjadi 83 perusahaan. Industri sepatu di Indonesia telah mengalami kemajuan significan. Diawali dari produsen sepatu dalam negeri yang  masih dikategorikan sebagai industri kecil dengan kualitas rendah, telah berkembang  menjadi produsen sepatu skala besar yang mampu memproduksi sepatu berstandar Internasional. Hingga tahun 2011, perusahaan sepatu di Indonesia mencapai  388 perusahaan.

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, taraf hidup, gaya hidup, dan kesadaran masyarakat akn pentingnya kesehatan , maka permintaan sepatu olah raga ( sport shoes ) juga mengalami peningkatan.  Kondisi ini mendorong tumbuhnya perusahaan-perusahaan yang memproduksi sepatu olah raga. Industri sepatu nasional dalam skala besar didominasi oleh merek – mere k Internasional ( branded shoes ) , seperti Adidas, Nike, Reebok, Mizuno, Puma, New Balance,  dll. Tidak berhenti sampai disini, besarnya permintaan telah mendorong tumbuhnya  merek  nasional seperti Specs, League, Tomkins, Piero, dll.

Ada beberapa jenis sepatu olah raga yang diproduksi di dunia ini yang dibuat berdasarkan kebutuhan konsumen. Saya mengambil contoh  sepatu produksi  nasional merek SPECS , terbagi kedalam beberapa jenis, yaitu : Football, Futsal, Badminton, Running, Tenis.


Football
Futsal
Running

Badminton

Tenis














Proses  Produksi Sepatu

Dalam  konstruksi sepatu, beberapa manufacture menggunakan istilah-istilah yang hampir sama yang menunjukkan elemen-elemen sepatu. Anda bisa lihat gambar berikut :

Elemen Sepatu
Umumnya konstruksi sepatu terbagi menjadi 2 bagian utama, yaitu :
  1. Upper
  2. Bottom
Upper
Upper sepatu adalah bagian sepatu yang terdapat di bagian sisi atas, mulai dari ujung depan sepatu, sisi kanan dan kiri, bagian lidah (tongue) sampai dengan bagian belakang. Karakteristik dari upper biasanya berbahan dasar kain sintetic atau kulit (leather) yang telah dirakit dengan jahitan (stitching process).
Bottom
Bagian bottom dari sepatu adalah bagian alas atau bagian bawah dari sepatu. Biasanya orang menyebut bagian sole. Bottom terdiri dari insole, midsole dan outsole. Dan ada juga yang menggunakanbahan Pu-Puck (Polyurethane).

Flow chart berikut merupakan proses standard produksi sepatu. Saya ambil dari Link Website berikut : http://dorothy.wikidot.com/shoes-manufacturing

Alur Proses Produksi Sepatu
Keterangan :
1. Upper Components Cutting

Manual Cutting
Cutting process adalah proses pemotongan bahan baku sebelum dibentuk menjadi upper sepatu. Bahan baku yang berupa kain atau pun kulit (leather) dipotong membentuk pola-pola ( Cardsboard patterns ) yang telah ditentukan sebelumnya. Peralatan yang diperlukan dalam proses ini menggunakan mesin potong (cutting machine) dan alat potong yang disebut dengan cutting dies yang bentuk dan ukurannya telah dibuat sesuai dengan pola-pola potongan yang akan dikerjakan.

2. Stitching / Sewing
Upper Sewing
Pada proses ini pola-pola bahan baku yang telah dipotong di cutting process kemudian dijahit yang kemudian dibentuk menjadi upper sepatu. Dalam proses penjahitan ini sangat banyak membutuhkan waktu dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan tinginya tingkat kesulitan dalam menjahit dan juga butuh ketelitian yang sangat tinggi. Potonganpola dijahit satu persatu sehingga membentuk upper sepatu yang selanjutnya disatukan di proses perakitan.

 

3. Outsole Production
outsole
Outsole, merupakan Bagian terbawah dari sepatu yang contact dengan tanah. Karakteristik outsole yang baik antara lain: Cengkeraman (grip), daya tahan, dan tahan air. Untuk sebuah sepatu, bahan yang digunakan pada outsole biasanya merupakan gabungan dari beberapa bahan untuk menyesuaikan dengan model,warna dan fungsi yang diinginkan, antara lain berbasis plastik, karet/rubber, sponge. masing masing jenis bahan tersebut juga bervariasi. misalnya untuk plastic ada jenis TPR, TPU dll.
Proses pembuatan outsole terdapat 2 jenis, yaitu molding dan injection.
Molding process dapat dilihat dalam vidio berikut :

Injection process dapat dilihat dalam vidio berikut :

4. Insole production
Insole
Insole, merupakan bagian dalam sepatu, tepatnya berada di bawah kaki. Bahan yang dipakai untuk insole sangat menentukan kenyamanan saat kita mengenakan sepatu.
Berikut proses pembuatan insole.

5. Stock Fitting
Beberapa jenis outsole bisa langsung digunakan pada proses Assembling, namun ada juga beberapa jenis bottom yang harus melalui proses stock fitting. Proses ini adalah merupakan proses kerja yang menggabungkan bagian-bagian dari bottom sepatu, yaitu antara midsole dan outsole sampai terbentuk menjadi bottom sepatu. Midsole yang berbahan dasar phylon akan digabungkan dengan outsole yang berbahan dasar karet (rubbersole) dengan cara mengelem/cementing.
Stock Fitting
6. Assembly
Pada bagian inilah perakitan sepatu dikerjakan. Bagian-bagian sepatu yang masih berupa upper dan bottom digabungkan hingga menjadi bentuk sepatu. Bagian upper yang diproduksi dari divisi stitching process sebelumnya dan bagian bottom yang diproduksi di divisi stockfit dirakit dalam proses ini sampai membentuk sepasang sepatu. Hal-hal penting dalam proses assembling bisa dilihat dalam detail berikut.
  
a. Laste
Saat memasuki proses assembling Upper dan Bottom sudah berupa pasangan atau “set”, dengan size yang sudah ditentukan. Untuk membentuk sepatu agar mengikuti kontur kaki digunakan laste. Setiap Merek memiliki dimensi Laste yang berbeda-beda meski dengan size yang sama. Sepatu untuk kaki orang asia tentunya memiliki  laste yang berbeda dengan jenis kaki orang  Eropa.
Laste

prsoes pembuatan laste
b. Penyatuan Upper dan Midsole
Beberapa sepatu yang menggunakan Phylon, antara Upper dan phylon disatukan dengan menggunakan mesin Toelast – Healast.
Toelasting machine menyatukan dengan cara pengeleman dan Press dibagian ujung / Toe. Sedang Healast machine menyatukan bagian belakang/heal dengan cara yang sama.
Adapula sepatu jenis stroble, jenis ini tidak menggunakan mesin toelast-healast karena Upper dan midsole disatukan dengan cara di jahit.
Setelah proses ini, Upper yang didalamnya sudah terdapat laste dikenakan proses pemanasan / heating agar bahan upper ( leather/synthetic ) tercetak dengan baik sehingga mengikuti kontur permukaan laste.
Healasting Machine
Toelasting Machine
c. Treatment Upper - Bottom
Sebelum disatukan, permukaan kontak ( contact surface ) Upper dan Bottom harus di Treatment  terlebih dahulu. Pada dasarnya treatment ini bertujuan untuk membersihkan contact surface, membuka pori-pori permukaan bottom dengan penyinaran ultra violet (UV), cementing, dan Heating.
Upper-Bottom Treatment
d. Press
Menyatukan bottom dan upper dengan menggunakan mesin press.
e. Pendinginan
Secara teoritis material upper baik dari Synthetic maupun leather/kulit  ditreament ( melalui proses heating ) untuk mengikuti kontur permukaan laste. Setelah proses penyatuan dengan bottom di mesin press. Laste tidak boleh langsung dilepas. Proses pendinginan diperlukan untuk menghentikan perubahan bentuk material. Proses ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pendinginan perlahan, sepatu dilewatkan dalam conveyor gantung yang panjang dan didinginkan dengan angin dengan suhu ruang normal. Cara kedua yaitu pendinginan cepat, sepatu diletakkan diatas conveyor yang melewati lorong dengan suhu chiller.
f. Finishing
Proses  ini merupakan akhir dari semua proses produksi yang dikerjakan. Sepatu hasil produksi dan telah melewati pemeriksaan quality kemudian akan di-packing ke dalam dus karton sepatu yang kemudian disimpan di gudang final product.
Finishing
Keseluruhan proses Assembling, bisa dilihat dalam vidio berikut, saya menggunakan proses assembling Adidas. Beberapa tahapan tampak tidak sama dengan yang saya sampaikan, ini erat kaitannya dengan aplikasi teknologi. Semoga Vidio ini  memberikan masukan yang sangat berharga bagi praktisi, bahwa industri sepatu tidak selalu identik dengan midle teknologi, namun penggunaan high tech merupakan hal yang mungkin diterapkan untuk meningkatkan efisiensi, quality, dan produktivitas.


Pengetahuan Seputar Logo Branded Shoes


Nike, Nama “Nike” Terinspirasi oleh Dewi mitologi Yunani Kuno  yaitu Nike. Logo yang berbentuk centang didesain oleh Carilyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di prtland State University pada tahun 1971. Logo Nike, adalah representasi dari sayap dewi kemenangan Yunani, disebut Swoosh. Sayap dewi Yunani suci dikenal untuk membawa motivasi dan kekuatan berani untuk prajurit. Logo berbentuk sayap awalnya dianggap sebagai "strip" tapi kemudian diganti dengan sebutan "Swoosh"



Logo Nike

AdidasLogo Adidas yaitu gambar visual tiga balok miring yang menanjak. Gambar tanjakan diartikan sebagai rintangan yang akan selalu ada dan akan selalu semakin tinggi, sehingga harus pantang menyerah untuk mengatasinya.
Logo Adidas
Reebok, Logo Reebok pada gambar ini diperkenalkan pada tahun 1986. Sering disebut sebagai “Vektor”. Desainnya terinspirasi pada tanda cross check pada produk di lini produksi, yang disebut dengan stripe side – cross check. Melalui desain logo ini, Reebok ingin memberikan inspirasi agar jangan menyerah.

Logo Reebok
FilaLogo Fila adalah salah satu logo yang paling populer yang pernah dibuat. Logo Fila hadir  sangat mencolok dan mengesankan  dengan adanya penekanan pada huruf “F” yang artistik. Logo ini menggunakan odel huruf yang saling menyambung biasa disebun Snikelike Letters yang memberikan tampilan elegan dan Futuristik. Warna merah pada huruf F memberikan kesan unik, dan mewakili vitalitas, semangat, dan gairah. Disisi lain, warna biru mewakili kepercayaan dan keandalan  Brand ini.
Logo Fila
MizunoLogo ini digunakan oleh produk olahraga merek Mizuno  sejak tahun 1983, pertama kali dikenalkan oleh Divisi Atletik Mizuno. Istilah lain dari logo ini yaitu Logo Run Bird ( RB logo ).Logo ini memiliki desain 3  stripe  geometris  yang mewakili orbit tiga planet yang menggambarkan pandangan luas perusahaan dan kebebasan berpikir. Penggunaan istilah Runbird ( RB ) dalam bahasa inggris  mewakili kecepatan, kelincahan, dan kekuatan.
Logo Mizuno

Penutup
Semoga artikel ini memberikan gambaran dalam proses pembuatan sepatu olah raga.  Kombinasi  dari  beberapa faktor seperti: 1) upaya  minimalisir material cost, 2) tuntutan quality tinggi, jumlah karyawan dalam jumlah besar, 3)  padat karya, 4) ketatnya pengawasan  pada  ketaatan terhadap undang-undang, 5) harga yang harus kompetitif, 6) kondisi ekonomi & politik global, dan faktor-faktor lainnya, menjadikan industri sepatu  ( di Indonesia ) memiliki kompleksitas permasalahan yang sangat unik dari sisi teknis dan non teknis. Penggunaan teknologi tinggi, Automatisasi, dan Penerapan model produksi modern merupakan satu-satunya jawaban untuk mengatasi segala kompleksitas permasalahan yang terjadi.




117 comments:

  1. Replies
    1. Jika anda butuh nomor togel 2D 3D 4D di jamin tembus 100% silahkan tlp Aki Danis Wara di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

      Delete
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Delete
    3. terimakasih blog ini sangat membantu, silahkan kunjungi website saya: https://dimasaudia.wordpress.com/

      Delete
  2. thx atas infonya gan..

    ReplyDelete
  3. hufff...

    akhirnya selesai juga baca artikelnya.
    menarik juga gan. lanjutkan terus.

    ReplyDelete
  4. Bagus banget artikelnya bisa buat buka usaha sepatu ini hehehe,,,tks banget.

    ReplyDelete
  5. berapa modal buat bkin usaha ini?

    ReplyDelete
  6. cara membuat merek atau brand sndiri pada sepatu gmn gan?

    ReplyDelete
  7. makasih infonya gan
    sekarang tinggal cari modal :)

    ReplyDelete
  8. mantaps gan
    mungkin ada aplikasi/software gan untuk mendesain perpotong bahan sepatu gan.. Dan mungkin bsa jd gmbr 3 dimensi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Info yang Sangat inspiratif dan bermanfaat, makasih Banyak Ma ya

    ReplyDelete
  10. Saya sangat tertarik dengan bisnis pembuatan sepatu. Ada informasi gk, dmn bisa membeli bahan2 upper maupun sole sepatu nya?

    makasih

    ReplyDelete
  11. yang memerlukan jasa jahit upper sepatu langsung aja ke http://kemenangan.meximas.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy perlu jasa jahit upper sepatu, no / email yg bisa di hubungi kemana ? bisa hub sy via email pabrik_sandal@ymail.com. thank you. Ly

      Delete
  12. buka www.atk.ac.id
    akademi teknologi kulit yogyakarta
    the one and only in south east asia

    ReplyDelete
  13. Terimakasih sudah membuat tulisan yang inspiratif

    ReplyDelete
  14. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  15. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  16. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  17. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  18. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  19. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  20. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  21. thank you for your explanation

    ReplyDelete
  22. minta imf mechine comveyyer assembky sepatu gan..thks.

    ReplyDelete
  23. terima kasih sangat membantu buat saya yg mau belajar bikin sepatu sendiri :D

    ReplyDelete
  24. terimakasih atas infinya. maaf in saya dari mahasiswa ATK jurusan desain dan tek. sepatu, kira-kira bisa magang di situ gk yaa??

    ReplyDelete
  25. terimakasih sudah mau berbagi ilmu.
    hormat kami guru

    ReplyDelete
  26. Pak, mohon jelaskan tentang artikel/pembahasan bagaimana cara memproduksi tas tahan air ( ukuran dikatakan tahan air pada kain) atau cara memproduksi kain yang tahan air. terima kasih

    ReplyDelete
  27. keren gan
    www.sepatusafetyonline.com

    ReplyDelete
  28. gan, minta tolong share cara menghitung kebutuhan shoe last ya...
    thanks...

    ReplyDelete
  29. ini tipe produksinya apa ya mas ?

    ReplyDelete
  30. luar biasa memang artikel ya , proses pembuatan sepatu memang sulit ya gan , tapi kalau dipelajari seperti nya tidak akan memakan waktu lama untuk mahir membuat sepatu ini.

    ReplyDelete
  31. untuk Sepatu yang menggunakan Mesin Injeksi, agak sedikit berbeda proses di akhirannya, aniwe nice article

    ReplyDelete
  32. Yang butuh sol sepatu villa sport, merek dan ddl bisa hubung hp 085795331133 wa 085795331133 pin bb 549a80d5

    ReplyDelete
  33. Ada yang punya rekomendasi tempat membuat mold? Makasi

    ReplyDelete
  34. Bagi yang membutuhkan segala macam peralatan dan mesin untuk pembuatan sepatu dengan harga bersahabat, silahkan hubungi/WA di 085607240755 . Terima kasih!

    ReplyDelete
  35. For the sandals worn by the male type and model is not too much
    togel sgp

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. ilmu yang sangat bermanfaat setelah sudah bisa buat sepatu pasti mau pasarin sepatu yang udh kita buat donk..gabung disni yuk buat tingkatkan omset jualan online kamu...atau mau jualan gratis tanpa pakai modal?
    klik disni ya http://mutubiz.com/tr.php?mc=uk&pc=pp&rt=web

    ReplyDelete
  38. ada yg jual sol sepatu? saya lagi butuh sol sepatu untuk produksi sepatu rajut saya

    ReplyDelete
  39. This blog just reminds me of how we used to learn about the environment, since the factories had a lot to do with that. Far from that, saving our manufacture needs collaboration, unity and strength. Blog content help I believe that this can be achieved if people work together, without disagreements.

    ReplyDelete
  40. #epoxysemarang #epoxyyogyakarta #epoxyjogja #epoxysolo #epoxysragen #epoxytegal #epoxypekalongan #epoxypurwokerto #epoxyjateng #epoxybandung #epoxypurwakarta #epoxybekasi #epoxytangerang #epoxyserang #epoxycilegon #epoxybanten #epoxyjabar #epoxysurabaya #epoxygresik #epoxypasuruan #epoxymalang #epoxypandaan #epoxyjatim #epoxybali #epoxylampung #epoxysumatra #epoxykalimantan #epoxysulawesi #epoxyindonesia #jinggarayaepoxy

    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
    22. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
    23. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048
    Www.jinggaraya.com
    Support@jinggaraya.com
    Jinggaraya.coating@gmail.com

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    ReplyDelete
  41. Gan ane mau nanya, Back Part Moldingnya dimana ya gan, kan itu penting untuk membentuk pantat sepatu tsb. thx

    ReplyDelete
  42. thanks . bermanfaat bngt.

    ane punya produksi sepatu tapi masi konvesional. smoga bisa punya mesin2 kya di atas

    ReplyDelete
  43. kalau cari mesin untuk buat sendal dari bahan serbuk ban bekas dimana ya?..mungkin ada yg bisa bantu?

    ReplyDelete
  44. DEAR ALL,
    apa ya nama cairan untuk melepas outsole(tpr) dari uppernya yang langsung bersih seperti diluar negeri, soalnya saya coba P023 latex nya ndak hilang mksh.,

    ReplyDelete
  45. DEAR ALL,
    apa ya nama cairan untuk melepas outsole(tpr) dari uppernya yang langsung bersih seperti diluar negeri, soalnya saya coba P023 latex nya ndak hilang mksh.,

    ReplyDelete
  46. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    ReplyDelete
  47. ijin nyimak dulu gan , ternyata buat 1 pasang sepatu sangat sulit juga ya

    ReplyDelete
  48. Thanks for sharing.. Mencari alat jahit pendukung yang berkualitas dengan harga murah untuk menjahit sepatu anda?.. Kunjungi website Fitinline dan dapatkan penawaran menarik lainnya..

    ReplyDelete
  49. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya Wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete
  50. Kak di mohon bantuanya mampir ya kak karena disini juga ada kak

    http://sneakers17.yolasite.com/
    .

    ReplyDelete
  51. izin ya gan, buat bahan ppt saya, terimakasih

    ReplyDelete
  52. Ada yg tau penjual onderdil cutting die 25 ton.

    ReplyDelete
  53. I think this is one of the most vital info for me. And i am glad reading your article. But wanna remark on few general things,
    The website style is perfect, the articles is really
    excellent : D. Good job, cheers ...Love it so much..

    Togel Online

    Bandar Togel

    Togel Singapore

    Bandar Togel Online

    Togel Wap

    SG45

    Singapore Pools 4D

    Singapore 4D

    Bandar Togel Terpercaya

    ReplyDelete
  54. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  55. Pokervita merupakan situs judi texaspoker domino99 bandarq aduq bandarpoker capsasusun sakong bandar66 terpercaya di indonesia.

    Dengan minimal deposit 10.000 & Wihtdraw 25.000, Siapa saja bisa memenangkan permainan dengan Chips uang Asli. Menerima Deposit Pulsa, OVO, Gopay, & Bank.

    Texas Hold'em Poker | Capsa Susun | Bandar Poker | Domino QQ | Adu Q | Bandar Q

    Link Alternatif :
    Link Alternatif Pokervita 1
    Link Alternatif Pokervita 2

    Nikmati Promo Bonus Terbesar Dari Pokervita Situs Judi Deposit Pulsa Terpercaya
    * Promo Bonus Turnover Mingguan 0,5%
    * Promo Bonus Refferal 15% Seumur Hidup

    Kami juga menyediakan beberapa game populer saat ini, Judi Bola, Casino Online, Sabung Ayam Online, Tembak Ikan Joker.

    Hubungi Kami
    Livechat Pokervita
    Whatsapp Pokervita

    ReplyDelete
  56. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower,chiller,boiler,STP,wwtp, defoamer anti busa,Loundry,oli industri Dll harga bersaing,untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    081310849918
    Terima kasih

    ReplyDelete
  57. If you had financial problems, then it is time for you to smile. You only need to contact Mr. Benjamin  with the amount you wish to borrow and the payment period that suits you and you will have your loan in less than 48 hours. I just benefited for the sixth time a loan of 700 thousand dollars for a period of 180 months with the possibility of paying before the expiration date. Make contact with him and you will see that he is a very honest man with a good heart.His email is lfdsloans@lemeridianfds.com and his phone number is + 1-989-394-3740  WhatApp.

    ReplyDelete
  58. Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    ReplyDelete
  59. CHEMICAL COOLING TOWER
    KAMI MENJUAL CHEMICAL UNTUK COOLING TOWER YANG BERGUNA UNTUK MENGHILANGKAN KERAK DAN LUMUT (ANTI SCALE & ANTI LUMUT) YANG ADA DI COOLING TOWER, BIASANYA COOLING TOWER DIPAKAI DI BUILDING2 MAUPUN MANUFACTURING UNTUK PENDINGIN RUANGAN.
    KAMI MELAYANI PEMBELIAN UNTUK DELIVERY AREA JABODETABEK .
    TERSEDIA PAKET JASA CLEANING RUTIN COOLING TOWER DAN FREE CEK KONDISI AIR.
    INFORMASI MARKETING :
    TOMMY. (CALL/WA)
    081310849918

    ReplyDelete
  60. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete
  61. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    *Meyediakan Deposit pulsa XL & SIMPATI

    Memegang Gelar atau title sebagai QQ Online Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811


    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ
    AGEN POKER ONLINE

    BLOG

    ReplyDelete
  62. Bonus Casino Online Spesial Dari Agen Judi Online Bolavita !
    Bonus 100% Bila Menang Beruntun 8x, 9x, 10x

    Tersedia Banyak Provider Yang Lengkap !
    » SBOBET 338a
    » SA Gaming
    » Sexy Gaming
    » Fun BET
    » Asia Bet
    » E-Bet
    » WM Casino

    Promo Spesial :
    • Bonus Deposit Pertama 10%
    • Bonus Deposit Harian 5%
    • Bonus Rollingan 0.8%
    • Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Tersedia Deposit & Withdraw Via : OVO, Gopay, Dana, Linkaja, Sakuku, Pulsa Dan Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia !

    Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  63. produsen sepatu wanitaNovember 17, 2020 at 6:29 AM

    Betul, jadi yang ingin mencari Produsen Sepatu Wanita ya hubungi kami di WA: 0818-872-011. Kami adalah jasa pembuatan sepatu wanita yang terpercaya. Dapatkan penawaran harga menarik serta info produk terkini.

    ReplyDelete
  64. Dapatkan Freechip Casino Terbaru 2021... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan Akun Casino anda dan Bonus Berlimpah.

    ReplyDelete
  65. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821 4331 1663
    www,mariopkv,org

    ReplyDelete
  66. BANDAR JUDI ONLINE DEPOSIT VIA BANK Permata TERBAIK DI INDONESIA

    Hobi Judi ? Nikmati Berbagai Permainan Judi Online Populer Di Asia Dan Eropa Di Platform BvGaming Sekarang Juga !
    Tersedia Permainan :
    » Judi Sabung Ayam Live » Judi Poker Online
    » Judi Casino Online » Judi Domino QQ
    » Judi Slot Online » Judi Ceme
    » Judi Togel Online » Judi Capsa Susun
    » Judi Bola Tangkas » Judi Bandar Q

    Menyediakan Daftar & Deposit Menggunakan Seluruh Jenis Rekening Bank Di Indonesia. Semua Jenis App e-Money & Deposit Via Pulsa. Anda Bisa Menikmati Semua Permainan Dengan Minimum Deposit & Withdraw Yang TerJangkau, Yaitu Rp 50.000,-

    Link Resmi Pendaftaran : : https://bit.ly/regisbvgaming
    Link Alternatif BvGaming :
    » https://bit.ly/3pzRxmO
    » https://bit.ly/37rLuLb
    » https://bit.ly/3pyRBDA

    ReplyDelete
  67. Avast is an antivirus which help the device from malware issues keep your device safe its used as a security check out the quick guide for activation and setup please visit
    Avast error 1316

    ReplyDelete
  68. Menjual berbagai macam jenis Chemical anti lumut,anti kerak penghilang bau untuk cooling tower,chiller Boiler, evapko,STP,wwtp,bakteri dan nutrisi untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih
    WhatsApp,081310849918

    ReplyDelete
  69. Nice articles and your informatin valuable and good artices thank for the sharing information Lube Factory

    ReplyDelete
  70. πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰WELCOME TO A1SLOTTOGEL πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰
    Situs Paling Gacor dan Terpercaya!!!
    Link Daftar https://bit.ly/3venXsQ
    WHATSAPP: https://bit.ly/3aRwUBm
    GASS SEKARANG DAN DAPATKAN CUAN HANYA DI •A1SLOTTOGEL•
    Website AMAN dan TERPERCAYA
    WD BERAPA PUN AKAN DI BAYAR

    πŸ†Telah Hadir Bett FulLπŸ†

    4D 9000 X Modal
    3D 950 X Modal
    2D 90 X Modal

    ♻️Bonus New Member : 10.000
    ♻️Minimal Deposit : 10.000
    ♻️Minimal Withdraw : 50.000

    ReplyDelete
  71. πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰WELCOME TO A1SLOTTOGEL πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰
    Situs Paling Gacor dan Terpercaya!!!
    GASS SEKARANG DAN DAPATKAN CUAN HANYA DI •A1SLOTTOGEL•
    Website AMAN dan TERPERCAYA
    WD BERAPA PUN AKAN DI BAYAR

    BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS ROLLINGAN SLOT 0,3%
    BONUS CASHBACK 5%
    BONUS REFERRAL 1-3%

    Link Daftar https://bit.ly/3venXsQ

    ReplyDelete
  72. MAIN SLOT GACOR DI MALAM HARI
    >> Bonus New Member 100% <<

    LINK GACOR : https://hose77.shop/

    ReplyDelete
  73. MAIN SLOT GACOR DI MALAM HARI
    >> Bonus New Member 100% <<

    K678 Slot

    ReplyDelete