Wednesday, April 25, 2012

Memahami Perhitungan Upah lembur (Overtime)

Lembur atau overtime, kadang seperti sisi permukaan uang logam, diinginkan saat ingin mengejar target produksi, namun disisi lainnya dalam jumlah tertentu juga bisa menjadi indikator rendahnya volume produksi saat jam kerja normal. Apapun latar belakangnya, seorang manager mutlak harus mengetahui  regulasi atau ketentuan yang mengatur tentang mekanisme pelaksanaan hingga perhitungan nominal upah lebur yang harus dibayarkan.Saya akan lebih banyak memberikan sudut pandang normatif yang menjadi  pegangan bagi semua pihak terkait.

Ketentuan Jam kerja lembur
Pengertian waktu kerja lembur mengacu pada Pasal 1 Kep-102/MEN/VI/2004, adalah :
a. Waktu kerja yang melebihi 7 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam seminggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu.
b. Waktu kerja 8 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu
c. Waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah.

Namun tidak berlaku bagi pekerja yang termasuk golongan jabatan tertentu yaitu tidak berhak atas upah kerja lembur alasannya karena pekerja tersebut mendapatkan upah yang tinggi. Pekerja yang termasuk golongan jabatan tertentu tersebut memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan pengendali jalannhya perusahaan dimana waktu kerjanya tidak dapat dibatasi menurut waktu kerja yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.

Pemerintah memberikan batasan maksimal bagi perusahaan dalam menginstruksikan karyawan dalam melakukan kerja lembur, batasan ini yaitu ;
1.  Waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 (tiga) jam dalam 1 (satu) hari dan 14 (empat belas) jam dalam 1 (satu) minggu.
2. Ketentuan waktu kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tidak termasuk kerja lembur yang dilakukan pada waktu istirahat mingguan atau hari libur resmi.

Syarat melakukan kerja lebur,antara lain ; (1) Ada perintah tertulis, (2) Pekerja setuju untuk melaksanakan kerja lembur, (3) Adanya rincian pelaksanaan kerja lembur, (4) Adanya bukti tanda tangan kedua belah pihak.

Perusahaan yang mempekerjakan pekerja/buruh selama waktu kerja lembur berkewajiban : (1)  membayar upah kerja lembur; memberi kesempatan untuk istirahat secukupnya; memberikan makanan dan minuman sekurang-kurangnya 1.400 kalori apabila kerja lembur dilakukan selama 3 (tiga) jam atau lebih. (2) Pemberian makan dan minum sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c tidak boleh
diganti dengan uang.

Mekanisme Perhitungan Upah Lembur
Teknis perhitungan upah lembur ini mengacu pada Keputusan Menteri No. 102/MEN/VI/2004, yaitu waktu kerja lembur dan upah kerja lembur memiliki ketentuan sbb ;
1. Perhitungan Upah Lembur didasarkan pada upah bulanan
2. Cara Menghitung upah sejam  adalah 1/ 173 x upah sebulan

Mengapa harus dikali dengan 1/173, perhitungannya sebagai berikut:
Perhitungan 1 per 173

Pasal 11 KEP.102/MEN/VI/2004, menyatakan :
1. Apabila kerja lebur dilakukan pada hari kerja maka upah lembur jam kerja pertama dibayar 1.5 x upah sejam, untuk setiap jam kerja lembur berikutnya dibayar sebesar 2 x upah sejam
2. Bila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi untuk waktu 6 hari kerja dan 40 jam seminggu maka upah lembur untuk 7 jam kerja pertama dibayar 2x upah sejam dan jam ke 8 dibayar 3x upah sejam dan jam ke 9 dan ke 10 dibayar 4x upah sejam.
      Kalau hari libur resmi jatuh pada kerja terpendek maka upah lembur 5 jam pertama dibayar 2x upah sejam dan jam ke 6 dibayar 3x upah sejam dan upah lembur ke 7 dan ke 8 dibayar 4 x upah sejam
3. Bila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi untuk waktu kerja 5 hari kerja dan 40 jam seminggu maka perhitungan upah kerja lembur untuk 8 jam kerja pertama dibayar 2x upah sejam, jam kerja ke 9 dibayar 3x upah sejam dan jam kerja ke 10 dan ke 11 dibayar 4x upah sejam.
Dasar perhitungan upah lembur merupakan upah pokok ditambah tunjangan tetap. Tetapi jika komponen upah keseluruhan terdiri dari upah pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap dimana upah pokok ditambah tunjangan tetap kurang dari 75% maka dasar perhitungan upah lembur adalah 75% dari jumlah secara keseluruhan.

Apakah Yang dimaksud Tunjangan ?
Dalam struktur upah tercakup didalamnya tunjangan-tunjangan. Tunjangan merupakan pembayaran yang berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan oleh pengusaha kepada pekerja. Dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Tunjangan tetap dan Tunjangan Tidak tetap.

Tunjangan tetap adalah pembayaran yang berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan secara tetap untuk pekerja dan keluarganya serta dibayarkan dalam satuan waktu yang sama dengan pembayaran upah pokok tanpa dikaitkan dengan tingkat kehadiran atau kinerja.
Contoh tunjangan tetap ; tunjangan keluarga, tunjangan jabatan,tunjangan masa kerja

Tunjangan tidak tetap adalah pembayaran yang berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan secara tidak tetap dan dikaitkan dengan kehadiran atau kinerja
Contoh tunjangan tidak tetap ; tunjangan transport, tunjangan kehadiran, tunjangan makan, tunjangan shift, tunjangan premi, dll

Tdiak ada regulasi yang memberikan panduan baku mengenai tunjangan ini, umumnya hal ini diselesaikan melalui kesepakatan antara pengusaha dan karyawan.

Jenis-jenis pembagian komponen upah :
1. Upah Pokok ditambah tunjangan tetap ( All In )
2. Upah pokok ditambah tunjangan tetap dan tidak tetap
3. Upah tidak terbagi kedalam komponen-komponen, gaji yang diterima pekerja adalah total keseluruhan ( clean wage )

Simulasi Perhitungan Upah Lembur

Simulasi 1

Simulasi 2

Simulasi 3

Penutup

Kenyataannya, terkadang ada kondisi-kondisi tertentu dimana faktor komunikasi memegang peranan yang sangat penting, untuk itu diperlukan sudut pandang yang sama antara pengusaha, manajemen, dan karyawan dalam menghadapi situasi-situasi khusus. Mendiskusikan masalah-masalah terkait dengan perburuhan memiliki nuansa politik yang begitu kuat, nilai tawar, kesepakatan, dan konsensus. Jalan yang tersedia yaitu diplomasi. Manfaatkan ini, karena sebaik-baiknya penggunaan jalan kekerasan pasti akan meyebabkan luka.




Semoga artikel ini bermanfaat & Terima kasih






68 comments:

  1. Nama saua Andi karyawan swasta di jakarta, sudah 2,5 tahun saya bekerja disini setiap hari dari senen hingga ke minggu. jabatan saya disini sebagai staff administrasi dan keuangan (merangkap dua departemen). gaji saya tidak seberapa jika dibadingkan dengan tugas dan tanggungjawab saya di kantor, dimana para lulusan SMA dengan jabatan lebih rendah dari saya bisa membawa pulang uang sekitar 2,5jt-5jt per bulan, semntra saya dengan tingkat pendidikan S1 hanya menerima gaji sekitar 1,9jt per bulan. bahkan THR saya saat lebaran bulan agustus tahun ini tidak dibayar..!!!

    saya berani BERSUMPAH bahwa kisah saya ini adalah nyata..!! apakah ini sebuah keadilan, jam kerja lembur saya tidak pernah dibayar sekalipun. tiap hari tugas dan tanggung jawab semakin berat dan bertambah. bahkan hari sabtu dan minggu saya wajib masuk kantor, padahal saya hanya staff biasa yg diberikan tugas dan tanggungjawab layaknya seorang senior manager tanpa gaji yg sesuai baik dengan ijazah saya maupun tangungjawab saya.

    jika saya lihat rumusan perhitungan lembur diatas, alangkah sedihnya saya menahan ini sejak lama, sebenarnya sudah lama saya ingin keluar dari perusahaan ini tapi apa daya saya juga harus menanggung kebutuhan keluarga saya setiap bulan.

    sudah lama saya tau bahwa saya disini diperbudak olehh pimpinan perusahaan ini. saya ingin sekali mengadukan hal ini ke depnaker tapi keluarga saya justru menjadi taruhannya, saya tidak ingin mengecewakan orangtua saya yg sudah membesarkan dan memnyekolahkan saya.

    saya diam bukan karena bodoh,,mudah2an tiba masanya nanti untuk saya keluar dari perusahaan ini setelah saya mendapatkan pekerjaan lain yg pasti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut prihatin Bro. Kalau boleh suggest ... diskusikan hal ini dengan atasan langsung, jika tdiak ada response positive, no problem ... ambil tanggung jawab ini sebagai amanah, jika memungkinkan perbesar lingkaran tanggung jawab dan authority anda. Masukkan ini dalam CV anda sebagai nilai plus. Jika nanti saatnya tiba dan anda mendapatkan yang lebih baik. Akan ada kelegaan yang luar biasa, dan kenikmatan (meski sesaat) waktu melihat departemen anda sangat..sangat kehilangan dan terlihat begitu tergantung dengan anda. Wish you Success

      Delete
    2. cucok, setuju, focus utk cari kerja di tempat lain aja bro, wish u success bro..!

      Delete
    3. cari kerja baru, masih banyak kok yang butuh karyawan seperti anda, yang penting usaha sama doa.

      Delete
    4. saya ikut bersedih atas tragedi yang menimpa anda :
      saran saya ,
      1. cek perjanjian kerja ketika anda pertama sekali diterima bekerja, bagaimana kesepakatannya.,bagaimana jam kerjanya, karena selama saudara andi bekerja tidak lebih dari 40 jam seminggu maka dalam hal ini pengusaha tidak melanggar aturan yang ada
      2. apakah saudara andi masuk kerja selama senin sampai minggu, atas perintah atasan atau karena kesadaran sendiri ( tidak enak sama atasan ) atau supaya dianggap karyawan teladan? (canda coy)
      3. kalau memang anda bekerja atas perintah atasan dan lembur tidak dibayar maka saran saya.
      - sesuai dengan uu tentang perlindungan upah tahun 1981, hak hak yang menyangkut gaji masih bisa dituntut 2 tahun kemudian, karena itu kumpulkan bukti bukti kelebihan jam kerja saudara andi.
      karena memang jaman sekarang ini , kita tidak bisa ceroboh dalam mengambil sikap, karena menyangkut kelangsungan anak dan keluarga, maka pada saat anda keluar / dipecat/pindah , adakan tuntutan kekurangan pembayaran upah kepada disnaker selama dua tahun belakangan.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya pak, sangat informatif sekali bagi orang awam seperti saya

    ReplyDelete
  4. Thanks atas info yang berharga ini mas...

    ReplyDelete
  5. thx a lot. absolutely help me to calculate overtime with right and fair. hope u'll never get bored to post another useful articles like this.
    Salam sukses selalu. =)

    ReplyDelete
  6. kalau perusahaan kita tidak mengikuti aturan pemerintah lalu kita harus bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersama dg HRD & manajer lvel bicarakn masalah ini dg direksi dg baik baik. Tq

      Delete
  7. Aturan ini berlakunya untuk seluruh perusahaan? Termasuk swasta juga? Apabila perusahaan tersebut tidak memberlakukan perhitungan ini apakah perusahaan dapat terkena sanksi? Kemana kita harus melapor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Ini adlh peraturan dasar dlm ketenagakrjaan di indonesia. Jk ada penympangan lbh baik dibicarakan dg hrd u/ mncari jln tengahnya. Namun ada pasal melayang yg tdk clearmenyebut staff posisi tertentu.krna tnggung jawab pkerjaannya tdk berlaku aturan ini. Biasanya ada kesepalatan berupa kompensasi. Namun hrs ada kesepakatan wakil dua belah pihak. Bicarakan dg atasan dan hrd jika dirasa ada kejanggaln. Troms

      Delete
    2. Saya pekerja kontrak pak.yg saya mau tanya gimana hitungan kerja lembur hari besar nasional pak

      Delete
  8. Thanks a lot atas infonya. Pengen menyampaikan namun ada kekuatiran juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perusahaan kami lagi butuh tenaga kerja,
      tapi lokasinya Di Cibinong, Bogor.
      untuk posisi, Sales 1, Material 1, Riset&Development 2,
      Jika berminat kirim lamaran ke shinhan@cbn.net.id
      Semoga Saling Membantu

      Delete
  9. pengen kuliah sambil kerjha ..
    tapi kerjha 5 harii ..
    buat biaya sendiri ..
    mohon infonya untuk daerah semarang..

    ReplyDelete
  10. mohon pencerahan y...

    di perusahaan kami kebetulan sedang terjadi ketidakseimbangan dalam permintaan barang dan proses produksi, dikarenakan pengadaan mesin serta man powernya.
    sehingga kami dengan terpaksa harus melemburkan karyawan hingga jam di luar ketentuan.

    1. jika hari biasa kita bisa bisa sampai dengan 23:00

    2. hari libur dari jam 7:00 - 21.00

    untuk perhitungan di hari libur, bagaimana y untuk melakukan perhitungan lembur nya.

    mohon bantuannya

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami memiliki hari kerja senin - jumat. dengan jam kerja jam 9 jam (include jam istirahat)

      Delete
    2. Silahkan dicoba, dengan menggunakan simulasi pada case 2 dan 3. Selamat mencoba.

      Delete
  11. Kalau kasus saya gimana nih mas, Saya kerja di perusahaan swasta, proyek perbaikan Rig minyak, kerjanya seminggu full, 12 jam, shift pagi dan malam dari jam 6 sampai jam 6, kalau jam kerja di kantornya itu 6 hari kerja, dari jam 8 sampai jam 5, sedangkan kalo di lokasi ya itu tadi, 12 jam kerja, dari senin sampai minggu...
    Penghitungan gajinya bagaimana ya mas..?
    Terima kasih atas bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Icarus,
      Kita bicara normatifnya. Pekerja di Rig dalam UU 13 th. 2003, Ps. 77, termasuk dalam Sektor usaha tertentu, dan dijabarkan lagi lingkupnya di Peraturan Menteri Tenaga Kerja, Per-15/VII/2005, di Pasal 2
      Rincian Pasal 2 ini, yaitu :
      Ayat (1) huruf b : Periode kerja maksimal 10 (sepuluh) minggu berturut-turut bekerja, dengan 2 (dua) minggu berturut-turut istirahat dan setiap 2 (dua) minggu dalam periode kerja diberikan 1 (satu) hari istirahat.
      Ayat (2), Dalam hal perusahaan menerapkan periode kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b maka waktu kerja paling lama 12 (dua belas) jam sehari tidak termasuk waktu istirahat selama 1 (satu) jam.
      Ayat (3),Perusahaan yang menggunakan waktu kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (2), wajib membayar
      upah kerja setelah 7 (tujuh) jam kerja dengan perhitungan sebagai berikut:
      a untuk waktu kerja 9 (sembilan) jam 1 (satu) hari, wajib membayar upah kerja lembur untuk setiap
      hari kerja sebesar 3,5 (tiga setengah) x upah sejam;
      b untuk waktu kerja 10 (sepuluh) jam 1 (satu) hari, wajib membayar upah kerja lembur untuk setiap
      hari kerja sebesar 5,5 (lima tengah) x upah sejam;
      c untuk waktu kerja 11 (sebelas) jam 1(satu) hari, wajib membayar upah kerja lembur untuk setiap
      hari kerja sebesar 7,5 (tujuh setengah) x upah sejam;
      d untuk waktu kerja 12 (dua belas) jam 1(satu) hari, wajib membayar upah kerja lembur untuk setiap
      hari kerja sebesar 9,5 (sembilan setengah) x upah sejam.

      Untuk lebih baiknhya, mohon bisa dipelajari Per Men ini, silahkan browsing. Semoga bermanfaat, Tq

      Delete
  12. Di case 2 actual work hour nya kan 12, basic work hournya 8, bukannya di uu ketenagakerjaan maximum overtime per hari adalah 3 jam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, ini sebatas simulasi jika situasinya sangat luar biasa. saya ambil contoh, misal di daerah Bali, untuk peringatan Nyepi, sebelum dan sesudahnya terdapat hari-hari libur bagi umat hindu, seperti dispensasi. nah biasanya untuk bagian tertentu (engineering) harus ada yang stand by, menjaa operasional mesin-mesin tertentu yang running 24 jam. Jadi jalan keluarnya bagi pekerja non hindu, dimaksimalkan untuk mengcover situasi ini. Ini baru satu contoh saja.

      Dasar diterbitkannya UU ini adalah 1) menjaga kondisi kesehatan pekerja, 2) memberikan batas-batas jam kerja, jika perusahaan sudah melampaui ini (14 jam/minggu) perlu kiranya dipertimbangan untuk penambahan personel. Jadi sepanjang ini kondisi "terpaksa", bisa dipertanggung jawabkan, dan disepakati 2 belah pihak. Why not.

      Delete
  13. Kasus lembur di kantor saya :
    A bekerja hari libur yang kebetulan hari sabtu sampai senin (3hari berturut2)
    jam 7.00 hari Sabtu sampai jam 23.00 hari senin menurut perhitungan lembur di kantor kami
    - hari sabtu, jam 7.00 - 24.00 = 17 jam ( 7 x 2 , 1 x 3 , 2 x 4 dan sisa 7 jam kembali ke 7 x 2 )
    - hari minggu, jam 00.00 - 24.00 = 24 jam ( 7 x 2 , 1 x 3, 2 x 4 dan sisa 14 jam kembali ke 14 x 2)
    - hari senin, jam 00.00 - 23.00 = 23 jam ( 7 x 2 , 1 x 3, 2 x 4 dan sisanya 13 jam kembali ke 13 x 2)
    Yang ingin saya tanyakan, apakah kegiatan lembur tersebut melanggar KEP.12/MEN/VI/2004 pasal 3?
    Kalau seandainya tidak melanggar, apakah penghitungan tersebut sudah benar?

    Mohon penjelasannya dan Terimakasih

    ReplyDelete
  14. trims atas infonya, tapi tolong diperjelas untuk yg ini, contoh jabatannya dan penghasilan minimumnya :

    "Namun tidak berlaku bagi pekerja yang termasuk golongan jabatan tertentu yaitu tidak berhak atas upah kerja lembur alasannya karena pekerja tersebut mendapatkan upah yang tinggi. Pekerja yang termasuk golongan jabatan tertentu tersebut memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan pengendali jalannhya perusahaan dimana waktu kerjanya tidak dapat dibatasi menurut waktu kerja yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku."

    ReplyDelete
  15. Infonya membuat saya tertarik dan menambah informasi.
    Meskipun sy belum sempat merasakan bekerja di industri itu seperti apa, namun setidaknya saya mempunyai pengetahuannya.

    Ijin copy y mas, sumber pasti akan dicantumkan.
    Thanks

    ReplyDelete
  16. Salam Kenal Bang Dedy Londong saya bekerja disalah satu perusahaan BUMN Perkebunan tepatnya Sumut/Kab.Simalungun yg ingin saya tanyakan apakah ada yg namanya lembur kasihan atau kasih sayang kerena ditempat kami ada pendapatan lembur diantara itu gimana pendapat abang mohon informasinya dan sebagai gambaran kami dibayar upah lembur dengan system lembur mati bukan dengan perhitungan seperti paparan yg abang buat maksudnya lembur mati perusahaan memberikan upah lembur 100 jam/perbulan.

    ReplyDelete
  17. agak bingung yang di case ke 2, itu i hari Sabtu kok di term ke 2 nya bisa dapat 16?
    mohon penjelasannya ya

    terimakasih Mas Dedy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Case ke2 itu u. 5 hr kerja(8jm/hr). Jd klo overtime lngsung dikali 2.
      Tq

      Delete
  18. saya mau tanya, jika bekerja dipertambangan, ada seorang pekerja operator alat berat. Suatu hari dipertambangan ada hujan deras, ternyata si operator alat berat tidak dapat melakukan pekerjaannya, dan disaat yang sama jalan dipertambangan licin, dan perusahaan tidak memungkinkan u/ melakukan penjemputan. Pertanyaannya, apakah si operator mendapatkan over time(operator posisinya berada didalam alat berat lebih dari 7jam kerja, tp bekerjanya kurang dari 7 jam)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada perintah lembur scr tertulis dari atasan dan di setujui oleh karyawan tersebut atau tidak? setau saya lembur harus ada perintah dan persetujuan dari kedua belah pihak

      Delete
  19. Saya mau tanya apakah benar jika tunjangan makan dan transport itu adalah fasilitas, sehingga dengan kata lain kita tidak berhak menuntutnya, adakah peraturan depnaker yang mengaturnya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  20. Di PT.MUTIARA BAHAGIA ABADI keren... 1 jam lembur rp.6000. mau lembur 1 jam,2 jam, ato sampe full 8 jam tetep di x rp. 6000... wow keren

    ReplyDelete
  21. assalamualaikum..pak sy mau tanya..jika gaji sebulan Rp.2100000,-(sdh termasuk upah pokok
    +tunjangan tetap & tunjangan tdk tetap)
    maka perhutungan kerja lemburnya jika dihari libur brp ya pak?
    krn sy bingung mulai dr simulasi Simulasi Perhitungan Upah Lembur
    trima kasih sekali lagi sebelumnya atas jawaban pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dihitung dengan simulasi saat libur. jam pertama sampai kedelapan dikali 2. Ini hitungan standard, tetapi aktualnya beberapa perusahaan ada yang menggunakan sistem kompensasi, dilahkan dipelajari dan sampaikan ke HRD jika ada yang tidak tidak sesuai.
      Trims

      Delete
  22. Mohon masukkannya
    Di tempat saya bekerja,produksi 24 jam, sehingga kami menggunakan system 6 hari kerja 1 hari libur, sehingga antara 1 karyawan dengan karyawan yang lain hari liburnya tidak sama, dan tidak selalu jatuh di hari minggu (seperti rumah sakit). Pertanyaan saya, jika dalam bulan berjalan ada tanggal merah (bukan hari minggu) yang mana ternyata itu bertepatan dengan hari libur saya, apakah saya berhak untuk mendapatkan hari libur tambahan? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada prinsipnya, putaran kerja shift dengan sistem ini menggantikan hari libur reguler yang biasanya jatuh dihari minggu ke hari non minggu. Jika di tengah hari kerja terdapat hari libur nasional, kembali ke kebijakan perusahaan, apakah aktivitas perusahaan diliburkan atau tetap masuk. Jika masuk, maka akan dihitung overtime. dari situasi anda, mirip dengan penggantian hari, yaitu hari kbur digantikan ke hari lain, tapi tentunya ini harus dibicarakan terlebih dahulu antara menajemen dan karyawan. Konsep normalnya sih tidak ada istilah libur tambahan.
      Tq

      Delete
  23. masih pantaskah uang lemburan 3500/jam???

    ReplyDelete
  24. pak saya ada pertanyaan , tentang jam lembur sudikah bapak menjawab, umpama saya bekerja pada hari minggu mulai jam 07.00-21.00, bagaimana menghitung rumus upah lembur saya, mohon dengan sangat informasinya,

    salam

    arif eko

    ReplyDelete
  25. Terima kasih mas atas informasinya,

    Tapi bagaimana perhitungannya apabila di hari libur baik itu libur nasional atau wekend (sabtu minggu) kita bekerja hingga 12 jam? dengan jam kerja normalnya yang 8 jam sehari, berarti ada 4 jam overtime. apakah di jam ke 11 dan 12 itu tetap dikali 4 ongkos lembur perhari atau naik bertahap menjadi 5 dan 6 kali ongkos lembur perhari.

    Terima kasih

    BW

    ReplyDelete
  26. Pt.xxxx Tbk menawarkan saya hanya mendapat gaji 2,5JT utk posisi staf admin dengan entry data sebanyak 50 store di smua wilayah. Tanpa lembur, uang makan atau jamsostek, kontrak kerja 1 tahun. tp apabila dibutuhkan saya hrs plg malam, sabtu minggu jika dihubungi pun harus masuk. Apakah ini tepat?? saya berfikir panjang utk menerimanya, antara butuh pekerjaan VS dilema dg apa yg akan saya dapatkan dr perusahaan ini. Mohon sarannya

    ReplyDelete
  27. saya satpam dari perusahaan BUMN,uang lembur yang di berikan kepada saya itu hanya 1/2, bisakah saya menanyakan kepada HRD alasannya apa dibayar hanya 1/2 dari lembur yang ada.pertanyaannya apa sangsi perusahaan klo tdk mau membayar uang lembur sesuai uandang2 yang ada.

    ReplyDelete
  28. Sy mau tanya:
    Kalau hari kerja normal (senin) ada Over time 5 - 6 jam, trus gimana cr ngitungnya n dikalikan brp sj???

    ReplyDelete
  29. saya satpam di outsourcing di tugaskan di perusahaan BUMN...
    saya kerja 20 hari dlm shiff 12 jam perhari dan libur 10 hari, pihak perusahaan BUMN ny tidak mau membayar uang lember tersebut di karena kan telah ad libur 10 hari,
    ap kah benar tidak ad uang lembur yg saya trima...????

    ReplyDelete
  30. kalau misalkan jam kerja menganut 5 hari kerja, yg saya mau tanyakan adalah jika hari minggu ditugaskan masuk dengan jam kerja dari jam 08.00-19.00 WIB, berarti total jam lembur sejumlah 10 jam kerja atau 11 jam kerja?? kalau asumsi saya 10 jam kerja lembur dengan waktu istirahat 1 jam dimana waktu istirahat tdk dihitung sbg jam kerja lembur. Apakah demikian?

    ReplyDelete
  31. kalau lemburnya 2:30 , hitunganya gimaana ?
    HRDnya kurang transparan

    ReplyDelete
  32. saya satpam bank bumd,selama ini kerja 48 jam sampai 56 jam seminggu tapi tidak pernah dibayar lembur,hanya uang makan aja dikasih pull 30 hari berdasarkan absen,libur resmi nasional juga tidak dibayar lembur,dari manajemen pusat perusahaan ada ketentuan/SK lembur sesuai uu no.13 th.2003 tntang ketenaga kerjaan,tapi pihak cabang saya tidak melaksanakannya sudah saya tuntut hak saya,tapi tidak dipenuhi dgn alasan tidak ada anggaran cabang,jadi kemana lagi saya menuntut

    ReplyDelete
  33. Terima kasih info pentingx .....

    ReplyDelete
  34. Terima kasih info pentingx .....

    ReplyDelete
  35. Mencoba berbagi, untuk perhitungan upah lembur dengan sistem 5hari kerja dalam seminggu, sehari 8 jam kerja + 1jam istirahat menggunakan Excel.
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  36. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, sekalian mau tanya, kalo misalkan karyawan tersebut kita tugaskan diluar kota 1 bulan, transport dan uang makan ditanggung perusahaan. apakah perhitungan gajinya tetap atau harus ditambah, karena bekerja di luar kota. Mohon Penjelasan. Terima kasih .

    ReplyDelete
  37. saya karyawan yg bekerja di perusahan mining yg bergerak di peledakan.yg kerjanya 42 hari kerja dan 14 hari cuti dan setiap 14 hari kerja di beri 1 hari off.....yang mau saya tanya kenapa kita slalu kerja 12jam tapi lemburnya hanya di hitung 4jam dan utk hari sabtu dan minggu di hitung seperti biasa utk jam kerja.......mohon petunjuknya...

    ReplyDelete
  38. bro, tanya donx,... yang dimaksut kalimat ini: "Tetapi jika komponen upah keseluruhan terdiri dari upah pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap dimana upah pokok ditambah tunjangan tetap kurang dari 75% maka dasar perhitungan upah lembur adalah 75% dari jumlah secara keseluruhan." maksutnya yang kurang dari 75% itu apa ya? trus 75%nya itu patokannya apa??? kalo misalnya gapok 4jt, trus tambah tunjangan segala macem upah total jadi 5jt itu berarti 5jt/173 kan perhitungannya??? masuk 75% gak??? mohon pencerahannya....

    ReplyDelete
  39. Sya bkerja dprusahaan swasta ktika sya bkerja pd tgl merah atw hr lbur nasional sya hnya dpt upah lembur tp tdk dpt upah pokok tp klo sya tdk masuk kerja sya hnya dpt upah pokok apakh memang sprti itu praturanx mohon pncerahanx....

    ReplyDelete
  40. 1 prtaxaan... apabila dlam sebuah prusahaan mmbuat peraturan baru(perubahan jam kerja yang awalx 13 hri krja 1 hari off k 5 hri kerja 2 hri off ) dgn kputusan menagement sendiri tanpa perundingan bersama sperti yang qta bca di artikel penutip di atas.. apakah qta berhak menolak...???

    ReplyDelete
  41. kemarin aku tes
    ada pertanyaannya seperti ini?
    gaji pokok : 2.500.000
    fix allowence : 500.000
    transport : 250.000

    brp satu jam lembur karyawan tersebut.
    dan jika karyawan tersebut lembur di hari biasa 3 jam, dan di hari libur 10 jam kerja.


    Dari penjelasan di atas tidak ada hitungan sperti pertanyaan saya.
    mohon di jelas kan.
    jika tidak kebratan, jawabannya di krim ke email saya bd_rere@yahoo.co.id.

    termikasih

    ReplyDelete
  42. Nice INFO pak,,,
    Ini sangat membantu

    ReplyDelete
  43. selamat malam,,,,
    saya masih baru di dunia administrasi, tolong di bantu pak untuk masalah angka2 yg ada di colom "overtime working hour" itu dr mana yak????

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  44. itu berlaku nggak buat karyawan BUMD?

    ReplyDelete
  45. Mas Kalo perhitungan premi shift gimana ya, biasa nya berlaku pada karyawan, saya pernah tau rumurnya 36 x (1/173) x upah pokok, namun saya kebingungan ini angka 36 dapat dari mana ya,

    ReplyDelete
  46. Dear Bpk.Anonymous

    Saya seorang pekerja di sebuah PMA yang ikut 8 jam dalam 1 hari kerja dan 5 hari kerja dalam 1 minggu.
    minggu kemarin untuk mengejar target export kami harus bekerja 2 hari 1 malam tanpa pulang (tgl: 20 agustus mulai pukul 7:30 s/d 21 agustus pukul 16:15) kemudian di tgl 22 sebagian karyawan diliburkan dengan dibayar full tetapi sebagian masuk kerja seperti biasa.
    yang jadi pertanyaan saya adalah:
    1. Bagaimana perhitungan lembur kerja yg tgl 20 s/d 21 agustus ?
    2. Bagaimana perhitungan bagi karyawan yang masuk kerja pada tgl 22 agustus ? apakah dihitung lembur seperti lembur di hari libur?

    ReplyDelete
  47. YTH Bpk Anonymous
    saya karyawan di perkebunan(mandor transport),mohon bantuannya untuk memberikan cara perhitungan premi angkut(upah karyawan /driver )untuk semua jenis bahan/barang dengan sistem tonase di perkebunan

    ReplyDelete

This Blog Free of Advertisement