a.
Pengertian Komitmen Organisasi
Menurut
Mahis dan Jackson (2000) dalam Sopiah (2008 : 155) memberikan definisi,
”Organizational Commitment is the degree to which employees believe in and
accept organizational goals and desire to remain with the organization”.
(Komitmen organisasional adalah derajat yang mana karyawan percaya dan menerima
tujuan-tujuan organisasi dan akan tetap tinggal atau tidak akan meninggalkan organisasi).
Menurut Mowday (1982) dalam Sopiah (2008 : 155) Komitmen kerja sebagai istilah lain
dari komitmen organisasional. Komitmen organisasional merupakan
dimensi perilaku penting yang dapat digunakan untuk menilai kecenderungan
karyawan untuk bertahan sebagai anggota organisasi. Komitmen organisasional merupakan
identifikasi dan keterlibatan seseorang yang relatif kuat terhadap organisasi.
Komitmen organisasional adalah keinginan anggota organisasi untuk
mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi dan bersedia berusaha keras bagi
pencapaian tujuan organisasi.