Monday, November 21, 2011

Bagaimana Proses Pembuatan Ban Mobil

 

1.   SEJARAH  BAN
Pada tahun 1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasi melainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company mulai berdiri di tahun 1898 ketika Frank Seiberling membeli pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan uang yang dia pinjam dari salah seorang iparnya.

Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar.


Ban Radial


Konstruksi ban radial terdiri dari Body ply yang benangnya disusun secara tegak lurus dengan garis tengah ban.

Ban Bias


Konstruksi ban bias terdiri dari Body ply yang benangnya disusun secara bersilang dengan arah diagonal antara satu dengan yang lain.

3.   KEUNGGULAN KARAKTERISTIK BAN RADIAL atas BAN BIAS

Konstruksi Ban Bias / Ban Tubetype


Konstruksi Ban Radial
Kecepatan
Speed rating ban radial secara umum lebih tinggi dari ban bias.
Daya Tempuh
Radial speed rating is generally higher than that of bias
Daya Kemudi
Ban radial mempunyai cengkeraman dan kestabilan lebih tinggi baik di jalan lurus maupun ditikungan.
Konsumsi Bahan Bakar
Dengan Konstruksi radial, ban radial mempunyai tahanan meluncur (Rolling Resistance) yang kecil dibandingkan ban bias, sehingga terjadi penghematan bahan bakar, karena pelepasan energi yang kecil
Penampilan
Ban radial lebih menarik dari segi gaya, rancangan dinding dan telapak ban dibandingkan dengan ban bias

 4.   KEUNGGULAN BAN RADIAL TUBELESS dengan BAN RADIAL TUBETYPE

Pada umumnnya ban radial mempunyai konstruksi tubeless (tidak menggunakan ban dalam). Ban tubeless adalah ban yang tidak memerlukan ban dalam dan sebagai penggantinya ban tersebut dilapisi dengan lapisan inner liner dari bahan karet yang kedap udara.

Ban Tubeless

Ban Tubetype
Keunggulan ban tubeless adalah :
• Lebih ringan dibanding ban tubetype
• Lebih aman pada saat ban terkena benda tajam (paku).
• Resiko terhadap ban meledak akibat panas karena gesekan tidak ada

Ban Tubeless:
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990

5.    PROSES PEMBUATAN BAN  
Tire Flow Process

1.    Mixing / Banbury
Dalam pembuatan produk ban unggulan, baik untuk kendaraan mobil maupun motor, Tire Manufacturing  menggunakan beberapa material sebagai bahan baku utama dan beberapa bahan kimia sebagai bahan pelengkap produksi. Material yang digunakan antara lain Natural dan Synthetic Rubber, Carbon Black, Silica, Zinc Oxide, Sulfur, Oli, dan beberapa material kimia lain. Pada tahap awal, proses yang dilakukan adalah pencampuran Natural &Synthetic Rubber dengan Ingredient yang sebelumnya sudah ditimbang sesuai dengan berat yang ditentukan pada spesikasi produk yang ingin dibentuk. Kemudian diberikan tambahan Carbon dan Oli pada saat material tersebut masuk
kedalam mesin Banburry. Dalam mesin tersebut terdapat alat yang berfungsi untuk menggiling campuran menjadi lapisan yang disebut compound. Sebelum compound tersebut disusun pada rak, terlebih dahulu melewati proses pendinginan dan diberi cairan adhesive agar compound tersebut tidak lengket setelah tersusun.


2.  Extruding
Adonan hasil mixing  tadi dibuat menjadi tread  dan sidewall.  Prosesnya adalah injeksi dan extruding hingga terbentuk profil. 

Hasil akhir dari tahapan ini adalah side wall, tread dan filler. Side wall merupakan salah satu bagian ban yang berfungsi sebagai pelindung terhadap benturan dari arah samping atau serempetan, bahan untuk menambah fleksibilitas ban, lapisan karet pembungkus carcass dari shoulder area ke rim cushion dan bead area, berfungsi untuk fashion jika dihias dengan white ribbon atau white letter, penahan tekukan untuk beban berat, daya tahan lama dan tahan retakan dan juga berfungsi untuk kekerasan dan keempukan radial.

Screw Mc. Extruder  dalam perawatan

3.  Calender

      Proses aplikasi lain adalah untuk pembuatan material ply & steel belt, JLB & cap ply. Aplikasi tersebut dibentuk oleh mesin Calender dengan bahan dasar benang (polyester dan nylon) juga steel cord. Polyester maupun nylon yang akan diproses, sebelumnya harus melalui proses pelebaran terlebih dahulu agar material tersebut terbuka untuk kemudian di masukan ke dalam oven dengan suhu 160°C agar pada saat diberikan compound dan bahan-bahan seperti polyester, nylon, dan steel cord dapat merekat dengan sempurna.




4.   Bead 
Sementara proses calender  berjalan, di bagian lain ada pembuatan bead wire  yaitu melapisi kawat baja dengan karet. Proses ini berjalan otomatis dan begitu keluar dari mesin, bead wire  sudah berbentuk lingkaran sesuai dengan ukuran rim. 


5.  Cutting

Proses cutting ini merupakan proses lanjutan dari mesin Callender, hasill akhir  dari proses ini biasa disebut dengan Ply dan Cap Ply. Ply merupakan lembaran material yang terdiri dari Polyester, Nylon, dan compound yang telah diproses sebelumnya dalam bentuk gulungan panjang di mesin Calender yang kemudian di potong – potong untuk merubah arah atau sudut benang dari 0° menjadi 90°. Ply berfungsi sebagai carcass atau kerangka untuk menahan, membentuk sistem suspensi dan beban ban.Sedangkan Cap Ply merupakan lembaran material yang terdiri dari nylon dan compound yang dipotong – potong menjadi beberapa bagian di mesin TTO. Cap Ply berfungsi sebagai bahan untuk mempertahankan bundar ban waktu berjalan, meredam suara bising dari steel belt, membuat nyaman, dan untuk memperkecil rolling resistance.

6.  Building
 
Building Mc.
    Kemudian sampailah pada tahap perakitan semua komponen-komponen  aplikasi yang telah dibuat pada proses semi manufaktur. Semua komponen seperti rakitan bead, lembaran ply yang telah di potong dengan sudut 90°, steel belts, innerliner, tread dan side wall semua di rakit menjadi satu kesatuan utuh sebagai bagian dari ban setengah jadi atau biasa disebut dengan Green Tire (GT). Proses perakitan (Tire Building) terdiri dari 2 tahap, tahap pertama sering disebut dengan istilah 1st stage yang kemudian menghasil produk berupa carcass, kemudian carcass diproses kembali di tahap kedua atau 2nd stage dengan menambahkan steel belt, cap ply dan tread menjadi GT. Tahap ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dioperasikan oleh satu operator di masing – masing tahap.
Green Tire ( GT )

7.    Curing 

.
Curing Mc.
Proses selanjutnya adalah tahap akhir dari proses pembentukan ban. GT yang dihasilkan dari proses perakitan kemudian di kirim ke area Curing untuk dimasak. Proses Curing sendiri terdiri dari beberapa tahap. Pertama GT datang dari bagian Perakitan, sebelum masuk ke proses curing, GT harus diperiksa terlebih dahulu untuk menghindari adanya cacat pada GT. Setelah GT selesai diperiksa diambil 4 ban setiap 1 rak GT untuk dilakukan proses painting Chem Trend yaitu pengolesan cairan tire-lubricant pada bagian dalam GT yang bertujuan agar GT tidak menempel di bagian karet bladder pada saat proses curing berlangsung. Kemudian GT dikirim ke masing-masing operator untuk di proses di mesin press curing. Proses curing sendiri merupakan pemasakan atau vulkanisasi yaitu penyatuan polimer (rubber) dengan carbon black dan sulphur dengan dibantu oleh persenyawaan bahan kimia untuk mendapatkan beberapa karakteristik compound yang diperlukan dari bagian-bagian ban. Proses curing (pemasakan) ini membutuhkan suhu panas dan sejumlah tekanan steam yang sangat tinggi, GT akan ditempatkan pada cetakan (mold) dengan temperatur sesuai dengan yang diinginkan untuk produksi. Setelah cetakan tertutup, GT akan melebur ke dalam cetakan tread dan side wall. Cetakan tersebut tidak dapat dibuka sampai proses curing selesai secara keseluruhan. Setelah proses pemasakan selesai, mold akan terbuka secara otomatis. Ban yang sudah jadi akan jatuh dan masuk ke dalam conveyor untuk kemudian sampai di bagian Pemeriksaan (Finishing).

8.    Finishing / quality control
Inspection


Setelah selesai, ban diperiksa secara visual apakah ada cacat atau tidak. Proses ini tentu saja tidak menggunakan mesin, jadi ketelitian pekerja sangat dibutuhkan. Selain visual, kontrol juga dilakukan dengan pemeriksaan balance  dan menggunakan sinar X.
Ban tidak mungkin bisa 100% balance  seperti pelek, namun ada batasannya. Jika melebihi batas, berarti ada kesalahan pada proses produksi. Selain itu, kami juga memiliki laboratorium untuk memeriksa sampel ban yang diambil secara acak demi menjaga kualitas.


Wrapping/Packaging



Wrapping Tire
Wrapping Mc.


Proses Wrapping / Packaging Merupakan proses terakhir. Setelah dinyatakan OK, setiap ban dibungkus seluruh permukaannya dengan lilitan plastik secara mekanis, berikut vidio processnya :




Secara keseluruhan, berikut Vidio Tyre manufacturing process dari  HANKOOK
video

6.   ISTILAH ISTILAH  UMUM

1. Tread, adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
2. Breaker dan Belt , adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan diantara tread dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
3. Casing , adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
4. Bead , adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek
Banyak sebagian orang yang tidak tahu bahwa yang terpenting dari sebuah Ban adalah kode waktu Pemroduksian Ban Tersbut. Ban akan kedaluwarsa (expired) dalam kurun waktu tiga tahun (3 tahun) setelah ban tersebut diproduksi. Nah untuk membaca kode ban Mobil adalah sebagai berikut:



Kode Ban ( Link:http://www.donaalfian.com/2011/11/cara-membaca-kode-ban-terbaik.html )


Kode produksi dicetak bi bagian ban (sisi ban) lihat pada gambar, dengan penandaan unik seperti peneng. Setiap pabrik ban (Seperti PT gajah Tunggal) memiliki jumlah kode digit tersendiri untuk menandai ban hasil produksinya, ada yang 5 digit, ada pula yang 7 digit. Akan tetapi kode 4 Digit dari belakang adalah sebuah standard international yang menunjukkan dari Produksi pada Minggu (Week) dan Tahun (YEAR) ban tersebut diproduksi.
Untuk mengetahui kode dari ban tersebut kita bisa membacanya. Misalnya, X2001. Kode Angka tersebut menginformasikan periode produksi ban. Dua kode angka pertama menunjukan minggu, dua kode angka terakhir itu berarti tahun pembuatan. Jadi apabila dibaca, kode tersebut berarti, Ban dibuat pada minggu ke-20 di tahun 2001. Kode angka pada Ban ini penting, Sebab semakin lama ban yang sudah diproduksi  tersimpan, semakin rentan pula terhadap kerusakan yang di akibatkan kekerasan pada kompon ban.

Kompon Ban yang kerasa sangat berpengaruh terhadap kemampuan daya cengkram ban pada alur jalan ketika direm. Kompon yang keras atau telah berusia lama bisa mengakibatkan ban tidak mencengkram dengan sempurna dan ini berarti akan berakibat fatal pada pengemudi dan kendaraan.

Ada tiga unsur yang harus kita diketahui sebelum membeli ban terbaik :

1. Ukuran Ban
Apabila Bila kita perhatikan, pada sisi luar ban tertulis kode 175/70R13 82H. itu maksudnya adalah :
  • "175" menunjukkan kode lebar telapak ban menggunakan satuan milimeter, jadi bukan diameter ban. Semakin besar kode angkanya, maka kian lebar telapaknya.
  • "70" menandakan kode tinggi ban dalam satuan % persen dari telapak ban. Mudahnya, tinggi yang dimaksud bisa Anda cermati mulai dari bibir pelek sampai telapak ban menempel ke permukaan aspal. Jadi, semakin kecil angkanya , semisal 50, maka jarak telapak ban dengan bibir pelek kian dekat.
  • "R" menunjukkan kode konstruksi Ban Radial.
  • "13" merupakan kode diameter dari pelek yang sesuai. Berarti, pelek yang dipakai berukuran 13 inci.
  • "82" mewakili kode beban maksimum yang bisa ditopang setiap ban. Angka tersebut memiliki load index sebesar 475 kg. Semakin besar, beban maksimumnya bertambah pula. Begitu sebaliknya.
  • "H" melambangkan kode batas kecepatan maksimum yang dicapai ban ini. Kode H ini ban boleh menembus kecepatan maksimum sampai 210 km/jam.
2. Usia ban
Seperti halnya pada Produk makanan, Ban juga memiliki waktu kadaluarsa. Standarnya adalah 3 tahun dari tanggal pembuatan atau menempuh jarak sekitar 60.000 Km. Setiap pabrik ban punya pengkodean serta jumlah digit yang berbeda-beda. Itu bisa Anda temui bibir ban (dekat pelek) semisal 1709, berarti diproduksi minggu ke-17 tahun 2009.

3. Treadwear Indicator

Treadwear Indicator Adalah Tanda atau ciri fisik yang terletak tepat diantara kedua sisi bunga ban. Diperkuat dengan garis tebal yang melintang di antara kedua belah sisi ban yang mengindikasikan kondisi penggunaan ban. Apabila ketebalan ban menyentuh garis itu, maka menandakan Ban harus sudah diganti. Bahayanya apabila ban tidak diganti pada saat hujan akan menyebabkan gejala aquaplaning ( ban mengambang), tentu ini akan sangat berbahaya untuk keselamatan anda atau pengemudi.

http://champion-vulkanisir.blogspot.com/2010/07/champion-retread.html
Vulkanisir System Dingin (precure), dan System Panas (mouldcure) kedua system ini pada dasarnya, sama sama menghasilkan ban yang telah habis ketika di gunakan menjadi kembali baru. namun hanya proses pengerjaan nya saja yang berbeda.
untuk system dingin dan panas sama sama melewati tahap demi tahap dari proses tersebut, seperti:


     1.   Inspeksi awal (pemeriksaan awal ban sebelum masuk ruang produksi), kemudian
2. Proses Buffing (yaitu proses pemarutan/ pembuangan sisa telapak lama),
3. Proses repairing (proses penambalan pada ban yang terdapat lubang/ kerusakan kecil yang masih layak untuk di perbaiki),
4. Proses building (yaitu proses pemasangan tapak karet baru pada ban yang telah di parut)
dan langkah terakhir adalah proses pemasakan / proses inti, disini lah beda nya antara proses panas dan dingin.



Proses dingin: menggunakan semacam lapisan karet yang disebut envelopes yang digunakan untuk menutupi casing/ badan ban yang akan dicetak sistem dingin, dan tentunya setelah melewati proses bulding, kemudian setelah itu ban yang telah di lapisi envelopes tersebut dimasukan kedalam ruangan mesin/ chamber yang berbentuk seperti kapsul besar, dan di press dengan tekanan dan suhu yang telah di sesuaikan dan dalam waktu yang telah di program, sehingga menghasilkan produk yang bermutu.


   Pada Proses panas ban tidak di lapisi oleh envelopes, tetapi setelah ban melewati proses building dengan baik, maka ban tersebut dimasukkan ke dalam chamber / mesin yang berberntuk seperti kerang yang terbuka, dan kemudian ban tersebut akan di press dan di cetak melalui mesin tersebut pada waktu dan suhu yang telah ditentukan pula, sehigga mendapatkan hasil akhir yang baik. (untuk vulkanisir dingin tapak vulkanisir tidak dicetak di dalam mesin seperti proses panas, karena tapak vulkanisir itu telah tercetak pada awalnya/ karet jadi, karena itu di dalam chamber dingin, ban hanya di press dan disatukan dengan badan ban dengan cara peningkatan suhu uap dalam mesin, sedangkan proses panas tapak dicetak di dalam mesin, karena karet tapak nya masih merupakan karet mentah, sehingga ketika proses pemasakan system panas, karet akan memuai dan mengikuti alur dari cetakan tersebut )

Semoga Artikel ini bermanfaat dan salam sukses !

71 comments:

  1. Thx Gan..ini sangat bermanfat banget buat kita yang masih awan tentang ban..

    ReplyDelete
  2. after study a few of the blog posts on your website now, and i truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website lists and will be checking back soon. if you don't mind pls checking out my website as well about " Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda " and let me know what you think..

    Thank u :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kadaj: U've nice site, keep blogging

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Waone Blog Community wrote : "bisa tidak kami di beri informasi tentang memperoleh bahan mentah karet, kira-kira tempatnya di Indonesia di mana atau di dapatkan dari luar negreri....
      kami tunggu informasi dari pihak ini....
      terima kasih" Maaf ada masalah teknis, jadi ter"remove" dari Blog ini.
      Karet yang digunakan ada 2 jenis SBR ( Styrene Butadiene Rubber ) dan natural Rubber. Beberapa Tire manufacturing, untuk suplay SBR memiliki Manufaturing sendiri, misal GT punya PT. Sentra Sintetika Jaya di Merak, Cilegon. Untuk Supllier Natural Rubber, Agan bisa cek di website ini http://karetalam.com/article/gapkindo

      Delete
  4. klo pembuatan ban dalam gmna pak ... saya ad tugas dri kampus terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Adi, mengenai flow chart produksi ban dalam ( tire inner tube ) bisa dilihat di Link Album Saya : http://i1193.photobucket.com/albums/aa354/dedylondong/tubeflowchart.jpg

      Intinya sih tidak jauh beda dengan Tire Process, hanya lebih simple. Ada 3 proses vital, mulai dari Tube Extruder Line -> Inner Tube Splicer -> Tube Curing Press. Tube Extruder membentuk bentuk dasar ban dalam berupa Hollow, dan dibagian akhir dipotong sesuai ukuran diameter dan ditambahkan ventil ( Lihat link ini : http://www.youtube.com/watch?v=CPmufc7wKgU ), Kemudian Inner Tube Splicer berfungsi menyatukan kedua ujung yang terpotong ( Link: http://www.youtube.com/watch?v=HU1YaKVwzqg ), proses ke-3 yang penting yaitu pemasakan atau curing ( Lihat di Link : http://www.youtube.com/watch?v=CvxBGdbMUho ). Semoga memuaskan

      Delete
    2. oh,,terimaksi banyak pak infonya sangat berguna ..

      Delete
  5. sy mau nanya lg bapak kira-kira bahan-bahan apa sj yg digunakan dalam pembuatan ban, krn sy lg ada penelitian di kampus...
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah untuk masalah ini saya tidak bisa berikan datanya, karena masing-masing manufacturing memiliki karakteristik yang berbeda dan sangat rahasia. Umumnya bahannya berupa natural Rubber, Styrene Butadiene Rubber (SBR), bahan kimia, karbon hitam dan minyak.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  6. Ya itu sangat betul karena setiap perusahan mempunyai karakteristik yang rahasia karena disinilah kunci keberhasilan. Kami sebenarnya pembuat alat mesin pertanian yaitu mesin pemanen padi kebetulan bahan yg kamu gunakan adalah ban Bekas tp kami sangat sulit kalau misalnya ban bekas karena ban bekas tersebut kami potong dengan menggunakan pisau. jadi coba bayangkan klw memotong ban dengan menggunakan pisau sangat sulitkan karena Itulah saya bertanya-tanya sama Bapak. Sebenarnya bahan karetnya kalau bisa kami buat sendiri, ini tdk menyangkut dengan cara pembuatan ban mobil atau ban motor yg di gunakan, hanya pada lahan pertanian. Karet ini sebagai alat untuk mengambil buat padi yang siap panen....
    terima Kasih atas perhatiannya....
    salam Sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk keengkapan mesin yang bapak buat, menurut saya menggunakan ban bekas akan sangat merepotkan, karena bentuknya yang "tidak nyaman" saat dipotong. Masukan dari saya, bapak gunakan Rubber Conveyor bekas, lebarnya bervariasi mulai 50 cm s/d >100cm , dengan menggunakan gerinda atau cutter akan lebih mudah potongnya. Silahkan bapak browsing untuk mengenal jenis konveyor ini, ada beberapa bahan, tapi saya sarankan yang terbuat dari Rubber. Yang saya tahu, bahan baku pembuatannya juga dari daur ulang ban yang reject, intinya materialnya hampir sama dengan material ban/tire. Semoga bermanfaat

      Delete
    2. Untuk bahan Rubber Conveyornya kira-kira sudah ada lilitan benang di dalamnya, untuk menghasilkan bahannya di dapatkan di mana pak?

      Delete
    3. Pastinya Pak, istilahnya bukanlilitan benang, berupa rajutan nylon sebagai penguat. Untuk rubber conveyor bekas, bapak coba buka link ini : http://multiconveyorutama.indonetwork.co.id/1411680/karet-conveyor-bekas.htm

      Semoga Bermanfaat

      Delete
    4. terima kasih atas informasi Pak....
      Salam kenal...

      Delete
  7. apakan ini merupakan proses produksi campuran????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya tidak salah persepsi, maksud produksi ampuran itu apa ya. Untuk masukan silahkan lihat artikel berikut, untuk menyamakan istilah-istilah produksi.
      http://www.dedylondong.blogspot.com/2012/08/istilah-istilah-dalam-ppic-production.html

      Delete
  8. Permisi Mas Dedy. info yang anda tulis sangat bermanfaat sekali. moga ada bahasan yang lebih mendalam lagi. saya punya permintaan untuk berbagi ilmu mengenai perkembangan ban sekarang ini kelemahan apa yang belum terjawab, misalnya untuk keadaan bersalju kondisi ban ideal yang dibutuhkan seperti apa? ataukah sama saja? Saya juga pengen tahu perusahaan ban di Indonesia ada berapa ya? apa kah itu milik Indonesia atau negara lain????? makasih ilmunya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mbak Rahma ...
      1)Ban Salju Lokal untuk Pasar Ekspor diproduksi oleh PT. Gajah Tunggal jenis Radial dengan kode produk Winter atau WT. Ban Jenis ini memiliki material kompon khusus dan tapak alur yang disesuaikan dengan jalanan bersalju untuk menjamin stability saat akselerasi maupun pengereman.

      2) perusahaan Ban Di Indonesia : a) PT. Gajah Tunggal, Local Factory ( GT.Radial, Gajah Tunggal ); b) PT. Bridgestone Indonesia, ( Bridgestone ); c) PT. Sumi Rubber Indonesia,(Dunlop ); d) PT.Goodyear Indonesia; e) PT. MultiStrada Arah Sarana ( Achilles ) ; f) PT.Elang Perdana Tire Industri (Accelera, Forceum) ; g) Deli Tire ( Spectra, Swallow ); PT.Hankook Tire Indonesia (Hankook)

      Delete
  9. gan,klo final inspeksi compound kaya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Compound merupakan raw material dasar pembuatan Ban. Terdiri dari bahan-bahan seperti: Polimer, Carbon Black, Softener, Filler, Acelerator, Activator, Antioksidant, Curing Agent, dan Retarder yang diproses dalam tahapan Ban Bury Mixing.

      Inspect compound menggunakan Rheometer, untuk menetahui sifat fisik dari compound tersebut apakah memenuhi syarat atau tidak.

      Delete
  10. pak Dedy Londong

    saya mau bikin pabrik ban tubles apa saja yang mesti saya perhatikan ?butuh modak berapa untuk bisa membalikkan modal saya dan berapa lama dan berapa produksi ban yang mesti saya hasilkan dalam setahun untuk mencapai balik modal dan untung

    ReplyDelete
  11. YG NULIS BLOK INI WAH HEBAT...

    ReplyDelete
  12. Incredible! This blog looks exactly like my old one! It's on a totally different subject but it has pretty much the same layout and design. Excellent choice of colors!

    Feel free to surf to my blog :: auto insurance hawaii

    ReplyDelete
  13. Hey admin, I just wanted to give you a brief heads up that
    your current Web address: http://www.blogger.com/comment.
    g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 is being
    flagged as a potentially malicious blog in my browser safari.
    I would highly recommend having someone look into it.
    You could certainly lose a lot of visitors due to this issue.
    Very best of Luck.

    Here is my web page check this out

    ReplyDelete
  14. Everyone loves what you guys are up too. This type of clever work and reporting!
    Keep up the very good works guys I've added you guys to blogroll.

    Also visit my weblog ... automated link building

    ReplyDelete
  15. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have developed some nice methods and we
    are looking to trade methods with others, why not shoot me
    an email if interested.

    Feel free to visit my blog post; what is link building

    ReplyDelete
  16. Hey! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine
    Optimization? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good results.
    If you know of any please share. Appreciate it!

    My web-site - white hat link building

    ReplyDelete
  17. Hi I am so grateful I found your blog page, I really found you by mistake,
    while I was searching on Yahoo for something else, Anyways I am here now and
    would just like to say thanks a lot for a marvelous post and a all round interesting
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at
    the moment but I have bookmarked it and also
    added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the superb b.


    Take a look at my site; visit the up coming article

    ReplyDelete
  18. sgt bermanfaat ilmunya..minta tolong dong gmn cara membuat streofoam dan cara pembuatan keramik

    ReplyDelete
  19. Nice post. I learn something totally new and challenging on websites I stumbleupon every day.
    It's always exciting to read content from other writers and practice something from their web sites.

    my weblog; just click the next document

    ReplyDelete
  20. Niсe ροst. I was checκing сonstantly thiѕ blog
    аnd I'm impressed! Very helpful info particularly the last part :) I care for such information much. I was seeking this particular information for a long time. Thank you and good luck.

    Feel free to surf to my site - diamondlinks review

    ReplyDelete
  21. Hey there! Would you mind if I share your blog with my
    facebook group? There's a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Cheers

    Also visit my blog post; Related Site

    ReplyDelete
  22. Hmm is anyone else experiencing problems with the images
    on this blog loading? I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it's the blog.
    Any feedback would be greatly appreciated.

    My blog ... click the next internet site

    ReplyDelete
  23. Hello there! Do you know if they make any plugins to
    protect against hackers? I'm kinda paranoid about losing everything I've worked
    hard on. Any recommendations?

    Also visit my web-site ... link building campaign

    ReplyDelete
  24. I have loaded your site in 4 totally different internet browsers and
    I must say your blog loads a lot quicker then most.

    Would you mind emailing me the name of your hosting company?
    My personal email is: lindsaybaumann@gmail.com. I will even sign up
    through your own affiliate link if you would like. Kudos

    Feel free to surf to my homepage cheap link building services

    ReplyDelete
  25. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it
    up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later on. All the best

    my page - kanetix auto insurance

    ReplyDelete
  26. Appreciating the commitment you put into your site and in depth information you
    present. It's awesome to come across a blog every once in a while that isn't the same old rehashed information.
    Great read! I've saved your site and I'm including your RSS
    feeds to my Google account.

    Here is my homepage - Get More Information

    ReplyDelete
  27. Currently it appears like Drupal is the top blogging platform available right
    now. (from what I've read) Is that what you're using on your blog?


    my site :: automated link building ()

    ReplyDelete
  28. I've loaded your website in Several completely different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Would you mind emailing me the name of your website hosting company? My personal e-mail is: harriett-curley@yahoo.com. I will even sign up through your affiliate link if you'd like.
    Many thanks

    My webpage ... This Site ()

    ReplyDelete
  29. Please let me know if you're looking for a article author for your site. You have some really good posts and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd really like to write some content for your blog in exchange
    for a link back to mine. Please blast me an e-mail if interested.
    Thank you!

    Also visit my web site: external link - -

    ReplyDelete
  30. Does your blog have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd like
    to send you an e-mail. I've got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it expand over time.

    Visit my homepage; pennsylvania auto insurance - -

    ReplyDelete
  31. Hello! My name is Gay and When I just wanted to say your blog website rocks!
    It really is funny because I use to have a blog that practically had an identical website url:
    http://www.blogger.com/comment.g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 mine was only a
    few characters different. In any case, I'm a big admirer of your weblog and if you ever want a guest write-up please make sure to email me personally at: gay_seymour@arcor.de. I absolutely adore writing!

    Also visit my website ... visit this weblink ()

    ReplyDelete
  32. Greetings! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find
    a captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding one?
    Thanks a lot!

    my blog post - click the next webpage ()

    ReplyDelete
  33. Hi this is kinda of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors
    or if you have to manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding experience so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    Also visit my webpage - free online auto insurance quote

    ReplyDelete
  34. Have you ever considered publishing an e-book or guest authoring on other sites?

    I have a blog centered on the same subjects
    you discuss and would really like to have you share some stories/information.
    I know my readers would appreciate your work. If you're even remotely interested, feel free to shoot me an e mail.

    Here is my web page: related web-site ()

    ReplyDelete
  35. Heya. I was thinking about adding a website link back to
    your website since both of our web sites are centered around the same subject.
    Would you prefer I link to you using your site address: http:
    //www.blogger.com/comment.g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 or blog
    title: Blogger: SAVE OUR MANUFACTURE. Be sure to let me know at your
    earliest convenience. Thanks

    Visit my site; just click the up coming document ()

    ReplyDelete
  36. Hi there! I realize this is sort of off-topic however I had to ask.
    Does managing a well-established website like yours require a massive amount work?
    I'm brand new to operating a blog but I do write in my diary everyday. I'd like to
    start a blog so I can easily share my experience and thoughts
    online. Please let me know if you have any recommendations or tips for brand new aspiring bloggers.

    Thankyou!

    Feel free to surf to my web page; Suggested Reading

    ReplyDelete
  37. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with
    SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Kudos!

    Here is my webpage: visit the following page

    ReplyDelete
  38. With havin so much content and articles do you ever run into any
    issues of plagorism or copyright infringement? My website
    has a lot of completely unique content I've either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any ways to help protect against content from being ripped off? I'd truly appreciate
    it.

    Also visit my webpage view website

    ReplyDelete
  39. Howdy! I just discovered your internet site: Blogger:
    SAVE OUR MANUFACTURE when I was surfing around delicious.
    com. It looks as though someone loved your website so much they decided
    to bookmark it. I'll undoubtedly be coming back here more often., more at check my site ()!

    ReplyDelete