Pages

Sunday, December 02, 2012

Mengatasi Overheating Pada Screw Air Compressor


Bulan November lalu, seorang teman dari perusahaan plastic menghubungi saya. Satu Screw Compressor unit  daya 50 HP bermasalah yaitu Over Heating ! hampir 2 minggu, Engineering perusahaan teman saya ini coba cari solusinya dan sialnya  gagal. Setelah saya pelajari masalahnya dan sempatkan mampir untuk melihat kondisi compressor. Dari penampakan visual saya yakin problem kompresor sudah  merambat ke arah blok screw. Saya sugest kompresor  harus diopname  oleh Technical Service dari Suplier karena perbaikannya masuk kategori major (berat). Dua minggu kemudian, kompresor kembali running. 
Sebenarnya pengaruh shut off  terhadap operasi perusahaan hanya 17% karena mereka sudah memiliki cadangan 1 unit compressor piston 15 HP, akan tetapi teman saya mengeluhkan opportunity cost yang timbul , selama 2 minggu teknisi senior  terfokus  pada case ini, padahal mereka sudah memiliki schedule  kerja yang harus diselesaikan. 

Belajar dari kejadian ini, gangguan pada unit-unit utility bisa memberikan dampak sangat besar, dalam artikel ini saya akan sharing mengenai masalah, yang sebenarnya bisa kita cegah. Saya akan berbagi dengan anda untuk pencegahan maupun perbaikannya. Kali ini saya akan menulis topik yang sangat teknis. Mengatasi Overheating pada Screw air Compressor. Beberapa teknisi  menyebut problem ini dengan istilah ‘Over Temperature’.

Compressor terbagi kedalam beberapa Type, anda bisa lihat gambar dibawah.
Type Compressor
Jenis Screw termasuk dalam golongan Rotary Compressor. Beberapa Manufacture menyediakan Compressor dengan tekanan angin 8, 10, 13 bar dengan daya motor 3 – 500 HP.  

Prinsip kerja Screw Air Compressor

Screw Air Compressor Flow Diagram
A) Kompresor udara jenis ini menggunakan 2 Screw yang berputar dalam ruang screw yang disebut Air End (3) . Putaran 2 komponen screw ini akan menyebabkan hisapan pada Intake Valve (2) dan menghasilkan udara bertekanan pada lubang keluaran (discharge).
Ruang Screw
B) Udara bertekanan memasuki Separator Tank, yang berfungsi memisahkan oli dan udara, sehingga udara bertekanan yang dihasilkan tidak mengandung oli. Jika anda melihat dalam Gambar diatas, prinsip kerja separator sederhana. Dibagian tengah tabung terdapat  separator foam, sejenis busa yang akan melewatkan partikel udara, dan menangkap partikel oil dan menjatuhkannya ke dasar Tabung (Blue Color). Udara bebas oil tadi memiliki temperature cukup tinggi ( 80 – 90 0C), sehingga harus dilewatkan pada pendingin / air coller (9), sebelum dikeluarkan melalui Air Discharge line (10) untuk memasuki system eksternal.
separator tank
C) Oil dengan temperature tinggi yang tertampung dalam dasar tabung separator bergeraka menuju air filter housing unit. Unit ini terdiri dari Oil Filter (19) yang berfungsi memisahkan kotoran dan unit manifold, yang berfungsi mengatur distribusi  oil menuju dan dari Air Coller (9). Ada beberapa type  coller, yaitu Liquid coller dan air coller. Gambar Flow proses diatas menggunakan model Air Coller, yaitu udara dibagian bawah radiator dihembus paksa dengan menggunakan Fan (13), melalui sirip-sirip coller unit, dan membawa panas oil ke udara bebas melalui prinsip heat transfer. Mekanisme ini mirip dengan prinsip kerja Condesor Udara pada system pendingin dan Radiator  mobil.
Oli yang sudah melewati Coller dan suhunya telah turun, masuk kembali ke Oil Filter Housing Unit, untuk didistribusikan kembali ke Air End atau Ruang Screw.
Oil Filter Housing Unit
D) System yang tidak kalah vital yaitu pelumasan pada bearing screw. Kebetulan dalam flow diagram tidak terlihat, Air Filter Housing Unit juga mensuplay oil untuk melumasi bearing screw. System ini memiliki pengaruh sangat besar terhadap kasus Over Heating atau Over Themperature pada Screw Air Compressor.

E) Temperature System Compressor dideteksi dari Temperature Oil. Dalam Separator Tank, dipasang sensor temperature / Thermostat (20)  yang akan membaca aktual temperature oil, dan langsung mengirim data ini ke Electronic Processing Unit. Temperature kerja normal berada di kisaran 85 – 95 0C. Jika lebih dari 100 0C, system tetap berjalan dengan disertai peringatan. Biasanya system disetting automatic off di temperature 110 0C.
Panel Indicator


Efek  Over Heating
Yang dimaksud dengan over Heating yaitu, Temperature Kerja System kompressor melebihi 100 0C. Ini sudah tanda-tanda bahaya. Engineering harus melakukan pengecekan. Jika terlambat, temperature oil yang tinggi dapat menurunkan kualitas oil sebagai pelumas.
Masalah yang timbul berikutnya :

1. System pelumasan pada Bearing Screw tidak maksimal, ini akan menyebabkan kerusakan pada bearing.

2. Kerusakan Bearing akan berdampak pada putaran screw yang tidak stabil dan tidak center. Benturan antar Screw akan menyebabkan cacat screw. Ini menyebabkan efisiensi tekanan angin yang dihasilkan menurun.

3. Putaran screw yang tidak center berpotensi menimbulkan gesekan pada dinding ruang screw, meskipun masalah over heating sudah teratasi, masalah ini menyebabkan efisiensi tekanan udara akan berkurang.

4. Gesekan material komponen dalam ruang screw menghasilkan serbuk besi yang akan terbawa oleh oil. Ini akan menyumbat Filter Oil, jika tidak terdeteksi, volume oil yang kembali masuk kedalam ruang screw dan system pelumasan bearing akan berkurang. Bisa anda bayangkan jika komponen-komponen ini berputar dengan level oil dibawah standard. Kerusakan akan terjadi pada semua komponen dalam unit ruang screw (Air End).

Kondisi ini bisa jauh lebih parah, jika Thermo Control Unit tidak berfungsi dengan benar. System tidak bisa mendeteksi temperature aktual dengan akurat, harusnya mesin automatis stop tapi tetap running. Meskipun anda melakukan penggantian oil secara rutin dan mengikuti atuan Jam kerja mesin, kondisi ini tetap sangat berbahaya. Untuk mencegah ini, saya akan berbagi teknik pengecekan dengan anda :

1. Jangan hanya percaya dengan temperature display. Anda wajib memiliki Thermo Couple sendiri. Ada beberapa jenis, tapi saya lebih suka menggunakan type Laser Gun Thermo Couple.
Non Contact Infra Red Laser Gun
2. Jika anda tidak memiliki alat yang saya maksud dalam poin 1. Perhatikan tanda-tanda di area bearing di Screw Unit. Jika cat terlihat mengelupas akibat panas, ini tanda-tanda bahwa compresor bekerja pada suhu yang  melebihi standard. Asal diketahui pemilihan coating atau cat pada compressor atau motor sudah disesuaikan pada suhu normal atau ambang atas system. Jika melebihi, panas akan merusak cat.
Cat terkelupas di area Blok Bearing akibat over heating
Penyebab Terjadinya Over Heating
Berikut  beberapa hal, yang saya pikir bisa menyebabkan Over Heating

1. Sirkulasi udara dalam ruang kompresor tidak baik, sehingga suhu dalam ruang tinggi. Ruang  kompresor harus di desain sedemikian rupa sehingga udara panas dari fan coller memiliki jalur khusus keluar (ducting) dan udara luar bisa leluasa masuk. Akan jauh lebih baik, jika pendinginan ruang kompresor  menggunakan  unit Air Conditioner ( AC ). Keuntungan penggunaan AC yaitu pendinginan ruang berlangsung dalam ruang tertutup, sehingga meminimalkan debu atau kotoran dari luar ruang untuk masuk kedalam. Partikel debu ini dapat terhisap oleh coller fan dan menyumbat sirip – sirip cooler unit. Kondisi ini menyebabkan pendinginan oil tidak optimal.

2. Oil sudah melewati Jam Kerja Normal.
Kondisi ini yang biasa terjadi, oil yang seharusnya diganti tapi tidak dilakukan. Oil yang melebihi Life time nya akan menyebabkan penurunan kualitas oil yang diikuti penurunan fungsi oil itu sendiri sebagai media pendingin dan pelumas. Ada 2 jenis oil yang ada di pasaran, yaitu Jenis Syntetic dan Jenis Mineral.
Jenis Syntetic : Harga Relatif lebih mahal, Life timenya ± 5000 – 6000 hours. Lebih tahan bekerja dalam suhu ekstrem dengan volume yang lebih rendah dibanding oil mineral.
Jenis Mineral : Harga  lebih murah, Life timenya ± 2000 hours. Tidak  diperuntukkan bekerja pada suhu ekstrem ( > 100 0C ) secara terus menerus, karena akan menyebabkan kerusakan pada komponen. Dari pengalaman dilapangan, membuktikan oil jenis ini  dapat menembus separator foam, dan ikut terbawa sirkulasi udara. Sehingga harus rutin dilakukan pengecekan level oil dan segera lakukan penambahan oil jika diperlukan. Dalam pemakaian jangka panjang, oil ini akan lebih tinggi biayanya dibanding pemakaian oil syntetic.

3. Separator Oil tersumbat. Ini akan menyebabkan terhambatnya aliran udara keluar, sehingga tekanan dan temperature dalam separtor tank naik. Penggantian rutin antara 4000 – 6000 hours.

4. Pembuangan panas pada Coller Unit terhambat. Ada 2 Jenis coller yang biasa dipakai, yaitu menggunakan cooler fan ( air coller ), dan menggunakan pendingin air ( water cooler ). 
Pada jenis air coller, hambatan transfer panas ini biasanya disebabkan kotoran atau debu yang melekat pada sirip radiator. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 – 15.000 hours.
Pada jenis Liquid coller, hambatan pendinginan biasanya disebabkan oleh adanya lapisan kerak. Sistem ini biasa digunakan dalam Generator Set ( Genset ). Liquid yang digunakan merupakan cairan khusus yaitu radiator coolant, jika tidak ada disarankan menggunakan air mineral yang bebas dari kandungan kapur/calsium. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 hours.

5. Filter oil tersumbat kotoran. Idealnya, setiap penggantian oil  juga diikuti oleh penggantian Filter. Cleaning Filter oil tidak disarankan, karena spare parts ini tidak didesain untuk di cleaning atau di re-kondisi.
Filter Oil
6. Mekanisme Distribusi dalam Oil Filter Housing Unit tidak berfungsi.
Jika dibongkar, blok ini terdiri dari beberapa katup yang gerakannya menggunakan mekanisme pegas. Jika mekanisme ini tidak berfungsi, distribusi oil menuju radiator akan terhambat. Efeknya oil tidak melewati proses pendinginan dan langsung masuk ke ruang screw. Untuk mengetahui masalah ini cukup mudah. Mesin dalam kondisi off, Buka selang Fleksible in dan out radiator, jika oil yang keluar dari radiator sangat sedikit, bisa dipastikan mekanisme dalam unit ini bermasalah. Atau anda juga melakukan pengecekan dalam kondisi mesin running. Gunakan Thermo couple. Bandingkan temperature  di body luar ruang screw, pipa antara separator tank dan Filter oil, dan pipa oil masuk ke radiator. Jika pipa masuk radiator temperaturnya jauh lebih rendah, berarti  distribusi oil menuju radiator terhambat. Bisa dipastikan Oil Filter Housing Unit bermasalah. ( tapi terlebih dahulu pastikan Filter Oil telah diganti )
Blok Manifold pada Oil Filter Housing
Penutup
Jika akar masalah Overheating sudah diketahui, segera lakukan perbaikan. Harap berhati-hati saat melakukan perbaikan di mesin. Problem overheating pada umumnya menyebabkan efek berantai terhadap komponen lainnya. Misal Bearing Screw dan Screw. Teknisi perusahaan biasanya melakukan penggantian ringan ( minor ) seperti  Ganti oil, Ganti Separator Foam, Ganti Oil Filter, dan Cleaning Cooler Unit.Namun untuk penggantian besar ( mayor ), yaitu pengecekan  di ruang Screw Unit (Air End), saya sarankan untuk menghubungi Technical Service dari Suplier Kompressor.

Akhir kata, selamat menganalisa dan semoga sukses !


278 comments:

  1. wah ini yang saya sedang cari2,

    belum sempet baca, nanti kalau sudah dirumah baru dibaca,,,,
    hehehe,,,,

    boleh mas nanti saya tanya",

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas bro
      .....
      Maaf nih, saya mo nanya...?
      Jika lampu indikator yg berwarna hijau selalu berkedip, bagaimana cara mengatasinya. Soalnya, pada saat posisi tersebut mesin g mau hidup.
      Type mesin BOGE

      Makasih atas bantuannya.

      Delete
    2. Dengan hormat,

      Untuk penanya permasalah unit BOGE compressor dan bagi yang sedang berencana expansi pabrik dan membutuhkan unit kompresor udara dapat menghubungi saya: Heriwibowo/Sales Engineer PT. Ometraco Arya Samanta agent BOGE compresor di Indonesia, Hp: 0853 1056 8747 pin bb 2a5a3f60 email: b.heriwibowo@gmail.com

      Delete
    3. Maaf mas mau tanya..
      Apa ya penyebab kompresor mati dan keterangan di layarnya tertulis " tidak ada tekanan "..
      Mohon infonya..

      Delete
  2. di tempat saya bekerja menggunakan Compressor Kointec EsayCom75 dan 55, kendalanya Display control kamu rusak, itu apakah masih ada yang produksi ya Mas??


    Oh, iya,
    Mas Dedy, saya boleh masukkan Artikel ini ke blog saya tidak?


    denysafari.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba contact PT.Hanshin, (021)5980222. Hargnya agak miring. Boleh, silahkan. Keep bloging ya

      Delete
  3. PT. hanshin di indonesia pak?

    oke, trimakasih atas izin nya,
    lg problem neh Kompresor nya mas?

    saat distart OK,
    saat mencapai press yang diinginkan kami men set kompresor off, kemudian saat press yang ditentukan pula kompresor Run lagi,
    masalahnya setelah off saat press yang diinginkan tercapai dan kompressor tidak mw ON lagi saat press kurang, yang seharus nya kompresor ON dy tidak mw ON,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di indonesia den. Wah harus cek detail mslh & system comprsornya. Bisa karena presure switch. Atau malah plc nya. Km cek dl pressure switchnya, jgn2 hanya mslh di pengiriman dignal on off sj. Klau ykin tdk mslh. Cek kondisi plc. Cb liat di panel display indicator pressurenya. Km samakan dg manometer yg ada.di system eksternl atau di tabung accumulator. Penunjukkannya sama tidak. Klau jauh berbeda sprtinya electronic processing unitnya brmsalah. Pastikan manometer kondisinya ok.

      Delete
    2. Wah baru sempet buka mas,,,
      n kompressornya sudah kebukur terbakar panel nya,

      bisa gak sih itu disebabkan oleh control yang tidak bekerja sempurna seperti masalah saya di atas, auto ON/OFF Comp gak aktif??

      Ini ada gambar Panel yang terbakar nya:

      http://imageshack.us/a/img32/6935/g9yi.jpg

      asumsinya dari kntaktor yang saya lingkari merah mas, itu kontaktor start.

      cuma knp bisa terbakarnya yang saya masih belum ketemu.

      Delete
  4. hallo mas brow... salam kenal,
    beberapa hari lalu screw compressor saya trouble, akhirnya teknisi saya yg mengecek, dimana kesimpulannya beringnya ada yg rusak, setelah di lakukan penggantian bering< pada saat runing screw compressor, tidak ada angin sama sekali.... mohon pencerahannya Mas....

    salam

    Hudi wibowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Hudi,
      Agak susah menganalisanya kalau tidak melihat kondisi fisiknya mas. Tapi sebagai sesama engineer kita bisa discuss masalah ini. Jika tidak ada tekanan udara sama sekali (0 bar)saat running bisa berakibat fatal. Apakah motor masih dalam kondisi berputar? atau stop. Apakah ada tanda-tanda kebocoran packing di ruang kompresi? teknisi menyimpulkan baring problem, sebelumnya ada trouble apa? apakah ada hubungannya dengan pressure ?

      Screw compressor merupakan type silent, untuk beban medium - high, Dan mensyaratkan sinkronisasi putaran 2 screw. Jika motor berputar, dan tetap tidak ada angin tolong dicek bagian udara masuk/intake, lepas filternya adakah hisapan dari ruang kompresi. Jika tidak ada, sepertinya pemasangan unit screw di dalam Air End ( ruang screw ) tidak presisi, sehingga kedua screw tidak sinkron dan kehilangan daya hisap dan tekan. Penggantian Bearing dilakukan oleh Teknisi dari Suplier Compressor atau Teknisi Internal ?

      Mohon maaf, kalau opini saya tidak complete. Semoga dapat mencerahkan.

      Delete
    2. banyak faktor yang mengakibatkan tidak bekerjanya screw untuk menghasilka udara, klau setelah di gati bearing screw ga ada kompresii atau hasilnya berkurang, bisa jadi dari faktor spasi screw dengan housing, atau biasa disebut clirens...

      Delete
  5. awal di tempat saya bekerja mempunyai screw compressor ingersol, kemudian ada yg menawarkan screw compressor merk daewoo (Second dengan jam pemakaian 2000), tapi mesinnya merk MAN.

    nah yang mengalami kerusakan adalah screw compressor type daewoo dengan engine MAN. awal kerusakan adalah V belt nya putus, ternyata screw nya macet . saya menambil kesimpulan untuk membuka sendiri< mungkin karena pengin belajar atau supaya mesin bisa langsung di running hhehehee sy juga masih belum jelas....)

    singkat cerita memang ada bering yg sdh rusak, dan setelah sy amati, ternyata comppressor ini sdh pernah overhole, dan sepertinya bukan teknisi nya yang melakukan overhole.

    kemaren sy running, sepertinya tidak ada angin yg keluar dasi comprssor... dan bunyinya bukan juga seperti unload.... ( kedengarannya hanya seperti screw yg berputar, tanpa ada oli dan angin....

    akhirnya sy buka lagi untuk mengecek piping dan sirkulasi oli dan udara.... hasil pengecekan saya, semua pipa tidak ada yg buntu dan pemasangan sdh benar...

    barusan sy coba lagi.....
    pada penunjuk tekanan line pressure tekanannya cepat sekali naik, tapi pada pressure gauge tidak ada tekanan sama sekali,

    kesimpulan saya
    untuk saat ini udara sdh ada, hanya tidak bisa ke air coller....hanya di line pressure....

    analisa saya untuk permasalahan yg kemaren:
    kemungkinan yg kemaren itu karena screw dan pipa2 oli belum ada olinya sehingga tidak ada tekanan angin... ( mohon masukan analisa saya pak...)

    masalah sekarang, bagaimana supaya tekanan angin bisa ke air coller...??? ( mohon analisa nya brur.....)

    btw..... marga anda sepertinya berasal dari sulawesi utara ya.......

    GBU


    hudi wibowo

    ReplyDelete
  6. pressure sebelum rusak masih normal,,, hanya lebih cepat panas.... awalnya sy berpikir screw comppressor ini walaupun second tetapi masih original...( maksudnya belum pernah overhoul)

    sehingga saya berasumsi kalau panasnya ini masih masuk toleransi, (batas overheat pada control tercantum 120 0C.)panas yg tercapai jika digunakan 24 jam 110. sebenarnya dengan panas 110 sdh cukup panas, karena pada compressor ingersol saya, panas tertinggi pada saat di gunakan hanya 90 oC

    kemungkinan panas yg terjadi karena memang beringnya sdh kurang baik, , , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Hudi ...
      Informasinya cukup komplet, kalau boleh berikut hasil tebakan saya, untuk masalah compresor Open Type anda.

      1. Sepertinya anda harus cek Filter Housing Unit. Parts ini satu Blok dengan Filter Oil, Filter biasanya menempel pada housing ini. Kalau Filter sudah pasti harus diganti.
      Fungsi Filter Housing ini sebagai manifold, yaitu mengatur distribusi oil. Sepertinya Ruang Screw dan Blok Bearing Screw compresor anda kekurangan pasokan oil atau malah oilnya masih memiliki temperature tinggi.
      Oil yang sudah dipisahkan di separator Tank diatur melewati Oil Filter dan secara mekanis didistribusikan ke Air Cooler untuk didinginkan, outlet coller ini masuk kembali ke Housing untuk disalurkan ke Blok Screw dan Bearing. Jika unit ini tidak berfungsi, Oil panas akan ter-baypass masuk ke bearing, atau malah tidak ada suplay. Jadi sistem pelumas tidak berfungsi, Jika temperature mencapai 100 C saat running, anda harus cek sistem compressor.

      2. Masalah pada Bearing dan macet adalah efek. Akar masalah Compresor Ingresol anda bukan pada Bearing, tapi pada Sistem pelumasan dan Jadwal penggantian Oil yang melebihi jam kerja.Biasakan untuk mengganti Oil dan filter Oil secara bersamaan, Untuk Screw Comp. disarankan menggunakan Syntetic oil. Jangan hanya diperbaiki bearingnya, Satu Unit dalam Air End ( Ruang Screw ) lebih baik di cek dan repair secara total. Dengan Teknisi khsus compresor tentunya.

      3. Coba dihitung capacity compressor terhadap pemakaian/beban, jika running 24 Hours, dan antara Loading dan Unloading sudah tidak seimbang, segera dipertimbangkan untuk menambah compressor. Jika dengan kondisi seperti ini, teknisi tidak disiplin melakukan penggantian oil sesuai jam kerja, ditambah jenis oil menggunakan oil mineral. Perlahan tapi pasti malapetaka sudah menunggu.

      4. Kerusakan pada Bearing, Screw Macet, Atau jika anda tidak beruntung Housing pada Bearing ikut aus. Meskipun bisa running, efisiensi tekanan compressor bisa dipastikan akan berkurang.

      Agar tidak berlarut-larut jauh lebih baik memanggil teknisi khusus compresor mas Bro. Agar cepat decision, mau di repair atau Beli Baru. Jika dipaksakan juga percuma, abis-sbisin daya listrik, apalagi tahun ini TDL naik 15%. Dihitung lagi keekonomisannya.
      Betul mas Bro, keluarga saya dari Sulut.

      Delete
    2. Untuk permasalahan kompressor screw silahkan kunjungi web kami : www.airindo.co.id
      atau bisa tanya melalui tlp langsung ke hp saya di 0877 4169 0046...

      Salam,
      Deni Arif Rahman
      Sales Engineer
      Mobile: 0877 4169 0046

      Delete
  7. thanks brur untuk banyak masukannya dan pencerahannya....

    perusahan saya berdomisili di Tuban, jawa timur, apa ada referensi untuk teknisi khusus kompressor di daerah surabaya atau tuban barangkali ?

    BR

    hudi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bro ... wah kalo compressor angin saya tidak ada contact didaerah sana.

      Delete
    2. gapacitramandiri.com buka website ini coba

      Delete
    3. coba contact kami pak hudi
      www.teknikutama.com

      Delete
  8. mas mau tanya, kalo thermostatic valve yg di kompresor fungsinya bwt apa ya?trus prinsip kerjanya sperti apa?
    thx sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thermostatic valve berfungsi untuk menstabilkan temperature air yang digunakan untuk sistem pendinginan ( water cooler ), prinsip kerjanya, thermostat di setting pada suhu tertentu, jika temperature output ( air discharge dan oil ) melebihi temperature set, maka valve akan membuka, sehingga cooling liquid (water) akan memasuki sistem radiator sampai tercapai batas temperature setting, valve otomatis menutup.
      Compresore menggunakan 2 sistem pendinginan, yaitu dengan udara ( air cooler ) dan liquid ( water cooler ) dengan open loop atau close loop. Open loop system menggunakan cooling tower system, sedang close loop aliran pendingin hanya di sistem internal.
      Tq

      Delete
    2. Mas mau tanya thermostatic valve pada semua merk kompresor sama atau berbedA YA.. dan cari nya dimana bila lokal punya

      Delete
    3. Mas mau tanya thermostatic valve pada semua merk kompresor sama atau berbedA YA.. dan cari nya dimana bila lokal punya

      Delete
  9. mas saya mau tanya kompressor screw saya 75kw thn95..tekanan anginnya cuma ada 7bar sdgkan saya butuh 8,5 tdk tercapai, apa sebabny? dan rusakny dmn?pdhl kompresor saya bru beli..thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Pak, kebetulan saya baca problem anda mungkin saya bisa bantu..
      untuk tekanan pada kompressor bisa di set melalui layar PLC tentunya dengan paswod terlebih dahulu..
      biasanya passwod di rahasiakan dari penjual selama masa garansi..

      NB: kompresor yg dibutuhkan harus dengan tipe 10bar.

      Deni Arif Rahman
      PT. AIRINDO MITRA UTAMA (JAKARTA)
      MOBILE: 0877 4169 0046

      Delete
  10. Normalnya power segitu kompressor masih sanggup. cb ditelusuri dulu, kalau valve ke accumulator atau sistem piping out ditutup berapa pressurenya.
    Jadi ketahuan selisihnya. Cek dulu, barangkali ada kebocoran pada sistem outnya, apakah ada yang menggunakan sistem terbuka ( angin terus blow keluar ) ?. kalau 8.5 saja tidak tercapai, untuk 75 kw dan disitem out tidak ada masalah, secepatnya hubungi technical supliernya. Tq

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mas Dedy,

    Saya mengalami masalah over heating pada compressor screew kobelco kapasitas 40 HP, menurut teknisi kami kondisi oil cooler nya sdh tidak baik karena pada bagian fin nya tersumbat oleh debu powder coating dan sangat sulit untuk dibersihkan walaupun telah kami gunakan chemical (Tempat lokasi compressor memang sangat berdebu karena dekat dengan lokasi pengecatan)

    Pertanyaan saya :
    1. Apakan bisa oil cooler diganti dengan menggunakan outdoor ac ?
    2. Apakah bisa oil cooler tersebut kami dinginkan dengan menggunakan chiller, maksudnya oli cooler tersebut direndam kedalam air dingin ?

    mohon penjelasannya mas, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas welly,
      Ok, saya coba batu jawab ya.
      1) Pipa freon di outdoor ac bisanya berbahan tembaga atau aluminium.beberapa produsen bahkan membuat sambungan klem antara tembaga, dan ini hnya bisa dilakukan oleh pabrikan. Sedang Oil coller menggunakan pipa stainless untuk jalur pipanya. Disamping itu fan untuk pendinginannyapun masih kurang. kecuali jika anda menggunakan kondensor unit chiller atau frezzer. ( bukan AC Split/Standing ).
      2) sangat bisa, sistem ini biasanya dipakai untuk kondensor unit frezeer/ chiller type lama, yaitu berpendingin air. Anda bisa membuat tabung dan didalamnya anda bentuk lilitan stainless dalam jumlah ideal, agar jalur pendinginannya cukup panjang dan optimal, pastinya anda memerlukan unit cooling tower untuk mendinginkan air out dari tabung condensor.
      Jika anda tidak ingin menggunakan cooling tower. Bisa digunakan Radiator Truk untuk pendinginan, jadi menggunakan air radiator, dan unit fan. Sistem ini mirip dengan sistem pendinginan pada Genset.

      Sebaiknya anda pindahkan Unit compressor anda ke tempat yang lebih memenuhi syarat. Semoga penjelasannya memuaskan dan terima kasih.

      Delete
    2. Terima kasih atas penjelasannya mas, mungkin sebagai tambahan informasi dari saya, untuk jalur pipa yang menuju ke oil cooling yang ada pada mesin compressor tersebut juga menggunakan pipa tembaga jadi untuk penyambungan ke unit outdoor masih dapat dilakukan, kira2 saya membutuhkan outdoor chiller/frezzer dengan kapasitas berapa pk yah ?

      Delete
    3. Salam kenal pak Welly,
      untuk kompresor idealnya ditempatkan pada ruanagan yg bersirkulasi tinggi, agar kompressor dpt menghisap udara bersih dengan suhu max 40 derajat C...

      penambahan outdoor chiller hanya akan meredam problem sementara, problem utamanya butuh ruang kompressor yang baru..
      jika terpaksa, anda lebih baik mengganti fan collernya dengan menghub distributor kobelko (lbh baik dibanding harus menyambungkan pada Chiller Outdoor)...

      Kunjungi Web kami: www.airindo.co.id

      Salam,
      Deni Arif Rahman
      Mobile : 0877 4169 0046

      Delete
  12. Salam kenal mas Dedy
    Saya mendapatkan masalah ketika saat saya magang...yaitu diberikan job mengenai cara menurunkan pressure dew point pada kompresor screw free oil...apakah bisa dijelaskan sekilas mengenai hal tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Bung Rhino,
      Saya pikir yang dimaksud Temperature Dew point. Dew Point Temperature adalah titik embun udara artinya suhu di mana udara mulai mengembun menimbulkan titik-titik air.
      Semakin rendah nilai Dew pointmenunjukkan bahwa RH ( relatif humidity ) semakin turun, agar kadar air dalam udara bertekanan / sistem tidak banyak mengandung air.
      Untuk menurunkan RH, output udara sebelum masuk kesistem dilewatkan kedalam air Dryer. Ini cara yang umum.

      Atau anda ingin mencoba cara ini. Letakkan compressor didalam ruang ber AC. Transfer panas menyebabkan udara yang dihisap compressor memiliki tingkat humidity rendah, dan dikombinasikan dengan sistem air dryer sebelum ke pipa output. Jangan lupa untuk membuat ducting / cerobong khusus untuk buangan fan coller ke luar ruangan, supaya tidak mengurangi capasitas pendinginan.

      Selamat mencoba.

      Delete
    2. air dryer sudah dipasangkan pada instalasi kompresor tersebut tetapi hasilnya sama saja dan adakah opsi lain selain memasangkan dessicant dryer setelah output pada air dryer...apakah ada perhitungan mengenai menurunkan dew point tersebut?
      mohon jawabannya dan saya ucapkan terima kasih sebelumnya

      Delete
  13. salam kenal
    saya david sitio, saya bekerja di PT. best sun technologi indonesia, tangerang yang bergerak di bidang penjualan Screw air comppresor dengan seri:
    SA15A 20 HP
    22A 30 HP
    SA37A 50 HP
    SA55A 75 HP
    SA75A 100 HP
    SA90A 120 HP
    SA110A 150 HP
    Informasi detailnya dan harganya bisa menghubungi sy di :
    081370212978
    08111040246
    238c0b43
    sitio_david@yahoo.co.id
    david030978@gmail.com

    ReplyDelete
  14. trimakasih untuk yang punya lapak mas, dedy londong....
    saya ingin menawarkan kerja sama untuk perawatan kompressor dan refrigeration system, (air dryer,chiller dan lain2).
    perusahaan kami telah bekerja sama dengan beberapa distributor merk kompressor
    sperti, ATLAS COPCO,KOBELCO,INGERSOLLRAND.DAN SULLAIR. dan beberapa merk asing yang telah kami tangani,
    kesipulanya, apapun merk kompressor yang bapak miliki, dngan kmampuan serta pengalaman kami di bidang kompressor dan refrigerant system, semoga kami dapat memenuhi kebutuhan maintenance kompressor (untuk part, baik original maupun oem dapat kami usahakandi pabrik bapak... sesuai dengan permintaan)
    hubungi kami :
    hendra mobile:08561891773 (teknisi)

    http://www.aztekengineering.co.id/

    ReplyDelete
  15. Indonesian please...
    Why you wrote "oil filter" rather than "saringan oli" sir...? Is it to odd using the translation? Or is it you don't have the complete dictionary at your place? Be proud using Indonesian language sir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebayy!
      Please, focus pada topic.

      Delete
    2. cari blog bahasa gih sono

      Delete
  16. Salam kenal

    Saya dari Pt. Sharprindo Dinamika Prima merupakan perusahaan manufaktur dibidang kompresor angin
    Menyediakan berbagai macam kompressor dari kapasita 1 HP s/d 400 HP

    Dengan model / type mulai dari
    1. Kompressor Piston
    2. Kompressor Scroll
    3. Kompressor Screw

    Lebih jelas bisa hub:

    Rienda andriana
    022_9296.9763 / 0878.2426.7559 / 0822.6223.9799
    Pin bb 262493D4

    Email : riendaandriana@yahoo.com
    Atau sdp2shark.indonetwork.co.id

    ReplyDelete
  17. Salam kenal,

    Mohon ijin untuk Agan Dedi Londong untuk iklan di blog agan.

    Saya dari CV. ASCJAYA yang bergerak dibidang overhaul screw compressor dan rental unit scew compressor.
    Kami siap untuk bekerjasama dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul pada unit compressor rekan-rekan,
    Kami berpengalaman dalam pekerjaan overhaul screw compressor merk Atlas Copco, Kobelco, Sullair, Kaeser, Abag, Allup, Boge, Hitachi, Mitsuseiki, Airman, dan masih banyak lagi merk screw compressor yang lain.
    Untuk Unit Rental, kami menyediakan unit screw compressor dari berbagai merk dengan beasaran motor yang bervariasi dari 15 KW s/d 110 KW.

    Untuk lebih lanjut, bisa rekan-rekan lihat di web kami : http//:www.ascjaya.com
    atau bisa langsung kontak saya di :
    - 085217111136
    - 021 36825340

    Salam


    M. Bahrodin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan saya nanya soal atlas copco dong... habis libur sehari mau jalan trus ada tulisan "oil injection pressure low"
      Kira2 apanya ya??? Terimakasih...

      Delete
  18. mas kalau mau tanya tanya biar nambah ilmu boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas mw tanya gmn mengriset alarm oil vilter

      Delete
  19. salam kenal
    saya omiyatul ichwan
    saya punya masalah compresor atlas copco GA30, comp saya ini sering overheat setiap 15 menit sekali, padahal oil,oil filter,oil separator,thermostatic valve, udah ganti selama 5 hari yang lalu, bahkan cooling fin jg sudah sya bersihkan 3 kali selama 2 hari tp msh tetp overheat.
    mohon bantuanya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek bearing shaft screw. Jika bearing aus, oli untuk pelumasan dititik ini akan overheat. Perhatikan area body screw compressor di area rumah bearing, apakah ada tanda2 over heat, cat mengelupas dll?

      Delete
    2. Salam Pak Omiyatul,

      Jika boleh saya sarankan, pada compresor Atlas-Copco memang sering terjadi hal demikian pada Screw Compressor Atlas yg usianya 4-5 tahun keatas...
      Coba bpk ganti di Solenoid Thermostatic nya, biasanya rusak di bagian itu Pak,

      Jika kurang jelas boleh menghubungi saya di 0877 41690046

      Delete
    3. Salam pak Omiyatul

      Saya cuma sarankan coba bapak check di bearing nya.
      Terkadang jika Bearing sudah ada keretakan atau kerusakan, maka screw tidak center lagi dan itu mengakibatkan heat yang tidak diketahui.

      Trimakasih

      Delete
  20. Salam Kenal Pak Dedy,
    Saya pratman dr tangerang.Terima artikle bpk sdh banyak memberi sy ilmu mdh mdhan bpk panjang umur n sehat selalu.
    Saya pnya masalah tentang schedule perawatan overhaul ataupun maintenance compresor.Kbetulan difactory sy ada hampir 10 Unit compresor yang rata2 hampir full running ON setiap hari.Kondisi running ON ini harus menjaga tekanan miminal 6.5 kg di area produksi sistem pemipaannya agak panjang & jauh.Jika salah satu breakdown maka kondisi pressure tidak terjaga lg artinya dibawah 6.5 Kg. kondisi ini yang tidak bisa dipakai oleh produksi sebab
    barang tidak jadi. mungkin bapak pnya schedule untuk masalah pengecekan overhaul atau maintenance berkala yng selama ini kami lakukan hanya daily check.Demikian pak dr sy
    Salam
    Note: klo berkenan mngkin bs send file pak jika pnya ke watashipratman@gmail.com

    ReplyDelete
  21. mas dedy mohon petunjuk mengapa oli compressor menjadi berwarna putih padahal oli nya baru oli yg kami pakai olimineraldan penyebabnya apa trima kasih untuk jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami bidang Pelumas juga Mas. Boleh tahu Compresor mas Satriono merek apa,pakai pelumas ISO berapa,atau SAE berapa? Oli sampai warna putih biasanya kaitannya bercampur dengan air,atau udara yang sangat lembab di sekitar kompresor yang mana saringan udaranya-pun sedikit bermasalah.
      Kami sarankan oli bekasnya dikirimkan ke LABORATORIUM,selama ini kami sering gunakan CORE-LAB yang di Jl.Cilandak Jakarta. Hasil Lab nanti akan menunjukkan berapa % airnya. Biasanya untuk kompresor kadar air tidak boleh lebih dari 0,2 %. Selamat mencoba!!

      Delete
    2. Betul yang disarankan Pak pantas, silahkan cek kondsisi Filter udara. Apakah ada yang rusak?
      Pendingin yang digunakan apakah menggunakan udara (cooling fan) apa liquid ya.
      Tq

      Delete
    3. mungkin suhu ruangan mengandung lembab air sehingga di hisap oleh kompresor. atau mungkin temperatur kompresor anda terlalu rendah (dibawah 70 derajat celcius), hal ini bisa menyebabkan ada banyak kandungan air

      Delete
  22. Selamat pagi mas,
    masu tanya, saya ada permasalahan di komp kointec,
    permasalahan nya:
    kan menggunakan start delta,
    saat di jalankan pada posisi start putaran motornya lamabat dengan ampere 200A, setelah pindah ke delta putaran nya normal (cepat) dengan ampere 100A,

    saya kompersi dengan komp yang lain, saat start putaran motor nya normal tidak lambat,

    mohon pencarahannya mas,

    satu lagi untuk mensetting timer start detla dimana nya ya pak?

    ReplyDelete
  23. Numpang Jual Gan...

    Dijual Motor Listrik Compressor 75 Kw & 130 Kw

    Hubungi 081212974060
    Pin BB 220758 dd

    Siap Replace All Filter All Brand....

    ReplyDelete
  24. Salam Kenal Pak Dedy,
    Saya riko dr lampung.Terima kasih artikle bpk sdh banyak memberi sy ilmu mdh mdhan bpk panjang umur n sehat selalu.
    Saya punya masalah pada compresor dyna.yaitu masih banyak nya oli yang terbawa oleh udara.sementara untuk filter separator sudah di ganti baru.mohon pencerahaan nya pa dedy.sebelumnya terima kasih banyak kepada anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Pak Riko,

      Coba anda pasangkan pada instalasinya Air filter & Air Dryer, itu berfungsi sebagai penyaring oli&uap Air yg terbawa oleh udara kompressor

      Silahkan hub Saya Hp: 0877 4169 0046

      Delete
    2. Dear Pak Riko,
      untuk permasalahan oli yang terbawa ke line produksi dapat di cek oil separator ( ganti baru ), scavenge line ( berfungsi atau tidak membawa kembali oli yang terfilter di oil separator.

      PT. MultiKom Servis
      Head office & Workshop
      Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
      Phone : ( 021 ) 74639491
      Fax : ( 021 ) 74639492
      E-mail : marketing@multikomservis.com

      Delete
  25. Salam Pak Dedy,

    Sy dan rekan berencana melakukan overhoule Airman Compressor Screw, Type : SWS 55S dan SWS 125 dan dalam hal ini kami kesulitan untuk membeli Spare parts kitnya. Bila berkenan dan mengetahui mohon referensi utk pembelian parts kit Airman Compressor type tsb diatas.

    Terima kasih

    Salam

    Ikhwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan sekali Bung Ikhwan, minggu depan ada pameran manufacture ( electrical & power ) di Kemayoran, Jakarta. Saya referensikan anda juga datang.

      Delete
    2. Pak Ikhwan, silahkan hubungi saya untuk Part Mainkit Airman genuie Hp: 0877 4169 0046

      Delete
  26. Kompressor kami airmn pds175
    Saat di hidupkan udara tidak pernah lebih dari 3bar
    Saat di buka anginya langsung habis
    Jadi tidak bisa di gunakan
    Saat di coba ganti oli kompressornya waktu di hidupkan
    Oli nya malah mengalir ke selang2 yang kecil dan over heat
    Ada solusi?
    Dan apa jenis oli kompressor untuk airman pds 175 dan 125

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kompressor mungkin sudah waktunya Overhaul Pak, jd screw pemampatannya tidak presisi sehingga anginnya sedikit.

      Silahkan bpk hub ke: 0877 4169 0046

      Delete
  27. salam pak Dedi

    saya bekrja sbagai maintnence kompresor di FTI terdapat 7 kompresor stiap sya menangani masalah kompresor screw
    pada over heting baru kali ini pada kmpresor 3 terjadi over tempratur setelah saya teliti panas yang di hasilkan pada rumah scruw ternyata bearing aus stlah saya ganti masih tetap panas oil baru, yang jadi permasalahan setiap pngaturan otomatis load temperatur naik sangat cepat jika manual tmpratur bagus ,mohon solusinya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek blok manifold oil filter. Jika mekanisme pembagi didalmnya macet. Distribusi ili ke bearing screw padti terhamvat. Blok Diganti baru jika perlu. Trims

      Delete
    2. Coba di cek blok manifold oil filter. Jika mekanisme pembagi didalmnya macet. Distribusi ili ke bearing screw padti terhamvat. Blok Diganti baru jika perlu. Trims

      Delete
  28. kalau namaku nity aku sales compressor screw merk BOGE ( Best Of German Engineering) BOGE memiliki desigh yang simple dan mentens nya gampang,untuk lebih lengkapnya boleh di buka web nya di www.boge.com atau call me in 081210063812 thank friend

    ReplyDelete
  29. Pak dedi tolong tanya saya mempunyai semi hermatic compressor ac 80PK dengan memakai R-22,
    saya tolong tanya idealnya untuk parameter:LO,HP.OP

    terima kasih

    ReplyDelete
  30. Salam super, Pak Dedy

    Saya sedang cari bahan untuk coating pada oil-free compressor. Mohon pencerahan

    Terima kasih
    Yoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam,

      Bapak bisa coba datang ke workshop kami untuk hal tersebut

      PT. MultiKom Servis
      Head office & Workshop
      Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
      Phone : ( 021 ) 74639491
      Fax : ( 021 ) 74639492
      E-mail : marketing@multikomservis.com

      Delete
  31. Mas Bro mau tanya. Berapa kebutuhan air flow capacity compressor yang semestinya untuk mensuply mesin blowing dengan produksi gerigen 10Liter
    perlu diketahui di dalam manual book mesin air flow comsumtion 2,5 m3/men 6-8bar
    saya tanyakan untuk memastikan kebutuhan minimumnya. Mohon pencerahannya. Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam untuk mas dedy pemilik Akun,

      Mas Zulkarnaen,
      saya merekomendasikan screw kompressor dengan Capacity (2,5m3/min + 20% agar supaya kompressor bisa load-unload normal/ tidak berbeban full) jadi Capacity = 3m3/min atau biasa menggunakan 30HP / 22kW

      Mas bisa konsultasi teknis & juga penempatan yg ideal tuk kompressor pada saya,.

      Hubungi Saya di Mobile: 0877 4169 0046
      Or PIN BB: 24ed5bd7

      Terimakasih,
      Salam Sukses Semua

      Delete
  32. salam semua..
    kami mau jual lengkap screw compressor kaesar sk 24 berikut air dryernya tahun 2009/2010 berhubung mau ganti yang lebih besar kapasitasnya. Saat ini kondisi masih bagus dan dipakai normal.Jika da yang berminat silahkan dihubungi ke 081364584351. Lokasi Tangerang

    trims
    Pontoh

    ReplyDelete
  33. saya habibi, membutuhkan kompresor bekas.. klo ada yg ngejual tlg hub saya by Email : habibi@kokusei-kogyo.co.jp Terimakasih

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Mas bro saya mau tanya, apa penyebab dari naiknya airend discharge tempr, dan dimana posisi airend disch tempr itu berada, merk mesin nya kaeser tipe fsd571, 315 kw
    Mohon penjelasan nya mas
    Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bro, untuk trouble yang kaeser , biasanya dari sirkulasi oli yang kurang baik, atau dari sistem pendingin nya yang bermasalah,untuk sensor temperatur ada di screw yang di bagian belakang. jika itu sudah ok, berarti dari masalah screw nya yang harus di overhaul. untuk sharing bisa contac di hp saya 081319641222

      Delete
  36. salam mas Dedy
    kompresor saya bermasalah ada kebocoran pada air coolernya, beberapa waktu lalu sudah dilas alumunium tetapi jadi makin melebar terus, ada ga ya tukang las alumunium yang bagus didaerah cikarang dan sekitarnya. mohon infonya ya gan...

    ReplyDelete
  37. Salam mas dedy,,,
    thanks, atas infonya...sangat membantu sekali.....

    jika boleh tanya,
    schedule rutin apa saja untuk maintenance kompresor...jika tidak keberatan, saya minta bantuannya formnya....

    bisa send email ke saya : aanmatt@yahoo.com

    thanks n rgrd,
    hasan

    ReplyDelete
  38. Dear All,

    Please inform jika ada teman atau kerabat yg mau menjadi teknisi dessicant dryer atau yang biasa handle/overhaul compressor di kantor kami.
    Cp Ruben 08174808803..Kantor berada di Meruya jakarta barat atau email hrd.ditajaya@gmail.com

    Thnx

    ReplyDelete
  39. PT. Ometraco Arya Samanta
    Sole Agent BOGE compressor (Germany)

    BOGE product:
    Screw compressor Oil Injected & Oil free 4 kW - 355 kW (7,5 - 13 bar)
    Piston compressor 1,5 kW - 30 kW (8 - 35 bar)
    Piston Booster compressor up to 40 bar
    Compressed air treatmen (Referigrant - Dessicant Dryer, Filter, Automatic drain, Air Receiver Tank dan accessories lainnya.

    B. Heriwibowo
    Sales Engineer
    Hp. 0853 1056 8747
    Email: b.heriwibowo@gmail.com
    Pin bb: 2a5a3f60

    PT. Ometraco Arya Samanta
    Jl. Daan Mogot Km.12 No.9
    Jakarta.

    ReplyDelete
  40. salam kenal pak Dedi

    saya bekrja sbagai maintnence compresor screw kaeser dsd 241
    baru kali ini pada kmpresor kaeser dsd 241 itu terjadi over heat ,terjadi over tempratur setelah saya teliti panas yang di hasilkan pada rumah screw keluar asap,oil cooler panas untuk pipa aliran air in,out pada cooler tidak berfungsi dengan baik ,mohon solusinya mas trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. overheating pada air compressor bisa kita lacak dari beberapa tahapan.
      periksa oli pada air compressor anda, filter - filter, delta T pada in dan out oil cooler, noise pada screw, dan sensor.

      PT. MultiKom Servis
      Head office & Workshop
      Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
      Phone : ( 021 ) 74639491
      Fax : ( 021 ) 74639492
      E-mail : marketing@multikomservis.com

      Delete
  41. PT. MultiKom Servis
    Head office & Workshop
    Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
    Phone : ( 021 ) 74639491
    Fax : ( 021 ) 74639492
    E-mail : marketing@multikomservis.com

    ReplyDelete
  42. Salam kenal pak Dedi,

    di factory saya pakai compressor Kointec 75KW dan 55KW neh,

    permasalahannya,
    * ampere yang di compressore 75KW terbaca pada ampere meter 148 A,
    standardnya 140A (pada name plate)
    * Comp 55KW terbaca 115 A, Standard 103 A (Name Plate)

    sebab nya kenapa ya mas?
    mohon sarannya mas untuk mengatasi ampere tinggi ini,


    Terimakasih,

    ReplyDelete
  43. pak mau tanya cara menguras oli chiller sentrifugal yang benar gimana ya?
    makasih

    ReplyDelete
  44. mau tanya mas.,kompresor kaeser termasuk jenis apa ya...?

    ReplyDelete
  45. Postinga yg sangat membantu. MAs mau tanya...Apa nama komponen yang terbuat dari karet yang menghubungkan antara mesin (main Motor) keruang screw.komponen terbuat dari karet itu patah akibat bering tidak berputar. oh iya,kompresor trsbt ber Merek Altas Copco tipe XAS96

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Pak Mali Ong,

      Par itu disebut Ellastomer atau biasa Couple, biasa dipakai untuk Tipe Direc,..
      Jika berkenan Saya dapat berkunjung ke Produksi Bpk & mencarikan Solusi Atau Partnya,..
      Hp Saya : 087741690046

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf agak melenceng dari tema,Saya mau tanya cara untuk mengukur angin pada tiap mesin produksi gmana ya caranya? untuk menentukan besarnya mesin kompressor yang akan saya pasang. misal kalau pengukuran beban listrik kita menggunakan tang amper, kalau beban angin Alatnya apa ya? mohon penjelasanya trimakasih, Fadli Surabaya.

      Delete
    2. Salam Pak Rahmad,
      Emailnya sudah saya Reply, mohon maaf Agak telat karena banyak email n pertanyaan yg masuk, tapi pasti sebisa saya akan saya jawab,.
      terimakasih

      Delete
  47. HALLO SALAM KENAL PA Dedy , sy sedang mencari part part untuk kompresor airman pds 655 bermesin diesel untuk wilayah bandung sekitarnya.. apa Pa Dedy ada rekomendasi yg harganya bersahaja tentu nya Pa...
    Dan bila kawan2 ada info tolong di email datanya ke saya
    derinyohansha@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  48. Salam kenal P.Dedy ,
    Saya msh baru dlm menangani screw comp.
    Unit yg kami pakai kaeser SK25.
    Kami mengalami problem oil filter bocor , kendalanya kami tidak pny sigma oil yg direkomendasikan.
    Oli apa yg bisa sya pakai sebagai gantinya ya?
    Mohon pencerahannya.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pak, jika masalah seperti itu oli bisa diganti dengan spec viscocity yang sama yaitu 46. jika berminat saya bisa membantu
      untuk contac hp saya 081319641222

      Delete
  49. Slm kenal pak, artikel yg sngat berguna, nama saya ashari pekerjaan sehari-hari ngurus kompresor dan dryer, ada yg mau saya tanyakan dan mungkin sudah ada yg mencobanya, jika kelembaban udara (%RH) pd air intake kompresor (udara luar yg akan dihisap kompresor kita olah sedemikian rupa agar %RH turun) apakah kondensasi pada udara tekan yg dihasilkan kompresor jg akan menurun (syukur2) hilang? Bg yg sudah uji coba mohon di share, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Pak Ashari, saya Rendro. kita ngobrol santai ya pak.
      kalau dalam ilmunya sih kita tidak akan dapat menghilangkan yang namanya H2O dalam udara, apalagi di Indonesia. apalagi setelah udara tersebut di kompres atau bertekanan. solusinya adalah ya yang Bapak urus itu ( dryer ).
      pemilihan spek dryer juga harus tepat apalagi untuk udara indonesia yang tingkat kelembabanya lumayan tinggi, kemudian instalasi dryer juga harus benar.
      nomor WA biar bisa sharing lebih santai...

      Delete
    2. Slm kenal Pak Ashari, sekedar mau Share informasi saja.
      Pada dasarnya kelembaban udara iklim di Indonesia memiliki Nilai %RH 60-70%, pada tekanan 1Atm, Lalu dihisap melalui Intake Screw sampai terjadi proses kompresi maka yg terjadi %RH menjadi 100% dikarenakan yg terkompresi hanya udaranya saja uap air tetap, itulah yg menimbulkan adanya kondensasi..
      Cara mengatasi berlebihannya Kondensasi adalah :
      1.Pemilihan Compressor yg menggunakan Air Separator (bisa juga menggunakannya secara External Separator pada Output Compressor) biasanya ada pada Outputnya.
      2. Pada Tangki Penyimpan udara dipakai Automatic Drain (pembuang air Otomatis) karena terjadi kondensasi lumayan besar didalam Tangki.
      3. pemilihan Kapasitas Air Dryer yg agak lebih besar dari kapasitas Flow Screw,(Harus sering juga diperhatikan Automatic Drain nya, ini sering di abaikan padahal fungsinya sangat inti pada sistem Air Dryer).

      Maaf jika Penjelasan saya terbatas & singkat, jika Anda berkenan saya dapat memberikan Training penjelasannya secara detail, untuk itu Kami sangat nantikan undangan dari Anda,. Hub Saya di 081281999746 email: denny.ar86@gmail.com
      Terimakasih

      Delete
    3. Slm kenal Pak Ashari, sekedar mau Share informasi saja.
      Pada dasarnya kelembaban udara iklim di Indonesia memiliki Nilai %RH 60-70%, pada tekanan 1Atm, Lalu dihisap melalui Intake Screw sampai terjadi proses kompresi maka yg terjadi %RH menjadi 100% dikarenakan yg terkompresi hanya udaranya saja uap air tetap, itulah yg menimbulkan adanya kondensasi..
      Cara mengatasi berlebihannya Kondensasi adalah :
      1.Pemilihan Compressor yg menggunakan Air Separator (bisa juga menggunakannya secara External Separator pada Output Compressor) biasanya ada pada Outputnya.
      2. Pada Tangki Penyimpan udara dipakai Automatic Drain (pembuang air Otomatis) karena terjadi kondensasi lumayan besar didalam Tangki.
      3. pemilihan Kapasitas Air Dryer yg agak lebih besar dari kapasitas Flow Screw,(Harus sering juga diperhatikan Automatic Drain nya, ini sering di abaikan padahal fungsinya sangat inti pada sistem Air Dryer).

      Maaf jika Penjelasan saya terbatas & singkat, jika Anda berkenan saya dapat memberikan Training penjelasannya secara detail, untuk itu Kami sangat nantikan undangan dari Anda,. Hub Saya di 081281999746 email: denny.ar86@gmail.com
      Terimakasih

      Delete
  50. SK POWER Compressor, Powered by Germany Technology, GOOD Quality but LOW PRICE... email: sk.intipersada@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Salam kenal Mas Dedy

    Ada hal yg ingin saya tanyakan
    1. Apa resiko jika kompresor load terus tanpa unload dlm 24 jam?
    2. apakah karena load terlalu lama sehingga kompresor shutdown dengan sendirinya?
    3.Terjadi indikasi alarm pada separator padahal baru 1 minggu diganti berserta oil dan filternya

    kompresor merk sulair kapasitas 7 bar

    mohon pencerahannya mas Dedy
    terimakasih
    mohon mas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Pak Wakoer,

      Sebelumnya terimakasih lapaknya Mas dedy,
      Saya dr Chicago Compressor USA Atlas Copco Group PIN: 529B2946 / 081281999746

      1. dlm hal load - unload secara Aktual sya menyarankan lbh bagus load full 24jam (diberikan 1unit back-up bergantian running), pun kalau terpaksa hanya 1 unit saja tdk apa2, hanya pemakaian consumable partnya saja yg harus sesuai jadwalnya,..

      2. jika Shutdown dgn sendirinya berarti ada indikasi Overhit (Panas terlalu tinggi) coba cek part2 apakah sudah sesuai atau sudah habis massa kerjanya.. ini yg menyebabkan suhu compressor menjadi panas, bisa jg kondisi Fan nya apakah normal atau tertutup debu sehingga menghambat pelepasan panas dlm compressor.

      3. terjadi indikasi Alarm pada separator mungkin karena pada saat pergantian part separator lupa untuk mereset life hour pada indikator separator di PLC...

      kami bersedia melakukan kunjungan Free untuk memberikan solusi di Produksi Anda Hub No. di atas

      Terimakasih

      Delete
    2. Saya setuju saran pak arif.
      Sebaiknya menambah unit xompressor baru.
      Karena jika compressor load 24 jam, ada indikasi kapasitas kompressor kurang besar pak.

      Jika anda di jawa timur, bisa call kami
      081553003615

      Semoga kami bisa membantu

      Salam
      Jumadi scr

      Delete
  52. DENAIR Air Compressor, germany technology menyediakan segala jenis kompresor, mulai dari piston, screw, variable, energy saver, combine, portable, electric dll mulai dari 7HP sampai diatas 100HP, peralatan spt air dryer, air filter dll

    Mengapa DENAIR?
    1. kualitas eropa harga asia (factory price)
    2. mempunyai kantor perwakilan di surabaya
    3. after sales service yang profesional
    4. maintenance dan sparepart ready
    5. garansi 1 tahun
    6. bersertifikat CE dan ISO 9001 (sertifikasi standar eropa)

    Tidak hanya menjual produk, kami juga menjual service dan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan setia kami. Segera buktikan!!!

    website : www.denairgroup.net
    no. hp : 081 33661 8989
    alamat : Graha Pena Lt.16, Jl. A Yani No. 88, Surabaya

    ReplyDelete
  53. Salam kenal Mas Dedy,

    Saya nanya soal Screw Compressor, Olinya berkurang terus setelah kita ganti separator Oli apakah Separatornya tidak bagus? Sebelum ganti separator kita tidak ada masalah dengan oli yang berkurang. setelah ganti separator baru beberapa hari kita sudah nambah lagi dan dari air buangan tangki terlihat awalnya putih lalu berubah ke coklatan seperti ada kandungan oli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rizal Salam,

      Oli terbawa / lolos ke filter line, mungkin karena separator tidak bagus (Original), kemungkinan jg Pemakaian Viscositas Oil kurang Sesuai rekomendasi misal Rekomendasi 68 mass pilih yg 32 atau 46.
      Atau bisa juga pemasangan separator kurang Pass di pipaone way oil, jd oil selalu terbawa ke udara..

      Saya dr Chicago Compressor USA Atlas Copco Group PIN: 529B2946 / 081281999746
      kami bersedia melakukan kunjungan Free untuk memberikan solusi di Produksi Anda Hub No. di atas

      Delete
  54. SK POWER Screw Air Compressor
    Powered by Germany Technology.
    GOOD QUALITY But LOW PRICE

    Tersedia 5 s/d 400 HP (Air/water Cooling)
    Simple Operating but Easy Maintenance and spare parts.

    Garansi : 2 tahun
    Free Service S E L A M A N Y A ...!!!

    Hubungi :

    Suwandono
    PT. SK INTI PERSADA
    Telp: 021-84311673
    HP. 0813 1883 5327
    Email: sk.intipersada@gmail.com

    ReplyDelete
  55. yth

    terima kasih atas informasi nya. bolhe saya bertanya, bagaimana cara nya menurunkan pressure pada compressor Atlas Copco Oil-Free Compressor
    Max. Working Pressure:8 bar (116 psig)
    Free air delivery: 6.6 I/s(14 cfm)
    Installed motor Power: 3.7 kW (5 hp)
    Voltage Siutable for: 400 V/ 50 Hz/3 ph
    include air dryer

    karena waktu di tes pertama, ketinggian pressure nya, mohon informasi
    atas jawaban nya saya ucapkan terima kasih banyak
    zakkir
    cv.sothena@gmail.com

    ReplyDelete
  56. hallo semua nya,,,,

    oh iya apabila ada trouble dalam masalah compressor pak perusahaan kami PT SEMERU TEKNIK MEGATAMA general sparepart compressor dapat membantu dan menyelesaikan masalah compressor anda. apabila ada kebutuhan atau trouble bisa hubungi saya.


    Regards
    Lola Karina
    081210743596

    ReplyDelete
  57. Hallo kami PT SEMERU TEKNIK MEGATAMA bergerak di bidang general sparepart dan jasa kompressor angin merek eropa dan jepang. kami memilki trading di singapore dan jepang. harga di kami pun lebih murah dari distributor bisa sampai 10-15%. apabila ada kebetuhan jasa atau sparepart bisa hubungi kami.
    terimaksih

    Regards
    Lola Karina
    081210743596

    ReplyDelete
  58. misi gan mau tanya, apa penyebab berkurangnya oli pada kompresor tipe GA 11 merk atlas copco.mohon pencerahannya.terimakasih

    ReplyDelete
  59. kalau oli lolos biasanya di karenakan oil separator yang sudah waktunya di ganti/ kurang baik. bisa juga ada sirkulasi yang tersumbat seperti scavenger line/ atau oil return valve nya . untuk sharing lebih lanjut bisa hubungi saya 085606641222

    ReplyDelete
  60. mas mau tanya kalo masalah oil sink temperature pada chiller tipe ygas 300 tr ..biasanya apanya yang di cek terlebih dahuluu mas,,tolong bantuannya mas,,trima kasih

    ReplyDelete
  61. mas mau tanya kalo masalah oil sink temperature pada chiller tipe ygas 300 tr ..biasanya apanya yang di cek terlebih dahuluu mas,,tolong bantuannya mas,,trima kasih

    ReplyDelete
  62. Salam kenal mas,
    kebetulan sekali mas artikelnya sangat membantu.... tapi saya ada masalah lain nih mas . . .
    kalo untuk menghitung kapasitas kompressor bagaimana ya mas detailnya ?
    soalnya kalo hanya menggunakan rumus Q=P/A saya cukup kesulitan mas
    mohon bantuannya
    terima kasih

    ReplyDelete
  63. numpang share gan. just info ada unit secong atlas copco GA 90&GA110 tahun 1994 total ada 5 unit.modul mk3 kondisi masih runing di pbrik. harga 100 jtan. kaeser sk 26 thun 2000 an. modul sigma control. harga kisaran 40jt kondisi ok. minat hubungi 085606641222

    ReplyDelete
  64. pa saya punya compresor 10 pk ,mitsubhishi. di pake baru 2 minggu ,sekarang sudah masalah ilang compresi.kondisi compresor nyala tp tdk ada compresi nya.bagai man cara mengatasi nya pa

    ReplyDelete
  65. pa saya punya compresor 10 pk ,mitsubhishi. di pake baru 2 minggu ,sekarang sudah masalah ilang compresi.kondisi compresor nyala tp tdk ada compresi nya.bagai man cara mengatasi nya pa

    ReplyDelete
  66. Saya mau tanya, apakah screw compresor memerlukan radiator untuk pendinginnya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  67. salam kenal

    Ijinkan kami memperkenalkan perusahaan kami PT. TirtaJaya Lumasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelumasan premium yang mempunyai ketahanan terhadap Temperatur tinggi, tahan gesekan, tahan tekanan tinggi dan mempunyai ketahanan air dan lingkungan extreme.
    Produk produk pelumas dan cleaner kami juga memiliki kemampuan dalam:
    Vanish free- tidak menimbulkan kerak
    Vanish cleaner – membersihkan kerak lama
    Non foaming-tidak berbuih
    Longer life time – umur kerja mesin lebih lama
    Oil carry over yang lebih rendah
    Flash point yang tinggi (245ºc-275 ºc)
    Ketahan terhadap oksidasi
    Tidak ada deposit/kerak
    Titik leleh yang rendah
    Viscositas yang lebih stabil terhadap panas mesin
    Menurunkan temperature kerja mesin
    Melindungin sirkulasi terhadap korosi
    Menghemat pemakaian energy listrik
    Kompatibilitas tinggi terhadap seals, connection dll
    Pelumas dan pendingin yang efisien
    Penggunaan pada: gearboxes, high pressure air compressors, rantai
    kami siap membantu konsultasi, presentasi dan menyediakan produk-produk tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya dari Bapak / Ibu kami ucapkan terimakasih.

    Many thanks
    Christyanto
    081287319587
    Brosur Product PT. TIRTAJAYA LUMASINDO dapat didownload pada link berikut:
    http://ultracheminc.com/technical-data-sheets/
    http://www.jax.com/pressure-lube-prod…/industrial-lubricants

    ReplyDelete
  68. selamat malam... mau tanya mas.... merk atlas copco di tangki oli ada air... itu kira kira apanya ya mas... terimakasih... salam kenal dr saya herdy...

    ReplyDelete
  69. Bro, kompressor saya Ingersoll Rand Siera, ada masalah tidak bisa running, muncul indikasi "Low Oil Pressure", apa aja yg harus saya check, mohon pencerahannya, thx

    ReplyDelete
  70. Tolong share contact teknisi screw compressor yg bisa perbaikan masalah overheating pada compressor Wuxi 75kW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi saya aja pak. 085606641222

      Delete
    2. Pak hendriansyah,
      Salam kenal pak.
      Bapak yg ada di sumatra kah..??

      Bapak bisa wasap atau tlp saya di 081553003615
      Mungkin saya bisa bantu pak.

      Salam,
      Jumadi scr

      Delete
    3. Pak hendriansyah,
      Salam kenal pak.
      Bapak yg ada di sumatra kah..??

      Bapak bisa wasap atau tlp saya di 081553003615
      Mungkin saya bisa bantu pak.

      Salam,
      Jumadi scr

      Delete
  71. Salam engineer pak Dedy.

    Saya teknisi spesialis screw air compressor dan water chiller.
    Lokasi saya di surabaya, saya bisa support untuk seluruh area jawa timur dan sebagian jawa tengah serta bali.

    Saya menangani perbaikan mesin screw air compressor dan water chiller.
    Terima kasih buat pek dedy yang berkenan share pengetahuan.
    Semoga dapat memberikan manfaat bagi teman2 sesama engineer.

    Jika ada yang membutuhkan technical support untuk screw air compressor mohon bisa menghubungi kami.

    Teknik Utama
    Kawasan industri km,28 Driyorejo Gresik
    Tlp.031 8982322
    Fax. 031 8970863
    Hp/ wasap. 081553003615
    Email. scr.surabaya@gmail.com
    www.teknikutama.com
    www.teknikutama.co.id

    Dwngan senang hati kami akan memberikan support kepada anda.

    Salam engineer,
    Jumadi scr.

    ReplyDelete
  72. Halo mas bro..mau nanya nih.. ditempat saya menggunakan air compressor Adekom.. mau cari spare part nya dimana ya,,, ni saya lagi nyari spare part Thermostatic nya 3020015.. mohon gan yang tau soalnya beli di vendornya langsung mahal banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda ada di Jawa Timur Bisa menghubungi kami

      Teknik Utama
      Hp/WA. 081553003615

      Delete
    2. Jika lokasi di jakarta - tangerang, bisa saya survei kepabrik anda tuk visit Kompressornya.
      saya juga bisa Supply Part Compressor berbagai merk lain

      Call Urgent: 0812 81999746 (WA)
      Siap memberikan solusi terbaik untuk Problem Anda

      Delete
  73. maaf mas mau tanya, sy menggunakan kompresor DENAIR DA-50A (Double Screw),apa ya yg menyebabkan V-belt motor cepat rusak (putus), dimana pada pully terasa lebih panas. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Pak Ishari,
      Kemungkinan penyebab V belt sering putus ada beberapa hal.
      diantaranya karena Alur pully sudah aus sehingga sudah tajam, atau karena beban airend yang sangat berat sehingga factor slip pada belt tinggi.
      jika airend sdh berat putarannya, kemungkina bearing airend sdh aus.

      jika anda di Jawa timur anda bisa menghubungi kami guna support lebih lanjut.

      Teknik Utama
      Kawasan Industri Km,26 Driyorejo Gresik
      Gudang Legundi RT.6 RW. 2 Krikilan Driyorejo Gresik.
      T/F. 031 8981322 / 031 8970863
      HP/WA. 081553003615
      email : scr.surabaya@gmail.com

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. ane punya masalah nih gan,kompresor swan TCS-55cs-1 angin tercampur dengan oli...separator udah diganti,filter oli udah diganti...kira2 apa penyebabnya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Pak Arief Ahmad,

      Untuk masalah Angin tercampur oli pada Line Produksi dikarenakan Oli Compressor terbawa tanpa adanya pemisahan Separated, namun bisa jg dikarenakan Pipa Oil 1way tersumbat sehingga oli sisa pada separator tidak terhisab lagi ke Airend itu yg memungkinkan oli terbawa ke line Produksi.

      Saran:
      1. Bersihkan Pipa 1way pada Tangki Separator
      2. Gunakan Filter Line setelah Out Put udara pada Compressor (Pre & After Filter).

      Salam Solusi,

      Denny AR 0812 81999746(WA)
      Email: denny.ar86@gmail.com

      Delete
  76. Salam kenal mas Dedi..
    Selamat pagi..
    Saya ada masalah pada kompresor atlas copco tipe GXe7FF,yaitu air selalu masuk terbawa hingga ke separation tank,saya sudah coba ganti satu set oil sep,oil fiter dan air filter tp masih aja ada air yg terbawa..
    Sebelum nya terimakasih..
    Mohon pencerahan nya..

    Sukses selalu..
    Terimakasih

    ReplyDelete
  77. Salam kenal mas saya mau tanya soal kompresor kaeser bsd 75.. Sering mati2 sendiri sedangkan pesan yg di tampilkan temperature ADT.. mohon pencerahannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Angel,

      itu menunjukan indikasi Compressor Overhit (PAnas berlebih),
      di cek Lifetime pemakaian Filter Oli&udara nya, separator jg terutama Oli screw nya.
      bisa juga telah habis masa kerjanya & harus pergantian.

      Sya bisa Supply Part tuk semua Merk Compressor

      Call Urgent: 0812 81999746 (WA)
      Siap memberikan solusi terbaik untuk Problem Anda

      Delete
    2. oil thermostat valve nya sudah nyumbat kali mas

      Delete
  78. Salam kenal mas bro,
    mau tnya soal kompresor saya merk Cecato Csm 15 maxi,kompresor sering overheating pdhal wktu pemakaian baru 490 Jam.
    tolong pencerahanya mas

    BR
    niman

    ReplyDelete
  79. Dear All

    Jika ada kebutuhan Air Compressors Type Oil Flooded or Oil Free, dapat menghubungi PT. Kobelindo Compressors (Kobelco Corp) :
    021 7827092 or 08111597776
    Pelanggan kami sudah lebih dari 3000 perusahaan sampai February 2016


    Best Regards,
    Danang Rony Saputra
    08111597776

    ReplyDelete
  80. Perlu Rental Kompressor screw oil injected dan oilfree untuk food beverage&farmacetical berbagai ukuran bisa hubungi saya Acep Hp 081386221517.

    ReplyDelete
  81. Dear Pak Ashellmy,

    saya yusup dari Pt Triputra Globalindo Pratama Spesialis compressor angin terutama di Ceccato compressor,
    mohon info untuk no telp yang dapat saya hubungi atau Contact ke saya di Nomor Telp 0821 1151 5226.
    Thx.

    ReplyDelete
  82. Selamat pagi mas.

    Saya mau tanya.
    Kompresor saya sering mengalami rusak pada thermo probe.
    Range pengukuran thermo probe 10-250 derajat celcius.
    Apakah mungkin dengan temperatur kerja kompresor 190 secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada thermo probe tersebut?

    Kompresor saya bekerja non-stop karena dihgunakan pada pembangkit listrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327

      Total Air Solution

      Delete
    2. Salam Pak Ismu,

      Pertanyaan Bpk ada beberapa ygbelum diketahui :

      1. Merk dan Jenis Compressornya, apakah tipe Screw Oil Inject atau Oil Free
      2. Pengukuran Thermo dilakukan pada bagian mana dari Compressornya
      3. Max temperatur yang diperbolehkan pada Kompressor jenis screw adalah 120 derajat C, jika bekerja lebih dari itu Alarm memberikan signal dan compressor shootdown, dan jika Alarm tidak bekerja maka kondisi bahaya karena part2 yg bekerja didalamnya tidak tahan panas hingga di atas 120 derajat apalagi hingga 190 derajat...

      mohon di cek kembali alat ukur dan teknik pengukurannya..

      Jika Compressor Bpk jenis Oil Free maka panas nya lebih tinggi sekitar 15% dari compressor Oil Inject..

      Salam,
      Denny AR
      WA 081281999746
      Mail : denny.ar86@gmail.com

      Delete
  83. saya punya mslh dengan compressor kyungwon 75kw mas, stlh dynamo d lilitan nya d perbaiki(di gulung ulang)bgtu di pasang kmbali pas compressor mau di hidupakn bgtu loading langsung trip ke pln. kira2 apa mslh nya mas mohon info dan bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika posisi di jabodetabek bisa kita inspection di tempat pak.untuk sharing bisa DI 081319641222/ 085606641222

      Delete
    2. Salam Pak,

      Mungkin bapak beralamat pabriknya di Subang ya, karena saya pernah kesana di satu Pabrik Garment..

      Untuk Masalah Compressor Bapak, biasanya jika motor sampai terbakar maka Contactor nta sudah dipastikan juga terbakar, maka Bpk perlu cek ke Kontaktornya Pak, dan perlu ada pergantian,..

      Salam,
      Denny AR
      WA 081281999746
      Mail : denny.ar86@gmail.com

      Delete
  84. saya punya mslh dengan compressor kyungwon 75kw mas, stlh dynamo d lilitan nya d perbaiki(di gulung ulang)bgtu di pasang kmbali pas compressor mau di hidupakn bgtu loading langsung trip ke pln. kira2 apa mslh nya mas mohon info dan bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327

      Total Air Solution

      Delete
  85. Permisi Mas.. info dong, gmn cara memilih Air Drier yang sesuai untuk compressor?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Untuk pemilihan unit air dryer yang benar sebaiknya disesuaikan dengan:
      1. FAD dari unit kompresor
      2. Ambient temperature
      3. Suhu udara dari unit kompresor.

      3 hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar tujuan memasang dryer agar udara kering dapat tercapai.

      B.Heriwibowo
      PT. Ometraco Arya Samanta
      Jakarta
      Hp. 0852 1791 9697
      Email: b.heriwibowo@gmail.com

      Delete
    3. Jika berkenan, kunjungi web : http://screwcompressor-indonesia.blogspot.co.id/2015/06/screw-air-compressor-di-indonesia-screw.html


      Salam,
      Denny AR
      WA 081281999746
      Mail : denny.ar86@gmail.com

      Delete
  86. Numpang promo yaa gan :)

    Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah.

    Silahkan berkunjung diwebsite kami untuk mengetahui info” dari perusahaan kami dan price list penawaran juga. Klik website ini service kulkas surabaya

    atau di website perusahaan kami cv anugerah teknik abadi

    ReplyDelete
  87. Permisi master sekalian....

    Sehubungan dengan semakin pesatnya pertumbuhan indrustrisasi di Indonesia yang tampak jelas terlihat dengan bertambah banyaknya pendirian pabrik-pabrik baru maupun
    perluasan produksi, COMPRESSOR, REFRIGERATED AIR DRYER, FILTER UDARA dan CHILLER adalah merupakan pendukung yang sangat penting untuk mesin-mesin produksi
    diberbagai industri tersebut. Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan kepada anda produk kami yang kompetitif dalam harga juga hemat energi berupa :

    - "LINGHEIN" AIR COMPRESSOR, REFRIGERATED AIR DRYER, AIR FILTER
    - DESICANT DRYER
    - TOOLTEMP CHILLER dan HERO-TECH CHILLER

    Produk LINGHEIN (the one of siliencest compressor) adalah merk dagang yang di produksi oleh PT. LINGHEIN Kompressor, dimana menggunakan teknologi Germany dan
    merupakan anak perusahaan Group Atlascopco Swedia yang terkenal sebagai perusahaan pembuat kompressor terbesar di dunia yang sangat menekankan Reserch &
    Development, sehingga Quality nya dapat di pertanggung-jawabkan. Selain itu, produk-produk LINGHEIN telah memenuhi Standart Internasional seperti : ISO 3857 - 2 : 1997
    dan menunjuk PT. AIRINDO MITRA UTAMA sebagai SOLE DISTRIBUTOR resmi di Indonesia.

    Semua penjualan produk LINGHEIN didukung pula dengan tersedianya SPARE PART dan AFTER SALES SERVICE yang terjamin.

    Apabila Anda memerlukan informasi yang lebih jelas, silahkan menghubungi dan kami akan membantu anda. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih
    PT. AIRINDO MITRA UTAMA

    Hormat Kami,
    Marhadi Wahyu D - Linghein Compressor
    Sales Engineering
    PT. AIRINDO MITRA UTAMA
    Komplek Apartement Istana Harmoni Lt. 1 Blok 2U
    Jl. Suryopranoto No. 2 - Jakarta Pusat 10130
    Mobile : +6856 9512 3006
    Email : sales02@airindo.co.id

    ReplyDelete
  88. permisi numpang promo .
    bagi yang mempunyaimasalah dengan air compressornya
    semoga kami bisa memberi solusi.
    CV MOZA SUKSES ABADI . Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang servis dan suplai spare part air compressor, air dryer . merk yang kami layani antara lain Atlas Copco, Boge, Compair, Demag, Ecoair, Hitachi, Ingersoll-Rand, Kobelco, Sullair, Fusheng dll

    hormat kami
    Arsa - sales engineering
    Hp 085349484701

    ReplyDelete
  89. Mas mau nanya sekalian cari ilmu,saya perna bawa mobil truk besar udara yg di hasilkan ke tengki lambat perkiraan ada setengah jam,nah itu gmana ya,

    ReplyDelete
  90. Mas mau nanya sekalian cari ilmu,saya perna bawa mobil truk besar udara yg di hasilkan ke tengki lambat perkiraan ada setengah jam,nah itu gmana ya,

    ReplyDelete
  91. Mas kami menggunakan kompressor Boge S-29 ada masalah yaitu pressure angin yang dihasilkan kompresor sepertinya tercapai, padahal belum tercapai. Misalnya dari kompresor sudah menunjukkan 8 bar akan tetapi ditangki dilakukan pengcekan baru 6 bar. Saya sudah minta teknisi yang dulu kami beli dari mereka, tetapi tidak ditanggapi dengan baik. Mohon masukkannya mas terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Edi Sukatno, mungkin ada yg eror pada Pressure gauge tangki.
      Untuk memastikan nya bisa saya berkunjung ke sana, jika berkenan SMS ke saya 087741690046 makasih

      Delete
  92. Mas kompresor saya terdengar suara mendengung pada saat proses pengisian angin selesai. apakah ini ada kendala pada dryer atau bagian yg lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327

      Total Air Solution

      Delete
  93. assalammualaikum.wr.wb
    salam kenal mz dedy..
    mau tanya nih siapa tau ada solusinya...
    mz compressor screw type AEB 37 A punya kendala...
    kami sebagai maintenance mendapatkan informasi dr operator bahwa compressor bunyi kasar...ketika kami cek memang kasar di bagian screw...
    kami melakukan perbaikan ringan
    poin pertama
    1.menguras oli syntetic ( berwarna hitam pekat )
    cleaning separator tank ganti oli syntetic baru
    2.ganti oil filter housing karna yg lama sudah berkerak dan berlendir karna kotor
    3.cleaning piping flering pubrikasi/pelumasan pada screw semua ada 3 pipa kecil
    3.mengganti filter oil separator
    4.membersihkan screw dengan oli persih sistem sirkulasi dengan putaran manual
    5.cleaning hose/ oil line,oil injection online,air discharge line
    6.membersihkan radiator dengan tiupan compressor tank ( sirkulasi )
    poin ke 7 untuk kami tidak di perkenankan melakukan minimum pressure valve...dan screw itu sendiri
    ...
    yg saya tanyakan mz dedy
    ketika kami RUN normal tetapi ketika valve discarge line ( out put ) kami buka screw itu berat mengakibatkan van-belt itu selip dan berputar terbalik
    ketika kami cek kembali posisi intake valve kami buka karna biar tahu intake valve hisap atau tidak tp yg terjadi di dalam screw mengeluarkan asap...keluar melalui intake valve...
    dan kami melihat juga pressure guage tinggi/ naik tp se.akan akan di minimum pressure valve tidak bekerja dengan normal tp km belum bisa memastikan...
    dan ketika screw kami putar manual yg terjadi hose oli injection online mengeluarkan oli padahal posisi putaran terbalik searah jarum posisi normal...tp ketika putaran searah jarum jam malah menghisap...
    tolong mz dedi kasih tau solusinya
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena putarannya terbalik mas, pada motor dan Screw dihadapan kita putarannya kekiri normalnya,.
      Konsultasi & Visit Free Pra service hub 087741690046

      Delete
  94. mas yovi setiawan#itu coba ganti semua bearing didalam screw nya,,dan pastika screwmasih dalam keadaan baik( tidak lecet/beret),,,dancoba pasang kembali danpastika ketika pemasangan harus presisi dan benar ,,,

    ReplyDelete
  95. Maaf mas saya mau tanya cara masang strum dinamo kompresor angin,soal ko da 3 jalur,yg kanan/kirri putih.yg tngah hitam.yg putih 2 masuk ke otomatis.trus apa bisa pake colokan atau apa harus langsung k panel

    ReplyDelete
  96. salam kenal mas welly saya olla pak, saya memiliki usaha di bidang penambahan spare part air kompresor general pak maupun jasa service nya, numpang promosi yah pak apabila bapak bapak memiliki kendala mengenai kompresor dan butuh spare part kompresor apapun kami bisa membantunya pak, bapa bapa bisa hubungi saya di no {081316650277} terimakasih pak.

    ReplyDelete
  97. Menjual filter
    Automotif,industrial & Compresor
    Mannfilter,Fleetguard,Racor,Cat
    Perkins,Donalson,Sakura,Union
    Jimco,Sure,Deutz,KS,kaiser,atlas copco dan lain-lain

    Tlp/Wa/line 085883110710
    Email:bintangfilterjakarta@gmail. Com

    Terima Kasih atas kerjasama nya;-)

    ReplyDelete
  98. Numpang lapak bang dedi
    Perkenalkan saya Anton. Saya adalah teknisi service after market untuk kompresor merk Atlas copco di jawa tengah
    Untuk mengatasi keluhan atau sekedar bertanya masalah troubleshooting screw kompresor bisa menghubungi saya di nomer 0812 9874 3736 atau wa juga bisa.
    Untuk cek pra service free

    Salam teknisi
    Anton

    ReplyDelete
  99. Mas mau tanya nih kl kompresor IR cara merubah satuan dr psi ke bar gimana ya trims

    ReplyDelete
  100. Zelamat pagi,
    Mas mau tanya
    Normal temp oil pada screw compressor yang saya baca fi atas itu kiasaran 85_95
    Itu berlaku pada semua jenis oil apa bgaimna mas. Maaf pertnyyaan dasar soal nya baru belajar mas.

    ReplyDelete
  101. Numpang tanya para suhu..

    Kami punya air screw compressor ingersoll rand mh45.. Permasalahn nya oli selalu keluar dari breather filter saat compressor load.. Tp kl saat unload,oli tidak keluar dari breather filter.. Mohon pencerahan nya para expert air screw compressor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327

      Total Air Solution

      Delete
  102. Dimana Mas untuk cari spare parts ini
    1. FILTER HEAD P/N 9450 6917 .1037357 W 206
    type :M-135 KAESER/SIGMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327

      Total Air Solution

      Delete
  103. Jual Airman Kompresor Harga distributor Murah Termurah

    RAGS Machinery menyediakan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan proyek anda.

    Kami bergerak di bidang sales dan rental airman kompresor, genset, pompa kodok, forklift dan boom lift. Untuk pemesanan silahkan hubungi 0857 7959 8752 atau kunjungi website kami www.ragsmachinery.com

    #ragsmachinery #airman #airmankompresor #airmangenset #jualkompresor #jualgenset #rentalkompresor #rentalgenset #pompakodok #xcmgtrailerpump #jakarta #indonesia #kontraktor #tambang #pln

    ReplyDelete
  104. Technical advisor,sparepart,service and maintenance industrial air compressored....
    Phone : 083807011107

    ReplyDelete
  105. Maaf min..sy saat ini mnglmi suhu tmprtur tinggi sampai 101. Padhl smuanya udh sy cek oli udh sy gnti sparator jg gnti + filter oli..baru jln 20 mnit udh trmprtur smpai 100. Itu prmaslhnya di mana y min mohon solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf min ini nmer sy krna sy jarg online 085228465001..
      Tolong krim solusinya....

      Delete
  106. Mau tanya kode error E02..E03 dan E09 pada screw maksudy apa ya?

    ReplyDelete
  107. Sekedar share siapa tau ada yang butuh solusi. Ini kontak saya 0821 4694 9448.
    Anton. Engineering service compressor all brand and type.
    Melayani seluruh indonesia tanpa terkecuali. Trims

    ReplyDelete
  108. Mau tanya om.. Kompresor ditempat saya model boge screw. Bukannya menghisap udara malah menyemburkan oli yg bercampur air. Mohon petunjuk om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya Oli keluar melalui valve in dan filter udara gitu ya,..?

      Mohon di cek pada saat kompressor tidak running, keluarkan oli dari tangkinya sedikit saja, biasanya terlalu banyak kandungan air nya,..

      Jika ingin Saya kunjungi Free Hub atau WA saya

      Salam,
      Denny AR
      WA 081281999746
      Mail : denny.ar86@gmail.com

      Delete
  109. Mohon dibantu klo over pressure penyebabnya apa ya di compressor screw...setting load unload 6 dan 8 bar...tp malah jd 9bar dan langsung mati...tp klo anginnya di joss keluar sambil running malah normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spertinya semua memang seperti itu Pak, Compressor screw jika ditutup Valve buangannya atau setengah, Pressure akan sangat cepat membalik dan Sensor membaca Over Pressur.

      Saran jika di Running Valve output jgn ditutup.

      Share Problem dan Solusi Screw Compressor dan Free kunjungan ke Pabrik silahkan WA: 0877-41690046

      Terimakasih

      Delete
  110. Klo boleh saran coba dicek pressure sensornya

    ReplyDelete
  111. Mau tanya. Saya ada compresaor ATlas Copco GA 30 C. Kendala pertamanya waktu start awal tekanan cuma mencapai 2 bar langsung overload karena terjadi overheating 120°. Kemudian saya mulai ganti blow of valve, oil filter dan oli. Kemudian saya start lagi ternyata mati mendadak. Setelah saya cek semua tdk ada kendala. Waktu start awal ternyata compresorr tdk bisa menyala/running padahal display ada tulisan loading.Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya Kendala pada pemasangan listrik yang terbalik RST nya (3 phase), jadi Screw rotor nya nge jem, dan perlu dilakukan Overhaul dan dibongkar semua Airend nya.

      Share Problem dan Solusi Screw Compressor dan Free kunjungan ke Pabrik silahkan WA: 0877-41690046

      Terimakasih

      Delete
  112. saya punya compresor meiji 75hp,kalau dihidupkan bila sudah sampai 55kw
    kompresornya mati,alarm menujukan low voltage,{tegangan sudah dinaikan ,trafo step up sudah besar 300A} penyebabnya apa ya

    ReplyDelete