Pages

Sunday, November 20, 2011

Jadi Manager itu ( nggak ) Sulit lho ...


Bagaimana cara menjadi Manager ? Jawabannya sederhana .... yaitu " Mulailah berpikir sebagai  seorang Manager ". Tidak penting anda saat ini diposisi operator, grup leader, supervisor . Mari kita lupakan sejenak aspek legalitas struktural, anda tidak perlu SK untuk lakukan ini, atau jangan dipikirin deh masalah teknis atau strategis. Mari kita buat semudah mungkin. Konsepnya seperti ini.
Dengan kompentensi yang meliputi Skill, Knowledge, dan Attitude yang memadai, seorang Manager melakukan fungsi Planning, Organizing, Leading, Controlling. Saya menyingkatnya sebagai POLC. 
Kalau terlalu ribet, ada beberapa rumusan sederhana untuk menjalankannya tanpa perlu kita sadari :
1. Jangan menjadi orang yang penuh perhitungan, besaran gaji x setara dengan kinerja setingkat x, jika anda berpikiran seperti ini, dan tercermin dalam tindakan. Saya jamin, atasan anda dengan senang hati mencoret anda dalam daftar promosi.
2. Jangan pernah merasa menjadi yang terpenting. Ingat, ada 11 Juta orang diluar sana yang dengan senang hati menempati posisi anda sekarang.
3. Selalu minta tanggung jawab  kerja yang lebih besar. Dalam bahasa saya, memiliki fighting spirit dan Agresif. Beberapa orang mengartikan sifat ini dengan " AMBISIUS ".

4. Kuasai  hal teknis tidak perlu sampai ke detail, cukup di tingkat knowledge, skill malah lebih baik. 
Teruslah belajar untuk memperdalam tingkat pengusaan di bidang anda. optimalkan Trainning, lanjutkan study formal, belajar dari orang-orang yang "lebih tahu" .

5. Belajar untuk tidak mengutamakan hubungan pertemanan dalam pekerjaan, jangan biasakan mengikuti acara-acara yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
6. Camkan ini, anda harus memiliki semangat pengusaha. berpikir dan bertindak layaknya pemilik usaha. Biarkan orang lain melihat jelas posisi anda. Bahasa mudahnya, 100% anda harus berpihak pada kebijakan perusahaan. meski dengan resiko anda akan berada di kutub yang berlawanan dengan sebagian besar orang. Tapi percaya atau tidak, resiko ini bisa diminimalkan sampai " Zero Effect " jika anda menguasai skill yang bernama " COMUNICATION ".

7. Jangan terjebak dengan politik dalam perusahaan. Ada kubu si A atau si B, ikut sana atau ikut sini. Semuanya omong kosong, dan anggap saja ini hanya permainan orang-orang yang tidak kompeten. Percayalah, saya sudah membuktikan konsep ini dan sampai detik ini terbukti berhasil. " POLITIK TERBAIK ADALAH HASIL ".

Ke tujuh rumusan diatas sudah lebih dari cukup untuk membuat anda sebagai " kandidat kuat Manager ", semuanya hanya masalah waktu dan tempat yang tepat.



Semoga Sukses !








9 comments: