Pages

Monday, November 21, 2011

Bagaimana Proses Pembuatan Ban Mobil

 

1.   SEJARAH  BAN
Pada tahun 1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasi melainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company mulai berdiri di tahun 1898 ketika Frank Seiberling membeli pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan uang yang dia pinjam dari salah seorang iparnya.

Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar.


Ban Radial


Konstruksi ban radial terdiri dari Body ply yang benangnya disusun secara tegak lurus dengan garis tengah ban.

Ban Bias


Konstruksi ban bias terdiri dari Body ply yang benangnya disusun secara bersilang dengan arah diagonal antara satu dengan yang lain.

3.   KEUNGGULAN KARAKTERISTIK BAN RADIAL atas BAN BIAS

Konstruksi Ban Bias / Ban Tubetype


Konstruksi Ban Radial
Kecepatan
Speed rating ban radial secara umum lebih tinggi dari ban bias.
Daya Tempuh
Radial speed rating is generally higher than that of bias
Daya Kemudi
Ban radial mempunyai cengkeraman dan kestabilan lebih tinggi baik di jalan lurus maupun ditikungan.
Konsumsi Bahan Bakar
Dengan Konstruksi radial, ban radial mempunyai tahanan meluncur (Rolling Resistance) yang kecil dibandingkan ban bias, sehingga terjadi penghematan bahan bakar, karena pelepasan energi yang kecil
Penampilan
Ban radial lebih menarik dari segi gaya, rancangan dinding dan telapak ban dibandingkan dengan ban bias

 4.   KEUNGGULAN BAN RADIAL TUBELESS dengan BAN RADIAL TUBETYPE

Pada umumnnya ban radial mempunyai konstruksi tubeless (tidak menggunakan ban dalam). Ban tubeless adalah ban yang tidak memerlukan ban dalam dan sebagai penggantinya ban tersebut dilapisi dengan lapisan inner liner dari bahan karet yang kedap udara.

Ban Tubeless

Ban Tubetype
Keunggulan ban tubeless adalah :
• Lebih ringan dibanding ban tubetype
• Lebih aman pada saat ban terkena benda tajam (paku).
• Resiko terhadap ban meledak akibat panas karena gesekan tidak ada

Ban Tubeless:
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990

5.    PROSES PEMBUATAN BAN  
Tire Flow Process

1.    Mixing / Banbury
Dalam pembuatan produk ban unggulan, baik untuk kendaraan mobil maupun motor, Tire Manufacturing  menggunakan beberapa material sebagai bahan baku utama dan beberapa bahan kimia sebagai bahan pelengkap produksi. Material yang digunakan antara lain Natural dan Synthetic Rubber, Carbon Black, Silica, Zinc Oxide, Sulfur, Oli, dan beberapa material kimia lain. Pada tahap awal, proses yang dilakukan adalah pencampuran Natural &Synthetic Rubber dengan Ingredient yang sebelumnya sudah ditimbang sesuai dengan berat yang ditentukan pada spesikasi produk yang ingin dibentuk. Kemudian diberikan tambahan Carbon dan Oli pada saat material tersebut masuk
kedalam mesin Banburry. Dalam mesin tersebut terdapat alat yang berfungsi untuk menggiling campuran menjadi lapisan yang disebut compound. Sebelum compound tersebut disusun pada rak, terlebih dahulu melewati proses pendinginan dan diberi cairan adhesive agar compound tersebut tidak lengket setelah tersusun.


2.  Extruding
Adonan hasil mixing  tadi dibuat menjadi tread  dan sidewall.  Prosesnya adalah injeksi dan extruding hingga terbentuk profil. 

Hasil akhir dari tahapan ini adalah side wall, tread dan filler. Side wall merupakan salah satu bagian ban yang berfungsi sebagai pelindung terhadap benturan dari arah samping atau serempetan, bahan untuk menambah fleksibilitas ban, lapisan karet pembungkus carcass dari shoulder area ke rim cushion dan bead area, berfungsi untuk fashion jika dihias dengan white ribbon atau white letter, penahan tekukan untuk beban berat, daya tahan lama dan tahan retakan dan juga berfungsi untuk kekerasan dan keempukan radial.

Screw Mc. Extruder  dalam perawatan

3.  Calender

      Proses aplikasi lain adalah untuk pembuatan material ply & steel belt, JLB & cap ply. Aplikasi tersebut dibentuk oleh mesin Calender dengan bahan dasar benang (polyester dan nylon) juga steel cord. Polyester maupun nylon yang akan diproses, sebelumnya harus melalui proses pelebaran terlebih dahulu agar material tersebut terbuka untuk kemudian di masukan ke dalam oven dengan suhu 160°C agar pada saat diberikan compound dan bahan-bahan seperti polyester, nylon, dan steel cord dapat merekat dengan sempurna.




4.   Bead 
Sementara proses calender  berjalan, di bagian lain ada pembuatan bead wire  yaitu melapisi kawat baja dengan karet. Proses ini berjalan otomatis dan begitu keluar dari mesin, bead wire  sudah berbentuk lingkaran sesuai dengan ukuran rim. 


5.  Cutting

Proses cutting ini merupakan proses lanjutan dari mesin Callender, hasill akhir  dari proses ini biasa disebut dengan Ply dan Cap Ply. Ply merupakan lembaran material yang terdiri dari Polyester, Nylon, dan compound yang telah diproses sebelumnya dalam bentuk gulungan panjang di mesin Calender yang kemudian di potong – potong untuk merubah arah atau sudut benang dari 0° menjadi 90°. Ply berfungsi sebagai carcass atau kerangka untuk menahan, membentuk sistem suspensi dan beban ban.Sedangkan Cap Ply merupakan lembaran material yang terdiri dari nylon dan compound yang dipotong – potong menjadi beberapa bagian di mesin TTO. Cap Ply berfungsi sebagai bahan untuk mempertahankan bundar ban waktu berjalan, meredam suara bising dari steel belt, membuat nyaman, dan untuk memperkecil rolling resistance.

6.  Building
 
Building Mc.
    Kemudian sampailah pada tahap perakitan semua komponen-komponen  aplikasi yang telah dibuat pada proses semi manufaktur. Semua komponen seperti rakitan bead, lembaran ply yang telah di potong dengan sudut 90°, steel belts, innerliner, tread dan side wall semua di rakit menjadi satu kesatuan utuh sebagai bagian dari ban setengah jadi atau biasa disebut dengan Green Tire (GT). Proses perakitan (Tire Building) terdiri dari 2 tahap, tahap pertama sering disebut dengan istilah 1st stage yang kemudian menghasil produk berupa carcass, kemudian carcass diproses kembali di tahap kedua atau 2nd stage dengan menambahkan steel belt, cap ply dan tread menjadi GT. Tahap ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dioperasikan oleh satu operator di masing – masing tahap.
Green Tire ( GT )

7.    Curing 

.
Curing Mc.
Proses selanjutnya adalah tahap akhir dari proses pembentukan ban. GT yang dihasilkan dari proses perakitan kemudian di kirim ke area Curing untuk dimasak. Proses Curing sendiri terdiri dari beberapa tahap. Pertama GT datang dari bagian Perakitan, sebelum masuk ke proses curing, GT harus diperiksa terlebih dahulu untuk menghindari adanya cacat pada GT. Setelah GT selesai diperiksa diambil 4 ban setiap 1 rak GT untuk dilakukan proses painting Chem Trend yaitu pengolesan cairan tire-lubricant pada bagian dalam GT yang bertujuan agar GT tidak menempel di bagian karet bladder pada saat proses curing berlangsung. Kemudian GT dikirim ke masing-masing operator untuk di proses di mesin press curing. Proses curing sendiri merupakan pemasakan atau vulkanisasi yaitu penyatuan polimer (rubber) dengan carbon black dan sulphur dengan dibantu oleh persenyawaan bahan kimia untuk mendapatkan beberapa karakteristik compound yang diperlukan dari bagian-bagian ban. Proses curing (pemasakan) ini membutuhkan suhu panas dan sejumlah tekanan steam yang sangat tinggi, GT akan ditempatkan pada cetakan (mold) dengan temperatur sesuai dengan yang diinginkan untuk produksi. Setelah cetakan tertutup, GT akan melebur ke dalam cetakan tread dan side wall. Cetakan tersebut tidak dapat dibuka sampai proses curing selesai secara keseluruhan. Setelah proses pemasakan selesai, mold akan terbuka secara otomatis. Ban yang sudah jadi akan jatuh dan masuk ke dalam conveyor untuk kemudian sampai di bagian Pemeriksaan (Finishing).

8.    Finishing / quality control
Inspection


Setelah selesai, ban diperiksa secara visual apakah ada cacat atau tidak. Proses ini tentu saja tidak menggunakan mesin, jadi ketelitian pekerja sangat dibutuhkan. Selain visual, kontrol juga dilakukan dengan pemeriksaan balance  dan menggunakan sinar X.
Ban tidak mungkin bisa 100% balance  seperti pelek, namun ada batasannya. Jika melebihi batas, berarti ada kesalahan pada proses produksi. Selain itu, kami juga memiliki laboratorium untuk memeriksa sampel ban yang diambil secara acak demi menjaga kualitas.


Wrapping/Packaging



Wrapping Tire
Wrapping Mc.


Proses Wrapping / Packaging Merupakan proses terakhir. Setelah dinyatakan OK, setiap ban dibungkus seluruh permukaannya dengan lilitan plastik secara mekanis, berikut vidio processnya :




Secara keseluruhan, berikut Vidio Tyre manufacturing process dari  HANKOOK

6.   ISTILAH ISTILAH  UMUM

1. Tread, adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
2. Breaker dan Belt , adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan diantara tread dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
3. Casing , adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
4. Bead , adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek
Banyak sebagian orang yang tidak tahu bahwa yang terpenting dari sebuah Ban adalah kode waktu Pemroduksian Ban Tersbut. Ban akan kedaluwarsa (expired) dalam kurun waktu tiga tahun (3 tahun) setelah ban tersebut diproduksi. Nah untuk membaca kode ban Mobil adalah sebagai berikut:



Kode Ban ( Link:http://www.donaalfian.com/2011/11/cara-membaca-kode-ban-terbaik.html )


Kode produksi dicetak bi bagian ban (sisi ban) lihat pada gambar, dengan penandaan unik seperti peneng. Setiap pabrik ban (Seperti PT gajah Tunggal) memiliki jumlah kode digit tersendiri untuk menandai ban hasil produksinya, ada yang 5 digit, ada pula yang 7 digit. Akan tetapi kode 4 Digit dari belakang adalah sebuah standard international yang menunjukkan dari Produksi pada Minggu (Week) dan Tahun (YEAR) ban tersebut diproduksi.
Untuk mengetahui kode dari ban tersebut kita bisa membacanya. Misalnya, X2001. Kode Angka tersebut menginformasikan periode produksi ban. Dua kode angka pertama menunjukan minggu, dua kode angka terakhir itu berarti tahun pembuatan. Jadi apabila dibaca, kode tersebut berarti, Ban dibuat pada minggu ke-20 di tahun 2001. Kode angka pada Ban ini penting, Sebab semakin lama ban yang sudah diproduksi  tersimpan, semakin rentan pula terhadap kerusakan yang di akibatkan kekerasan pada kompon ban.

Kompon Ban yang kerasa sangat berpengaruh terhadap kemampuan daya cengkram ban pada alur jalan ketika direm. Kompon yang keras atau telah berusia lama bisa mengakibatkan ban tidak mencengkram dengan sempurna dan ini berarti akan berakibat fatal pada pengemudi dan kendaraan.

Ada tiga unsur yang harus kita diketahui sebelum membeli ban terbaik :

1. Ukuran Ban
Apabila Bila kita perhatikan, pada sisi luar ban tertulis kode 175/70R13 82H. itu maksudnya adalah :
  • "175" menunjukkan kode lebar telapak ban menggunakan satuan milimeter, jadi bukan diameter ban. Semakin besar kode angkanya, maka kian lebar telapaknya.
  • "70" menandakan kode tinggi ban dalam satuan % persen dari telapak ban. Mudahnya, tinggi yang dimaksud bisa Anda cermati mulai dari bibir pelek sampai telapak ban menempel ke permukaan aspal. Jadi, semakin kecil angkanya , semisal 50, maka jarak telapak ban dengan bibir pelek kian dekat.
  • "R" menunjukkan kode konstruksi Ban Radial.
  • "13" merupakan kode diameter dari pelek yang sesuai. Berarti, pelek yang dipakai berukuran 13 inci.
  • "82" mewakili kode beban maksimum yang bisa ditopang setiap ban. Angka tersebut memiliki load index sebesar 475 kg. Semakin besar, beban maksimumnya bertambah pula. Begitu sebaliknya.
  • "H" melambangkan kode batas kecepatan maksimum yang dicapai ban ini. Kode H ini ban boleh menembus kecepatan maksimum sampai 210 km/jam.
2. Usia ban
Seperti halnya pada Produk makanan, Ban juga memiliki waktu kadaluarsa. Standarnya adalah 3 tahun dari tanggal pembuatan atau menempuh jarak sekitar 60.000 Km. Setiap pabrik ban punya pengkodean serta jumlah digit yang berbeda-beda. Itu bisa Anda temui bibir ban (dekat pelek) semisal 1709, berarti diproduksi minggu ke-17 tahun 2009.

3. Treadwear Indicator

Treadwear Indicator Adalah Tanda atau ciri fisik yang terletak tepat diantara kedua sisi bunga ban. Diperkuat dengan garis tebal yang melintang di antara kedua belah sisi ban yang mengindikasikan kondisi penggunaan ban. Apabila ketebalan ban menyentuh garis itu, maka menandakan Ban harus sudah diganti. Bahayanya apabila ban tidak diganti pada saat hujan akan menyebabkan gejala aquaplaning ( ban mengambang), tentu ini akan sangat berbahaya untuk keselamatan anda atau pengemudi.

http://champion-vulkanisir.blogspot.com/2010/07/champion-retread.html
Vulkanisir System Dingin (precure), dan System Panas (mouldcure) kedua system ini pada dasarnya, sama sama menghasilkan ban yang telah habis ketika di gunakan menjadi kembali baru. namun hanya proses pengerjaan nya saja yang berbeda.
untuk system dingin dan panas sama sama melewati tahap demi tahap dari proses tersebut, seperti:


     1.   Inspeksi awal (pemeriksaan awal ban sebelum masuk ruang produksi), kemudian
2. Proses Buffing (yaitu proses pemarutan/ pembuangan sisa telapak lama),
3. Proses repairing (proses penambalan pada ban yang terdapat lubang/ kerusakan kecil yang masih layak untuk di perbaiki),
4. Proses building (yaitu proses pemasangan tapak karet baru pada ban yang telah di parut)
dan langkah terakhir adalah proses pemasakan / proses inti, disini lah beda nya antara proses panas dan dingin.



Proses dingin: menggunakan semacam lapisan karet yang disebut envelopes yang digunakan untuk menutupi casing/ badan ban yang akan dicetak sistem dingin, dan tentunya setelah melewati proses bulding, kemudian setelah itu ban yang telah di lapisi envelopes tersebut dimasukan kedalam ruangan mesin/ chamber yang berbentuk seperti kapsul besar, dan di press dengan tekanan dan suhu yang telah di sesuaikan dan dalam waktu yang telah di program, sehingga menghasilkan produk yang bermutu.


   Pada Proses panas ban tidak di lapisi oleh envelopes, tetapi setelah ban melewati proses building dengan baik, maka ban tersebut dimasukkan ke dalam chamber / mesin yang berberntuk seperti kerang yang terbuka, dan kemudian ban tersebut akan di press dan di cetak melalui mesin tersebut pada waktu dan suhu yang telah ditentukan pula, sehigga mendapatkan hasil akhir yang baik. (untuk vulkanisir dingin tapak vulkanisir tidak dicetak di dalam mesin seperti proses panas, karena tapak vulkanisir itu telah tercetak pada awalnya/ karet jadi, karena itu di dalam chamber dingin, ban hanya di press dan disatukan dengan badan ban dengan cara peningkatan suhu uap dalam mesin, sedangkan proses panas tapak dicetak di dalam mesin, karena karet tapak nya masih merupakan karet mentah, sehingga ketika proses pemasakan system panas, karet akan memuai dan mengikuti alur dari cetakan tersebut )

Semoga Artikel ini bermanfaat dan salam sukses !

125 comments:

  1. Thx Gan..ini sangat bermanfat banget buat kita yang masih awan tentang ban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Delete
  2. @kadaj: U've nice site, keep blogging

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Waone Blog Community wrote : "bisa tidak kami di beri informasi tentang memperoleh bahan mentah karet, kira-kira tempatnya di Indonesia di mana atau di dapatkan dari luar negreri....
      kami tunggu informasi dari pihak ini....
      terima kasih" Maaf ada masalah teknis, jadi ter"remove" dari Blog ini.
      Karet yang digunakan ada 2 jenis SBR ( Styrene Butadiene Rubber ) dan natural Rubber. Beberapa Tire manufacturing, untuk suplay SBR memiliki Manufaturing sendiri, misal GT punya PT. Sentra Sintetika Jaya di Merak, Cilegon. Untuk Supllier Natural Rubber, Agan bisa cek di website ini http://karetalam.com/article/gapkindo

      Delete
  4. klo pembuatan ban dalam gmna pak ... saya ad tugas dri kampus terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Adi, mengenai flow chart produksi ban dalam ( tire inner tube ) bisa dilihat di Link Album Saya : http://i1193.photobucket.com/albums/aa354/dedylondong/tubeflowchart.jpg

      Intinya sih tidak jauh beda dengan Tire Process, hanya lebih simple. Ada 3 proses vital, mulai dari Tube Extruder Line -> Inner Tube Splicer -> Tube Curing Press. Tube Extruder membentuk bentuk dasar ban dalam berupa Hollow, dan dibagian akhir dipotong sesuai ukuran diameter dan ditambahkan ventil ( Lihat link ini : http://www.youtube.com/watch?v=CPmufc7wKgU ), Kemudian Inner Tube Splicer berfungsi menyatukan kedua ujung yang terpotong ( Link: http://www.youtube.com/watch?v=HU1YaKVwzqg ), proses ke-3 yang penting yaitu pemasakan atau curing ( Lihat di Link : http://www.youtube.com/watch?v=CvxBGdbMUho ). Semoga memuaskan

      Delete
    2. oh,,terimaksi banyak pak infonya sangat berguna ..

      Delete
  5. sy mau nanya lg bapak kira-kira bahan-bahan apa sj yg digunakan dalam pembuatan ban, krn sy lg ada penelitian di kampus...
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah untuk masalah ini saya tidak bisa berikan datanya, karena masing-masing manufacturing memiliki karakteristik yang berbeda dan sangat rahasia. Umumnya bahannya berupa natural Rubber, Styrene Butadiene Rubber (SBR), bahan kimia, karbon hitam dan minyak.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  6. Ya itu sangat betul karena setiap perusahan mempunyai karakteristik yang rahasia karena disinilah kunci keberhasilan. Kami sebenarnya pembuat alat mesin pertanian yaitu mesin pemanen padi kebetulan bahan yg kamu gunakan adalah ban Bekas tp kami sangat sulit kalau misalnya ban bekas karena ban bekas tersebut kami potong dengan menggunakan pisau. jadi coba bayangkan klw memotong ban dengan menggunakan pisau sangat sulitkan karena Itulah saya bertanya-tanya sama Bapak. Sebenarnya bahan karetnya kalau bisa kami buat sendiri, ini tdk menyangkut dengan cara pembuatan ban mobil atau ban motor yg di gunakan, hanya pada lahan pertanian. Karet ini sebagai alat untuk mengambil buat padi yang siap panen....
    terima Kasih atas perhatiannya....
    salam Sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk keengkapan mesin yang bapak buat, menurut saya menggunakan ban bekas akan sangat merepotkan, karena bentuknya yang "tidak nyaman" saat dipotong. Masukan dari saya, bapak gunakan Rubber Conveyor bekas, lebarnya bervariasi mulai 50 cm s/d >100cm , dengan menggunakan gerinda atau cutter akan lebih mudah potongnya. Silahkan bapak browsing untuk mengenal jenis konveyor ini, ada beberapa bahan, tapi saya sarankan yang terbuat dari Rubber. Yang saya tahu, bahan baku pembuatannya juga dari daur ulang ban yang reject, intinya materialnya hampir sama dengan material ban/tire. Semoga bermanfaat

      Delete
    2. Untuk bahan Rubber Conveyornya kira-kira sudah ada lilitan benang di dalamnya, untuk menghasilkan bahannya di dapatkan di mana pak?

      Delete
    3. Pastinya Pak, istilahnya bukanlilitan benang, berupa rajutan nylon sebagai penguat. Untuk rubber conveyor bekas, bapak coba buka link ini : http://multiconveyorutama.indonetwork.co.id/1411680/karet-conveyor-bekas.htm

      Semoga Bermanfaat

      Delete
    4. terima kasih atas informasi Pak....
      Salam kenal...

      Delete
    5. siang pak,
      maaf saya mau nannya pada proses pembuatan ban yang di vulkanisasi ada namanya karet bladder,
      arti karet bladder itu ap ya pak?
      mohon dijawab pak,penting lg ad tugas kuliah

      Delete
  7. apakan ini merupakan proses produksi campuran????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya tidak salah persepsi, maksud produksi ampuran itu apa ya. Untuk masukan silahkan lihat artikel berikut, untuk menyamakan istilah-istilah produksi.
      http://www.dedylondong.blogspot.com/2012/08/istilah-istilah-dalam-ppic-production.html

      Delete
  8. Permisi Mas Dedy. info yang anda tulis sangat bermanfaat sekali. moga ada bahasan yang lebih mendalam lagi. saya punya permintaan untuk berbagi ilmu mengenai perkembangan ban sekarang ini kelemahan apa yang belum terjawab, misalnya untuk keadaan bersalju kondisi ban ideal yang dibutuhkan seperti apa? ataukah sama saja? Saya juga pengen tahu perusahaan ban di Indonesia ada berapa ya? apa kah itu milik Indonesia atau negara lain????? makasih ilmunya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mbak Rahma ...
      1)Ban Salju Lokal untuk Pasar Ekspor diproduksi oleh PT. Gajah Tunggal jenis Radial dengan kode produk Winter atau WT. Ban Jenis ini memiliki material kompon khusus dan tapak alur yang disesuaikan dengan jalanan bersalju untuk menjamin stability saat akselerasi maupun pengereman.

      2) perusahaan Ban Di Indonesia : a) PT. Gajah Tunggal, Local Factory ( GT.Radial, Gajah Tunggal ); b) PT. Bridgestone Indonesia, ( Bridgestone ); c) PT. Sumi Rubber Indonesia,(Dunlop ); d) PT.Goodyear Indonesia; e) PT. MultiStrada Arah Sarana ( Achilles ) ; f) PT.Elang Perdana Tire Industri (Accelera, Forceum) ; g) Deli Tire ( Spectra, Swallow ); PT.Hankook Tire Indonesia (Hankook)

      Delete
    2. tambahan: PT. Evoluzione tyres (Aspira/Pirelli)

      Delete
  9. gan,klo final inspeksi compound kaya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Compound merupakan raw material dasar pembuatan Ban. Terdiri dari bahan-bahan seperti: Polimer, Carbon Black, Softener, Filler, Acelerator, Activator, Antioksidant, Curing Agent, dan Retarder yang diproses dalam tahapan Ban Bury Mixing.

      Inspect compound menggunakan Rheometer, untuk menetahui sifat fisik dari compound tersebut apakah memenuhi syarat atau tidak.

      Delete
  10. pak Dedy Londong

    saya mau bikin pabrik ban tubles apa saja yang mesti saya perhatikan ?butuh modak berapa untuk bisa membalikkan modal saya dan berapa lama dan berapa produksi ban yang mesti saya hasilkan dalam setahun untuk mencapai balik modal dan untung

    ReplyDelete
  11. YG NULIS BLOK INI WAH HEBAT...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alumni patigat entah angkatan brp, ilmu soal perbanan pasti tahu di awal mula compound sampai jadinya ban

      Delete
  12. Incredible! This blog looks exactly like my old one! It's on a totally different subject but it has pretty much the same layout and design. Excellent choice of colors!

    Feel free to surf to my blog :: auto insurance hawaii

    ReplyDelete
  13. Hey admin, I just wanted to give you a brief heads up that
    your current Web address: http://www.blogger.com/comment.
    g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 is being
    flagged as a potentially malicious blog in my browser safari.
    I would highly recommend having someone look into it.
    You could certainly lose a lot of visitors due to this issue.
    Very best of Luck.

    Here is my web page check this out

    ReplyDelete
  14. Everyone loves what you guys are up too. This type of clever work and reporting!
    Keep up the very good works guys I've added you guys to blogroll.

    Also visit my weblog ... automated link building

    ReplyDelete
  15. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have developed some nice methods and we
    are looking to trade methods with others, why not shoot me
    an email if interested.

    Feel free to visit my blog post; what is link building

    ReplyDelete
  16. Hey! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine
    Optimization? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good results.
    If you know of any please share. Appreciate it!

    My web-site - white hat link building

    ReplyDelete
  17. Hi I am so grateful I found your blog page, I really found you by mistake,
    while I was searching on Yahoo for something else, Anyways I am here now and
    would just like to say thanks a lot for a marvelous post and a all round interesting
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at
    the moment but I have bookmarked it and also
    added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the superb b.


    Take a look at my site; visit the up coming article

    ReplyDelete
  18. sgt bermanfaat ilmunya..minta tolong dong gmn cara membuat streofoam dan cara pembuatan keramik

    ReplyDelete
  19. Nice post. I learn something totally new and challenging on websites I stumbleupon every day.
    It's always exciting to read content from other writers and practice something from their web sites.

    my weblog; just click the next document

    ReplyDelete
  20. Niсe ροst. I was checκing сonstantly thiѕ blog
    аnd I'm impressed! Very helpful info particularly the last part :) I care for such information much. I was seeking this particular information for a long time. Thank you and good luck.

    Feel free to surf to my site - diamondlinks review

    ReplyDelete
  21. Hey there! Would you mind if I share your blog with my
    facebook group? There's a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Cheers

    Also visit my blog post; Related Site

    ReplyDelete
  22. Hmm is anyone else experiencing problems with the images
    on this blog loading? I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it's the blog.
    Any feedback would be greatly appreciated.

    My blog ... click the next internet site

    ReplyDelete
  23. Hello there! Do you know if they make any plugins to
    protect against hackers? I'm kinda paranoid about losing everything I've worked
    hard on. Any recommendations?

    Also visit my web-site ... link building campaign

    ReplyDelete
  24. I have loaded your site in 4 totally different internet browsers and
    I must say your blog loads a lot quicker then most.

    Would you mind emailing me the name of your hosting company?
    My personal email is: lindsaybaumann@gmail.com. I will even sign up
    through your own affiliate link if you would like. Kudos

    Feel free to surf to my homepage cheap link building services

    ReplyDelete
  25. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it
    up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later on. All the best

    my page - kanetix auto insurance

    ReplyDelete
  26. Appreciating the commitment you put into your site and in depth information you
    present. It's awesome to come across a blog every once in a while that isn't the same old rehashed information.
    Great read! I've saved your site and I'm including your RSS
    feeds to my Google account.

    Here is my homepage - Get More Information

    ReplyDelete
  27. Currently it appears like Drupal is the top blogging platform available right
    now. (from what I've read) Is that what you're using on your blog?


    my site :: automated link building ()

    ReplyDelete
  28. I've loaded your website in Several completely different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Would you mind emailing me the name of your website hosting company? My personal e-mail is: harriett-curley@yahoo.com. I will even sign up through your affiliate link if you'd like.
    Many thanks

    My webpage ... This Site ()

    ReplyDelete
  29. Please let me know if you're looking for a article author for your site. You have some really good posts and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd really like to write some content for your blog in exchange
    for a link back to mine. Please blast me an e-mail if interested.
    Thank you!

    Also visit my web site: external link - -

    ReplyDelete
  30. Does your blog have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd like
    to send you an e-mail. I've got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it expand over time.

    Visit my homepage; pennsylvania auto insurance - -

    ReplyDelete
  31. Hello! My name is Gay and When I just wanted to say your blog website rocks!
    It really is funny because I use to have a blog that practically had an identical website url:
    http://www.blogger.com/comment.g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 mine was only a
    few characters different. In any case, I'm a big admirer of your weblog and if you ever want a guest write-up please make sure to email me personally at: gay_seymour@arcor.de. I absolutely adore writing!

    Also visit my website ... visit this weblink ()

    ReplyDelete
  32. Greetings! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find
    a captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding one?
    Thanks a lot!

    my blog post - click the next webpage ()

    ReplyDelete
  33. Hi this is kinda of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors
    or if you have to manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding experience so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    Also visit my webpage - free online auto insurance quote

    ReplyDelete
  34. Have you ever considered publishing an e-book or guest authoring on other sites?

    I have a blog centered on the same subjects
    you discuss and would really like to have you share some stories/information.
    I know my readers would appreciate your work. If you're even remotely interested, feel free to shoot me an e mail.

    Here is my web page: related web-site ()

    ReplyDelete
  35. Heya. I was thinking about adding a website link back to
    your website since both of our web sites are centered around the same subject.
    Would you prefer I link to you using your site address: http:
    //www.blogger.com/comment.g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 or blog
    title: Blogger: SAVE OUR MANUFACTURE. Be sure to let me know at your
    earliest convenience. Thanks

    Visit my site; just click the up coming document ()

    ReplyDelete
  36. Hi there! I realize this is sort of off-topic however I had to ask.
    Does managing a well-established website like yours require a massive amount work?
    I'm brand new to operating a blog but I do write in my diary everyday. I'd like to
    start a blog so I can easily share my experience and thoughts
    online. Please let me know if you have any recommendations or tips for brand new aspiring bloggers.

    Thankyou!

    Feel free to surf to my web page; Suggested Reading

    ReplyDelete
  37. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with
    SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Kudos!

    Here is my webpage: visit the following page

    ReplyDelete
  38. With havin so much content and articles do you ever run into any
    issues of plagorism or copyright infringement? My website
    has a lot of completely unique content I've either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any ways to help protect against content from being ripped off? I'd truly appreciate
    it.

    Also visit my webpage view website

    ReplyDelete
  39. Howdy! I just discovered your internet site: Blogger:
    SAVE OUR MANUFACTURE when I was surfing around delicious.
    com. It looks as though someone loved your website so much they decided
    to bookmark it. I'll undoubtedly be coming back here more often., more at check my site ()!

    ReplyDelete
  40. I was curious if you ever thought of changing the layout of your website?
    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so
    people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having
    1 or two images. Maybe you could space it out better?

    Feel free to surf to my weblog; visit the following web page ()

    ReplyDelete
  41. My brother suggested I may like this blog. He used to be entirely right.
    This publish truly made my day. You can not believe just
    how a lot time I had spent for this info! Thank you!

    Take a look at my site ... take a look at the site here

    ReplyDelete
  42. Hey there! I just discovered your webpage: Blogger: SAVE OUR MANUFACTURE when I was surfing around delicious.
    com. It looks as though someone liked your blog so much they decided to bookmark it.
    I'll positively be coming here more often.

    Feel free to visit my web-site seo service provider

    ReplyDelete
  43. Your website appears to be having some compatibilty issues in
    my firefox browser. The wording seems to be running off the webpage pretty bad.
    If you want you can email me at: darlenewilson@mailsent.
    net and I will shoot you over a screenshot of the problem.


    Also visit my website get high pr backlinks

    ReplyDelete
  44. Exceptional post but I was wondering if you could write a litte more
    on this topic? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit more. Bless you!

    Here is my blog :: quality link building service (http://dustinmott.healthkicker.com/773421546/seolutionsbiz)

    ReplyDelete
  45. Hey are using Wordpress for your blog platform?
    I'm new to the blog world but I'm trying to get
    started and create my own. Do you need any html coding knowledge
    to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!


    my website: search engine optimization service **

    ReplyDelete
  46. Superb site you have here but I was curious about if
    you knew of any community forums that cover the same
    topics talked about here? I'd really like to be a part of online community where I can get responses from other experienced individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Thank you!

    Also visit my web blog :: cheap link building services

    ReplyDelete
  47. Hi there! I just found your internet site: Blogger: SAVE OUR MANUFACTURE when I was browsing
    reddit.com. It looks as though someone loved your blog so much they decided to bookmark it.
    I'll positively be coming here more often.

    Here is my site :: good backlinks

    ReplyDelete
  48. We have gone ahead and included a link back to your web site from one of my clients requesting it.
    I have used your site URL: http://www.blogger.

    com/comment.g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 and blog title:
    Blogger: SAVE OUR MANUFACTURE to assure you get the correct anchor text.
    If you woud like to check out where your hyperlink has
    been placed, please email me at: delmargillespie@gmail.
    com. Thanks alot :)

    Also visit my page link building agency

    ReplyDelete
  49. I'm truly enjoying the design and layout of your website. It's a very easy
    on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often.
    Did you hire out a developer to create your
    theme? Outstanding work!

    Also visit my weblog: seo ()

    ReplyDelete
  50. Hey! Do you know if they make any plugins to protect
    against hackers? I'm kinda paranoid about losing everything I've
    worked hard on. Any recommendations?

    Also visit my site :: seo link building

    ReplyDelete
  51. I do not know if it's just me or if everybody else experiencing problems with your blog. It looks like some of the text in your content are running off the screen. Can somebody else please provide feedback and let me know if this is happening to them too? This may be a issue with my web browser because I've had this happen before.

    Thank you

    Also visit my page: buy quality backlinks

    ReplyDelete
  52. Greetings I am so glad I found your blog, I really found you by error, while I was searching on Bing for something else, Nonetheless I am here now and would just like
    to say kudos for a incredible post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read through it all at the minute but I have saved it and also included your RSS feeds, so when
    I have time I will be back to read more, Please do keep
    up the superb jo.

    Feel free to surf to my weblog: affordable seo service (getbacklinks101.livejournal.Com)

    ReplyDelete
  53. Exploring stumbleupon.com I noticed your blog
    book-marked as: Blogger: SAVE OUR MANUFACTURE. I'm assuming you bookmarked it yourself and wanted to ask if social bookmarking gets you a lot of site visitors? I've been thinking of doing some
    book-marking for a few of my websites but wasn't sure if it would yield any positive results. Thanks.

    Feel free to surf to my site keystone auto insurance

    ReplyDelete
  54. We stumbled over here coming from a different page and thought I may as well check things
    out. I like what I see so now i am following you. Look forward to
    checking out your web page again.

    my web blog ... cheap seo packages

    ReplyDelete
  55. Heya. Sorry to trouble you but I happened to run
    across your site and discovered you are using the exact same template as me.
    The only problem is on my blog, I'm unable to get the theme looking like yours. Would you mind e-mailing me at: wendyeden@gmail.com so I can get this figured out. By the way I've
    bookmarked your web site: http://www.blogger.
    com/comment.g?blogID=5173468088853153630&postID=2473292130427226557 and will be
    visiting often. Thanks alot :)!

    Also visit my web page link building service provider ()

    ReplyDelete
  56. sangat bermanfaat. terima kasih ilmunya :D

    ReplyDelete
  57. blog yang sangat bermanfaat.. terima kasih.. :D

    ReplyDelete
  58. pak dedy kerja di gajah tunggal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

      Delete
  59. gan mau nanya, untuk body ban motor maksud-nya hampir kaya green tire sebelum dilapis ke lapisan 2-3-4, ada yang jual / bikin g ya gan? jadi istilah-nya cuma body ban-nya aja, kalau misalnya di vulkanisir, ban bekas yang sudah selesai diparut / gerinda, itu ada yang jual g ya gan? yang baru, bukan ban bekas pabrik / bekas pakai. kalau misalnya ada gan, tolong bisa info-in ke 089658888089 - Dipa, terima kasih banyak gan tq

    ReplyDelete
  60. Hi gan..

    boleh nanya ga formula ban yang digunakan?

    thx

    ReplyDelete
  61. siang pak,
    maaf pak saya mau nnya tentang pembuatan ban di vulkanisir ada namanya karet bladder,
    apa sihh it karet bladder4 pak?
    mohon dijawab pak lagi ad tugas kuliah pak,
    terimakasih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak wita mungkin yang anda maksud ialah karet envelopes, yaitu semacam karet yang dipergunakan untuk membungkus bagian ban yang akan masuk kedalam chamber, yang berfungsi melindungi badan ban dari tekanan press mesin, dan agar alur ban dengan tapak vulkanisir juga lebih pas. Biasanya yang memakai karet ini adalah tipe dari vulkanisir sistem dingin.

      Www.champion-vulkanisir.blogspot.com

      Delete
    2. Sory ane bukan admin, hanya sesama blogger aja, btw thanks pak dedy, informasi dari blog kami yaitu Champion-vulkanisir.blogspot.com sudah di masukkan ke post yang ini.. hehehe

      Delete
  62. 988Bet | Agen Sbobet | Agen Judi | Agen Bola
    Agen Sbobet
    Agen Bola
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Bandar Bola Bonus
    Bandar Asia77
    Agen Poker
    Agen Asia8
    Agen 1sCasino
    Agen Casino
    Agen Bola IBCBET
    Agen Bola Sbobet
    Prediksi Bola


    AGEN SBOBET | AGEN BOLA | AGEN JUDI
    http://988bet.com/
    http://988bet.com/prediksi-skor-empoli-vs-juventus-tanggal-08-november-2015/

    http://988bet.com/prediksi-barcelona-vs-villarreal-tanggal-08-november-2015/

    http://988bet.com/prediksi-skor-as-roma-vs-lazio-tanggal-08-november-2015/

    http://988bet.com/prediksi-aston-villa-vs-manchester-city-08-november-2015/

    http://988bet.com/prediksi-skor-arsenal-vs-tottenham-hotspur-08-november-2015/
    http://988bet.city/2015/11/01/prediksi-lazio-vs-milan-02-november-2015/
    http://agenjudi.city/2015/11/01/prediksi-sporting-gijon-vs-malaga-02-november-2015/
    http://agen303.city/2015/11/01/prediksi-real-betis-vs-athletic-bilbao-02-november-2015/
    http://agenbola.city/2015/11/01/prediksi-fc-nantes-vs-olympique-de-marseille-02-november-2015/
    http://bandarbola.city/2015/11/01/prediksi-tottenham-fc-vs-aston-villa-fc-03-november-2015/
    http://bolajudi.city/2015/11/01/prediksi-chievo-verona-vs-sampdoria-03-november-2015/
    http://ibcbet.city/prediksi-palermo-vs-empoli-03-november-2015/
    http://metrotv.city/2015/11/01/prediksi-astana-vs-atletico-madrid-03-november-2015/

    ReplyDelete
  63. Tuama(MAN)DEDY....BAN BAN BEKAS APA SDH TDK BISA DI DAUR ULANG OLEH GOOD YEAR?

    ReplyDelete
  64. Mohon bantuan dan informasinya
    saya ingin tahu bagaimana cara uji kuat tarik dan uji kemuluran pada ban dalam serta tengan ijin yang ada pada ban dalam sepeda motor menurut ISO dan SNI

    tolong hubungi saya Di
    dickyandalusia@ymail.com
    Pin 550639b3
    No HP 081541446677

    Mohon sekiranya bisa di info kan
    terima kasih

    ReplyDelete
  65. Wah bagus ini infonya, cuma nanya kalo mo bikin pabrik pengolahan karet alam ada yang tahu ??? Trims Prabowo jogja

    ReplyDelete
  66. Kepada YTH
    Bag. Import Dept

    Dengan Hormat,

    Bersamaan dengan ini perkenalkanlah Kami dari PT.PRESSTI ASIA INDONESIA Yang begerak dibidang Jasa Export –Import Door To Door
    Kami Adalah Spesialis Dalam Pengiriman Barang Ekspor Dan Impor Dengan Layanan ‘Door To Door Service’. Melalui Layanan Ini Kami Akan Mengangkut Barang Mulai Dari Pintu Sipengirim Sampai Ke Pintu Sipenerima Barang. Anda Dapat Memanfaatkan Layanan Kami Dengan Harga Terjangkau Karena Kami Menawarkan Harga Yang Kompetitif Serta Dikombinasikan Dengan Layanan Transportasi Cepat Ke Dan Dari Berbagai Negara Di Dunia Dan Barang Tersebut Akan Kami Antar Sampai Ke Door Tempat Bapak.

    (Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya)

    Pelayanan Utama:
    - Jasa Export Import Door To Door/
    Borongan
    - Door To Door Service
    - Domestic Service
    - Customs Brokerage–Custom Clearance
    - Under Name
    - Import Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Export Sea Freight Dan Air Freight Service

    mengenai biaya pembayaran akan kami tagih setelah barang sudah sampai ketempat


    Demikianlah penawaran jasa yang Kami ajukan semoga menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak / Ibu untuk menjadi mitra Kami
    Moto Kami : Kesuksesan Anda menjadi Kesuksesan Kami, Solusi Kami menjadi kepercayaan Anda.




    Terimakasih
    Hormat kami,

    FADHIL PRATAMA

    PT. PRESSTI ASIA INDONESIA

    Jln.Raya Lenteng Agung Kav 22 No.20 Jakarta Selatan.
    Hp : 0821-1020-3897
    BBM : D266847A
    Tlpn :021-7888 6569
    Fax :021-7888 6594
    Email: fadhil.pt.pressti@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Thansk Gan infonya sangat bermanfaat stelah baca artikelnya saya menjadi tau, jadi bukan faktor harga sj dan bunga ban yg bisa di perhatikan, mulai kode produksi, jenis ban ,menjadi refrensi saat membeli ban

    ReplyDelete
  68. Bersama ini Kami dari PT.BATAVIA LINTAS INTERNATIONAL, sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Pelabuhan Tanjung Priok maupun Bandara Soekarno Hatta II.
    BATAVIA GROUP DAPAT MELAYANI BARANG – BARANG SEBAGAI BERIKUT:
    Alat Berat bekas, Mesin, Pompa Air, Spare Part lainnya
    Besi , Plate Baja & Pipa, Garment, Textile, Accessories Lainnya
    Alkes, Elektronik dan semua komoditi barang bekas dan baru

    KEMUDAHAN DALAM PENGURUSAN EXPORT DAN IMPORT:
    Kami memiliki izin dan alat transaksi data dengan Bea Dan Cukai.
    NPPJK ( Nomor Pokok Pengurusan Jasa Kepabeanan dan EDI
    ( Elektronics data Interchange/ pembuatan document PIB( Pemberitauan Import Barang ).

    SERVICE PROFIDE:
    1. UNDERNAME EXPORT IMPORT
    2. LAND TRANSPORTATION
    3. EXPORT AND IMPORT ( ALL-IN )
    4. DOOR TO DOOR ( SERVICE )
    5. CUSTOMS CLEARANCE ( PENGURUSAN IMPORT DI KEPABEANAN )

    UNTUK OPERASIONAL CUSTOMS CLEARANCE KAMI DI BEA DAN CUKAI MELIPUTI :
    1. BANDARA SOEKARNO HATTA CENGKARENG (JAKARTA)
    2. PELABUHAN TANJUNG PRIOK ( JAKARTA )
    3. PELABUHAN BELAWAN ( MEDAN )
    4. PELABUHAN TANJUNG PERAK (SURABAYA )
    5. PELABUHAN TANJUNG EMAS (SEMARANG )
    6. PELABUHAN INTISARI ( KALIMANTAN )
    7. PELABUHAN KUMAI SEBARANG ( KALIMANTAN)
    8. PELABUHAN PONTIANAK
    9. PELABUHAN PALARAN ( SAMARINDA )
    10. PELABUHAN BALIKPAPAN
    11. PELABUHAN MAKASAR ( SULAWESI )
    12. PELABUHAN MANADO (SULAWESI UTARA )

    Demikianlah Permohonan dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

    Ronny
    Mobile : 021-435 5201/ 081310183455

    PT.BATAVIA LINTAS INTERNATIONAL
    Jln : Kebon Bawang VII No. 33
    Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta 14320
    Telp : (021) 435 5201- 021 22434441
    Fax : (021) 4390 5402
    www : batavialintasinternational.com
    E mail : info@batavialintasinternational.com
    E mail : ronny.exim@gmail.com
    E mail : ronny@batavialintasinternational.com

    ReplyDelete
  69. It is one of the best post i have read best of luck for future endeavours

    Best regards
    Warm Regards www.office.com/setup
    office 365 download
    office activation

    ReplyDelete
  70. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Oli Grease

    ReplyDelete
  71. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Oli Grease

    ReplyDelete
  72. Thankyou so much for spending time to write this blog article, i must say you are a excellent and talented blogger, I Found This Article To Be Very Infromative and Helpfull, please keep sharing such amazing blogs I am a Accountant from United States of America, Washington Dc, and I Love to read and Write Blog.
    Some Of My Web Blogs Awesome Blog Post Please Feel Free to Check Out My Blog you will find the process of norton software installation with step by step instrcutions and much more.

    Keep Sharing will come back to read more,

    Click to Process

    norton.com/setup download and install
    norton.com/setup enter product key
    www.norton.com/setup
    login.norton.com
    my.norton.com
    norton.com/setup
    norton.com/setup activate
    norton.com/setup install
    norton.com/setup help
    norton.com/setup renewals
    norton.com/enroll product key

    ReplyDelete
  73. Kami dari PT TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB )
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

    ReplyDelete
  74. Yuk Coba Keberuntunganmu Hari ini... Join Disini Sekarang Bandar Taruhan Sabung Ayam Online Terbaik di Indonesia, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    ReplyDelete
  75. Linkaja88 Adalah Situs Judi Slot Online 24 Jam Terpercaya Di Indonesia Yang Sudah Berdiri Sejak 2014. Anda bisa bermain semua jenis slot yang tersedia di situs kami hanya dengan minimal Deposit IDR 50.000,- Dan Mendapatkan Jackpot Progresive Fantastis.

    Tersedia Promo Spesial - Bonus 100% !
    Hubungi Whatsapp Cs Kami : 0812–2222–995
    Link Whatsapp Cs Kami : https://bit.ly/31SZvwy

    ReplyDelete
  76. Rent a PC provides Desktops Laptops for a rental basis from a few days, months or even years. Flexible Contracts with Quick Support Laptop on Rent.
    That's Great & Giving so much information after reading your blog. For RentaPC Laptop on Rent
    Great thanks to you
    Laptop on Rent

    ReplyDelete
  77. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Kaporit tablet,cair & serbuk

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    ReplyDelete
  78. segera bergabung bersama situs resmi permainan kartu Online MENANGQQ dapatkan keuntungan jutaan rupiah setiap hari

    ReplyDelete
  79. Although there are numerous printer brands on the market, Canon is the top choice of users when it comes to high-quality printing. Canon is well-known for producing high-quality prints. The first step in using the printer is to configure it as a Canon printer.Which gives comlete information of its canon printer setup here

    ReplyDelete
  80. This article is too good and informative. I am also writing the article but your article is better for me. Your writing style awesome. Your choice is unique for the topic. I am reading more articles but your article is too good. I hope you continue to write an article on the same topic. You are a good writer and thinker.

    The better quality canon.comijsetup printer supports high-speed printing and works on quality performance. So please visit our website to know more information about our service.

    ReplyDelete
  81. A cannon is used in homes and office.It is compatible with every major operating system including windows,androids and ios.It will also give best quality and speed when printing document.






    ReplyDelete
  82. A cannon is used in homes and office.It is compatible with every major operating system including windows,androids and ios.It will also give best quality and speed when printing document.
    ij.start.cannon

    ReplyDelete
  83. I really love this blog post. It is quite informative and also rich in quality informational detail for all types of readers. I am a routine researcher and reader who read different blog posts on a daily basis for the sake of knowledge. So as a part of readers' society, I want to pay my role in increasing the knowledge of other readers and researchers. I recently wrote a piece with the same quality of information on nlp brisbane, you can also read it. This will surely increase the knowledge and the interest of readers who regularly visit your site.

    ReplyDelete
  84. We liked your article very much. From this article we have come to know what we may not have known from any other article. We will be very grateful to you.

    If you can follow these simple tips to install a canon driver of canon ij setup, so easily driver will install into your computer.

    ReplyDelete
  85. Thanks for sharing the best information. I am really enjoying reading your well written articles Grease Processing Plant

    ReplyDelete

  86. For about 30 minutes WhatsApp web stays logged in after you close tab and once you open the web again, it will be able to access WhatsApp if your phone has an active internet connection. Such an alert is shown when someone is spying your WhatsApp through the web.The WhatsApp web activate notification means that your WhatsApp account has been logged in from another device. Usually, such notification appears when someone is spying on your WhatsApp through the web. When you do see such a notification, and if it is not you who has logged into your WhatsApp account via your laptop, then it can only mean that someone is viewing your WhatsApp.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete