Pages

Tuesday, April 24, 2012

Penampakan di Pabrik (Factory Underground Story)



Ini artikel paling aneh yang pernah saya tulis. Kami  biasa membicarakannya topik ini sambil makan siang di kantin atau coffee break di pantry. Cerita hantu di pabrik, jika anda tanyakan percaya atau tidak,  saya akan bilang “antara ya dan tidak”. Karena memang kenyataannya saya tidak pernah alami  disamping tidak logis dan ilmiah, karena informasi-informasi hanya berasal dari orang perorang objetivitas, validitasnya, dan realibilitasnya sangat rendah. Namun tidak bisa disangkal, informasi dari beberapa saksi mata tidak bisa dianggap sebelah mata begitu saja.

Lho  kenapa kita bahas ini ? sudah puluhan artikel saya tulis, dan semuanya berisi topik yang serius  , sekali sekali lah, kita kendorkan urat syaraf dengan membicarakan topik yang satu ini, lumayan bukan untuk selingan waktu jam makan , atau coffe break.
“ Pak, setiap ada penampakan hantu, pasti aa saja mesin kita yang rusak, kayak ngasih pertanda gitu ?”, saya hampir lupa harinya, pernah sambil berseloroh staff maintenance menceritakan penampakan dengan bgitu detail, mengenai mesin rusaknya benar 100%. Sambil tersenyum saya bilang ke mereka,” ya…sepertinya hantu-hantu itu lebih tahu dari kalian cara preventive mesin .” Murni ini obrolan santai di antara kami. Tapi, kalau benar paa hantu ini lebih tahu dari mekanik saya dalam mendeteksi  terjadinya kerusakan pada mesin-mesin utama, lebih baik saya ngerekrut mereka jadi staff khusus saya. Tapi jelas saya tidak mempercayainya, meski benar yang diomongin benar, anggap saja itu kejadian acak, serba kebetulan dan tidak lebih dari gossip.

Saya coba ingat lagi kebeberapa tahun silam, di beberapa perusahaan lama, sepertinya cerita mistis seperti ini selalu ada. Ada cerita, seorang staff tidak mau menempati mess yang tersedia, karena gossip seperti ini, perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk biaya penggantinya. Ada lagi,  penjadwalan shfit 3 yang berantakan karena persoel yang tidak bersedia mengikutinya karena ada yang “katanya” kesurupan makhluk halus. Percaya atau tidak, bahkan ada peusahaan yang memberikan budget khusus untuk mengadakan ritual-ritual untuk mengatasinya. Dan saya yakin masih banyak cerita-cerita mistis lainnya yang berkembang dikalangan karyawan terutama di operation mengenai ini semua, tapi sebegitu menakutkan ceritanya, mereka akan bercerita seperti layaknya hiburan belaka, dan jelas ini tampak seperti hiburan. Terlepas dari sisi hiburannya, “cerita hantu di pabrik ” ini terkadang sangat menyebalkan.

Rasa keingin tahuan saya begitu kuat saat ini. Dengan metode observasi saya akan melakukan wawancara dengan beberapa saksi mata, syukur-syukur dapat bukti rekaman foto atau vidio. Tapi pada prinsipnya, obyek penelitian ini bukanlah sesuatu yang terukur. Saya akan minta saksi mata untuk menggambarkan secara visual ciri-ciri fisik yang pernah mereka temui secara terpisah. Setelah itu akan saya satukan kedalam bentuk kuisioner, untuk memperoleh response tercatat secara silang. Saya dan team lakukan observasi di sebuah perusahaan. Berikut sketsa yang dapat dikumpulkan dari beberapa saksi mata :
001
002
003
005
004
006
Dari berbagai penampakan, berikut Matriks silang antar saksi mata.



Nama saksi, Lokasi, saya rahasiakan termasuk nama perusahaan. Pada kolom paling kanan terbaca hasil nya sbb :
1. Setiap orang rata-rata melihat 42% wujud penampakan yang sama
2. Setiap wujud penampakan, rata-rata dilihat oleh 42% saksi mata

Artinya ada satu wujud penampakan yang dilihat lebih dari 2 orang yang berbeda. Saya memiliki foto yang menarik di lokasi X2. Foto ini diambil dengan tidak sengaja diarea sekitar bulan January 2012, Pk. 22.00 wita dengan menggunakan kamera Hand phone. Silahkan anda lihat dbagian kiri yang sengaja saya buat lebih terang. Saya sengaja memberi efek gelap pada bagian foto yang lain, untuk menjaga kerahasiaan orang dan lokasi, mohon dimaklumi.



Anda bisa lihat tampak sebuah sosok (kepala) di bagian belakang object foto sebenarnya bisakah anda lihat kesamaan dengan daftar penampakan No. 002, saat mendengar berita ini, keesokan paginya saya pergi kelokasi dan dipastikan tidak ada benda lain yang menyerupai wujud ini. Foto ini diambil oleh 2 pekerja shift malam dilokasi X2, dan tidak termasuk dalam daftar saksi mata, karena pada kenyataannya mereka tidak pernah melihat sesuatupun penampakan di lokasi ini.

Secara ilmiah saya tidak bisa membuktikan, mengapa wujud-wujud ini hanya nampak pada orang-orang tertentu saja, dengan perbandingan dibanding populasi sangat sangat kecil. Mengapa wujud yang terlihat tidak 100% dilihat oleh semua saksi mata ? apakah bentuk penampakan sangat dipengaruhi oleh faktor imaginasi internal setiap saksi ?

Dengan berat hati, saya tidak bisa menutup artikel ini dengan satu kesimpulan apapun, silahkan anda menyimpulkannya.











No comments:

Post a Comment