Saturday, March 31, 2012

Penjadwalan Shift Kerja



1. Pengertian shift kerja
  Tayari and Smith (1997) menjelaskan   tentang definisi shift kerja sebagai  periode waktu 24 jam  yang satu atau kelompok orang  dijadwalkan atau diatur untuk bekerja di tempat kerja[1].  Selanjutnya Oxord Advanced Learner’s Dictionary  (2005) mendefinisikan shift kerja sebagai   suatu periode waktu  yang dikerjakan oleh sekompok pekerja  yang mulai bekerja  ketika kelompok yang lain selesai[2].

Menurut Bhattacharya dan McGlothlin (1996) definisi shift kerja yang mendasar adalah  waktu dari sehari seorang pekerja harus berada di tempat kerja. Dengan definisi ini, semua pekerja yang dijadwalkan berada di tempat kerja secara teratur, termasuk pekerja siang hari, adalah  pekerja shift[3]Monk dan Folkard dalam Silaban dalam Wijayanti (2005) mengkategorikan 3 jenis sistem shift kerja, yaitu shift permanen, sistem rotasi cepat, dan sistem rotasi shift lambat[4]

2. Dampak Kerja Shift  Pada Kinerja  Karyawan
  Kabaj, 1978;  Tilley et al., 1982; Schultz and Schultz, 1986, dalam . Tayari  and Smith (1997)[5] mengungkapkan bahwa  kerja shift dapat mempengaruhi kinerjakaryawan dalam berbagai cara. Namun demikian  pengaruh sekunder tidak penting dibandingkan  pengaruh lain dari kerja shift. Pengaruh utama adalah psikologis, sosial dan pribadi. Pengaruh dari kerja shift pada kinerja karyawan dapat diringkas sebagai berikut.

1)      Secara umum, kinerja kerja shift dipengaruhi oleh kombinasi  dari faktor-faktor berikut:
a)  Tipe pekerjaan. Pekerjaaan yang menuntut  secara mental (seperti inspeksi dan  kontrol kualitas) memerlukan  kesabaran dan kehati-hatian. Pekerja shift  mungkin  akan kekurangan dua hal tersebut.
b)  Tipe sistem shift. Gangguan irama tubuh (circadian rhythms) dapat  menimbulkan kerugian  terhadap kemampuan fisik dan mental pekerja shift,  khususnya ketika  perubahan shift kerja dan shift malam.
c)  Tipe pekerja. Untuk contoh, pekerja yang telah berusia tua memiliki kemampuan yang minimal untuk  untuk menstabilkan irama tubuh ketika perubahan shift kerja.

2)      Kinerja shift malam  yang rendah dapat dikaitkan dengan;
a)    Ritme tubuh yang terganggu
b)    Adaptasi yang lambat terhadap kerja shift malam
c)    Pekerja lebih produktif  pada shift siang daripada shift malam
d)   Pekerja membuat sedikit kesalahan  dan kecelakaan pada  shift siang daripada shift malam.
e)   Kehati-hatian pekerja  menurun selama kerja shift malam,  khususnya ketika pagi-pagi sekali. Hal ini mungkin penting diperhatikan terutama untuk tugas-tugas yang memerlukan pengawasan yang terus-menerus (seperti operator mesin)
f)  Jika pekerja  tidak mendapatkan tidur yang cukup  untuk shift kerja, kinerja  dapat dipengaruhi secara buruk khususnya  pekerjaan yang memerlukan  tingkat kehati-hatian yang tinggi.

3.  Manajemen Kerja Shift
Menurut Tayari F and Smith J.L. (1997) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk   manajemen kerja shift adalah sebagai berikut.
a) Jika memungkinkan lamanya kerja   shift malam dikurangi  tanpa mengurangi  kompensasi dan benefit lainnya.
b) Jumlah karyawan shift malam yang diperlukan seharusnya  dikurangi untuk mengurangi jumlah hari kerja pekerja  shift malam.
c)  Lamanya kerja shift tidak melebihi  8 jam.
d)  Tiap shift siang atau malam  seharusnya diikuti dengan  paling sedikit 24 jam libur dan tiap shift malam  dengan paling sedikit  2 hari libur, sehingga pekerja  dapat mengatur  kebiasaaan tidur mereka.
e)   Memungkinkan adanya interaksi sosial dengan teman kerja.
f)   Menyediakan fasilitas kegiatan olah raga  seperti permainan bola baskket,  khususnya untuk pekerja shift malam.
g)   Musik yang tidak monoton selama bekerja shift malam sangat berguna.

4.  Regulasi 
a) Pada sidang ke-77 di Jenewa tanggal 26 Juni 1990 dibahas mengenai standar Internasional bagi pekerja malam. Standar yang dimaksud adalah The Night Work Convention and RecommendationThe Night Work Conventionmembahas mengenai kesehatan dan keselamatan, transfer kerja siang hari, perlindungan bagi kaum wanita, kompensasi dan pelayanan sosial.Recommendation membahas mengenai batas waktu kerja normal, waktu istirahat yang minimum antar shift, transfer kerja siang pada situasi khusus, kesempatan pelatihan

b) Menurut pasal 76 Undang-Undang No. 13 tahun 2003, pekerja perempuan yang berumur kurang dari 18 (delapan belas) tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00, yang artinya pekerja perempuan diatas 18 (delapan belas) tahun diperbolehkan bekerja shift malam (23.00 sampai 07.00). Perusahaan juga dilarang mempekerjakan pekerja perempuan hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00.

c)Perusahaan memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi sesuai dengan Undang-Undang No.13/2003 yang lebih lanjutnya diatur dalam Kep.224/Men/2003 tentang Kewajiban Pengusaha yang Mempekerjakan Pekerja Perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan 07.00.
Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00 wajib :
§  Memberikan makanan dan minuman bergizi
Makanan dan minuman yang bergizi harus sekurang-kurangnya memenuhi 1.400 kalori, harus bervariasi, bersih dan diberikan pada waktu istirahat antara jam kerja. Makanan dan minuman tidak dapat diganti dengan uang.
§  Menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja
Pengusaha wajib menjaga keamanan dan kesusilaan pekerja perempuan dengan menyediakan petugas keamanan di tempat kerja dan menyediakan kamar mandi yang layak dengan penerangan yang memadai serta terpisah antara pekerja perempuan dan laki-laki. Pengusaha juga diharuskan menyediakan antar jemput mulai dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya. Lokasi tempat penjemputan harus mudah dijangkau dan aman bagi pekerja perempuan.
Pelaksanaan pemberian makanan dan minuman bergizi, penjagaan kesusilaan, dan keamanan selama di tempat kerja serta penyediaan angkutan antar jemput diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama. Jadi ingat, sebelum menandatangani Perjanjian Kerja, harap dibaca dahulu dengan seksama apa yang tertulis di Perjanjian Kerja.

d)  Waktu Kerja Normal menurut Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi, No. Kep. 102/MEN/VI/2004.
Untuk 6 hari kerja : Waktu Kerja 7 jam/hari (hari ke1-5), 5 jam/hari (hari ke-6) , 40 jam/minggu
Untuk 5 hari kerja : Waktu Kerja 8 jam/hari, 40 jam/minggu
Lebih dari waktu ini dihitung waktu kerja lembur

e) Dalam Pasal 77 UU No.13 2003 ayat (2), mengenai jam kerja. Diatur juga mengenai pengecualian beberapa sektor usaha tertentu mengikutinya, seperti : Pekerjaan Pengeboran minyak lepas pantai, sopir angkutan jarak jauh, penerbangan jarak jauh, pekerjaan dikapal laut, dan penebangan hutan. Ketentuan ini dijelaskan dalam Peraturan Menteri,  Per -15 / Men / VII / 2005 mengenai  waktu kerja dan istirahat pada sektor usaha pertambangan umum pada daerah operasi tertentu.

Terkait dengan jam kerja, dalam peraturan Menteri ini disebutkan : 
Pasal 2, ayat (1) huruf b : Periode kerja maksimal 10 (sepuluh) minggu berturut-turut bekerja, dengan 2 (dua) minggu  berturut-turut istirahat dan setiap 2 (dua) minggu dalam periode kerja diberikan 1 (satu) hari istirahat.
Ayat 2, Dalam hal perusahaan menerapkan periode kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b maka waktu kerja paling lama 12 (dua belas) jam sehari tidak termasuk waktu istirahat selama 1 (satu) jam.
Tentunya Penjadwalan Jam kerja disektor tertentu ini memiliki karakteristik tertentu dan berdasar hukum, sepanjang penetapan dan pelaksanaannya mengikuti aturan yang berlaku.

5. Simulasi Pengaturan Jadwal Kerja Shift 
Pengaturan Jadwal kerja shift di Industri manufacture Indonesia terdapat beberapa model yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan itu sendiri. Penjadwalan Kerja Shift yang biasa digunakan antara lain :
1.  Empat (4) Grup Tiga (3) Shift
Penjadwalan model ini digunakan untuk aktivitas manufacture selama 24 jam sehari dan beroperasi penuh selama sepanjang tahun, terhenti  pada hari besar Idul fitri dan Tahun Baru .  Besarnya  output produksi yang ditetapkan dan aktivitas engineering yang menuntut aktivitas ini berlangsung terus. Karyawan terbagi kedalam 4 Grup, Bekerja selama 5 hari kerja dengan working hours 7 + 1. Pergantian Shift dari 3 ke 1, karyawan mendapat libur 2 hari. Model ini menyebabkan Hari Libur karyawan tidak menentu.
 Berikut Contoh simulasi penjadwalan 4 Grup 3 Shift
Keterangan  :
1.   Shift 1 : Pk. 07.00 – 15.00 , Shift 2 : Pk.15.00 – 23.00 , Shift 3 : Pk. 23.00 – 07.00
2.  Urutan Putaran shift  Shift 3 -> Shift 2 -> Shift 1 ( 3-2-1 ) , Pergesaran Shift menuju dan setelah Shift 3 ada perlakuan khusus. Setelah Shift 3 karyawan mendapat libur lebih banyak ( 2 hari ) sebelum memasuki jadwal shift 1.
Dua hari sebelum  libur sebelum shift 3, aktual libur adalah 1 hari. Satu harinya lagi merupakan hari pertengahan, tapi karyawan harus mulai masuk pada malam harinya (Pk. 23.00)


2.  Tiga (3) Grup Tiga (3) Shift
Penjadwalan shift model ini, memberikan peluang istirahat / Libur secara Teratur. Karyawan bekerja dari Senin – Sabtu, minggu istirahat. Dibanding model 4 Grup, Total karyawan yang dibutuhkan pastinya lebih sedikit, begitu pula untuk out put volume Produksinya.
Jam kerja perhari 7 + 1 ( 7 jam kerja, 1 jam istirahat ), kecuali hari sabtu 5 Jam kerja dengan Total jam kerja  40 jam Seminggu. Jam kerja ini fleksibel, jika diperlukan pada hari terakhir bisa dibuat overtime ( otomatis ) selama 2 Jam.
 Berikut contoh simulasi Penjadwalan 3 grup 3 Shift

 Keterangan :
1.   Jam Kerja Shift fleksibel, untuk Shift 1, bisa dimulai di Pk. 06.00 atau 07.00, Shift berikutnya menyesuaikan.
2.   Putaran Shift  Shift 3 -> Shift 2 -> Shift 1 (3-2-1).
3.  Jadwal ini bisa diterapkan untuk putaran 2 Grup, 2 Shift
4.  Berdasarkan Keputusan Menteri, Kep.102/MEN/2004, Pasal 3 ayat 1, “ waktu Kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 jam dalam 1 hari dan 14 jam dalam 1 minggu”. Khusus shift 1 bisa diberlakukan Long Shift ( Pk.07.00 – 19.00 ), dengan istirahat, selama maksimal 15 Jam/orang perminggu.

          3. Non Shift
         Non Shift, pada umumnya diperuntukkan bagi  departemen yang memerlukan koordinasi internal dan eksternal saat jam-jam kerja pagi – siang. Jam Kerja normal fleksible, Pk.08.00-16.00
      Jadwal kerja Non Shift  ada 2 model, 6 hari kerja dan 5 hari kerja. Meski beda Lama jam kerja sehari namun tetap total jam kerja seminggu 40 Jam. 

     4. Tiga (3) Grup Dua (2) Shift  atau  Long Shift 
            Model penjadwalan shift ini  untuk mengadopsi jam kerja bagian petugas keamanan (security ) atau karyawan dengan terlebih dahulu ada kesepakatan antara perwakilan pekerja dan management. Pengatuan jadwal kerjanya menggunakan formulasi 2-2-2. Yaitu dalam 1 minggu kerja terdiri dari 2 hari shift 1, 2 hari shift 2, dan 2 hari libur. seperti simulasi dibawah.
Berikut contoh pegnaturan jam kerjanya :

Shift I
Senin – Kamis   : Jam 08.00 wib – jam 20.00 wib
Sabtu - Minggu : Jam 08.00 wib – jam 20.00 wib
Istirahat            : Jam 12.00 wib – jam 13.00 wib
Break               : Jam 17.00 wib – jam 17.05 wib 

Jumat                : Jam 08.00 wib – jam 20.00 wib
Istirahat            : Jam 11.45 wib – jam 13.15 wib
Break               : Jam 17.30 wib _ jam 17.35 wib 

Shift II
Senin – Kamis    : Jam 20.00 wib – jam 08.00 wib
Sabtu - Minggu  : Jam 20.00 wib – jam 08.00 wib
Istirahat              : Jam 00.00 wib –jam 01.00 wib
Break                 : Jam 05.00 wib – jam 05.05 wib 

Perhitungan Jam kerja untuk long shift ini, ada beberapa macam :
1) Jam kerja 7 jam + 1 jam istirahat + 4 jam over time.
Perhitungan jam overtime perharinya = 1,5 + (2 x 3 ) jam = 7,5 jam/hari  ( lihat artikel perhitungan overtime )

2) Jam kerja 8 jam + 1 jam istirahat + 3 jam overtime
Perhitungan jam overtime per harinya = 1,5 + ( 2x2 ) jam = 5,5 jam/hari

6. Penutup
    Penentuan model penjadwalan kerja shift, perlu dipertimbangankan tingkat fleksibilitasnya. Untuk Bagian produksi, pembagian shift terkait erat dengan menambah jam kerja mesin. Biasanya terjadi saat Peak Seasion. Sedangkan untuk bagian Engineering, Pada umumnya mengikuti jadwal produksi, kecuali di bagian utility atau mesin-mesin yang akan membutuhkan waktu lama ( lebih dari 1 hari ) saat running awal, biasanya di setting 4 Grup 3 Shift. 
Semoga Bermanfaat & Terima Kasih


[1]Tayyari, F., and J.L., Smith, 1997, Occupational Ergonomics Principles and applications, T.J. Press Ltd, Great Britain, hal. 350
[2]Oxford University Press, 2005, Oxford Advanced  Learner’s Dictionary, United Kingdom, hal. 1400
[3] Bhattacharya  A.,and J.D. Glothlin, 1996, Occupational Ergonomics Theory and applications, Marcel Dekker, Inc. hal. 404
[4] Wijayanti, Sri Ramadhani. 2005. Shift Kerja dan Karakteristik Individu dengan Kinerja Perawat di Ruang ICU Rumah Sakit Haji Medan Tahun 2004 [Skripsi]. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.
[5]  Tayyari, F., and J.L., Smith, 1997, Occupational Ergonomics Principles and applications, T.J. Press Ltd, Great Britain, hal. 358-359

83 comments:

  1. Bos untuk sistem kerja 4 group, dari shift 2 ke shift 1, liburnya hanya satu hari, apakah ini tidka melanggar uu13/2013 pasal 79, bahwa setiap pekerja yg bekerja 5 hari seminggu(8jam sehari) berhak atas libur mingguan 2 hari. Bisa kena sanksi pidana. Solusinya gimana bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak, menurut UU, kerja 8 Jam kerja + 1 Jam istirahat, jadi total 9 Jam/hari (40 Jam kerja/minggu) harus ada 2 hari istrht. Tp kalau tidak salah pengaturan 4 Grup 3 shift diartikel ini perhitungannya 7 jam kerja + 1 jam istrahat setiap harinya,total 8 jam/hari. Sepertinya masih sesuai UU. Salam sukses.

      Delete
  2. ada contoh untuk 3G3S tapi setiap hari selalu ada yang masuk kerja nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3G3S ada di simulasi ke-2. Maksimal jam kerja normal per orang kan 40 jam/minggu, jadi harus overtime 3 shift full di hari libur. Kalau tanpa Overtime saya belum pernah nemuin Ki.

      Delete
  3. thx info ny mas Dedy..
    ini sangat membantu pekerjaan saya di kantor..
    :)

    ReplyDelete
  4. bagaimana membagi shift empat karyawan dalam dua shift dan satu orang tetap pada shift pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba buatkan simulasinya, please check di adress ini, semoga dapat membantu :
      http://i1193.photobucket.com/albums/aa354/dedylondong/Simulasi2Shift.jpg


      Delete
  5. bagaimana simulasi untuk 3 group 2 shift panjang (12 jam) please bantu saya

    ReplyDelete
  6. untuk skema 4G3S itu ada lembur ga mas?
    tapi kayanya itu karyawan kurang jam kerja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembur tetap ada, jika bekerja longshift dan hari kerja jatuh pada hari libur nasional.4G3S dirancang untuk operasional 24 jam nonstop. Meski tampak memiliki jam kerja lebih sedikit dibanding kerja normal dalam setahun,perusahaan tetap mendapat kompensasi dalam bentuk lain yang sepadan. Tq

      Delete
    2. mas ada contoh lain untuk skema 4G3S namun sepadan atau pas untuk jam kerjanya?
      tidak kurang atau lebih jam kerja.
      terima kasih

      Delete
    3. Saya belum ada konsep 4G3S seperti yang anda minta. Jika operasi perusahaan bisa di cover 3Grup, sebisa mungkin hindarkan penggunaan 4G3S. Ini alternatif paling akhir. Karena secara psikologis sistem ini memiliki side efect pada karyawan, Hari libur yang acak menyebabkan dampak psikologis pada kurang baik pada si karyawan dan keluarganya. Saat karyawan libur, anak & isteri kerja, begitu pula sebaliknya. Jadi menurut saya meski dari jam kerja terlihat kurang dalam setahun, saya yakin perusahaan mendapatkan benefit dalam bentuk lain sebagai efek operasi 24 Jam nonstop tanpa overtime. Tq

      Delete
    4. Pak Dedy,
      berarti dari segi perusahaan (manufacture) lebih diuntungkan ya pak bila diterapkan sistem 4G3S bila dibandingkan sistem 3G3S, karna dari segi pembayaran upah lembur lebih sedikit ?
      mohon info pak,,
      trims

      Delete
  7. bs tolong ksh contoh, 17 anggota trdiri dr 12 laki & 5 perempuan, yg 5 non shif hny u/ pendukung sj, yg 12 biar bs 3 shif pagi siang malam, apa yg 12 harus dibagi 4 group atau 3 group ? soalnya shif 1 & 2 biar bs 6 org dng pendukung dr non shif 2 org, tlng ksh masukan, sy sdh puter2 qo ga ktmu yak :(
    trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Pertanyaan saya u/ jawab keperluan 4G atau 3G, apakah diperlukan jam kerja nonstop 24 jam sehari, 30 hr/bulan, 365 hari/tahun ? tanpa ada jeda ? jika tidak, lebih baik di set menjadi 3G, senin sampai sabtu total 40 Jam, jika diperlukan di hari sabtu dibuat lembur otomatis 2 jam.kalau case by case diperlukan masuk di minggu, overtime. JIka di pecah ke 4G, terlalu resiko jika ada personel yang abstain. model ini bisa dilihat di simulasi artikel 3Grup 3 Shift.
      Untuk memperkuat posisi shift 1 & 2. 5 orang perempuan dibagi menjadi 3 kelompok. 1) 1 orang non shift , 2) 2 orang shift 1 , dan 3) 2 orang shift 2. Shift 1 & shift 2 digilir bergantian, sedang nonshift tetap. Tentukan orang terbaik ada di posisi nonshit, sebagai penghubung antara 1 & 2. Semoga bermanfaat & TQ

      Delete
  8. om Dedy

    Mau tanya nie pembagian 3 grup untuk penjagaan 12 jam ( 2 shift ) pengaturan jadwalnya gmna

    terima kasih

    By Dedy Putra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ded, silahkan lihat di artikel. Saya upload contoh simulasinya. Tq

      Delete
  9. Pak dedy,, mohon bantu untuk simulasi 3 shift dengan waktu kerja 1 minggu penuh (sistem libur adalah 70 hari kerja 14 hari masuk). total karyawan adalah 30 orang. Dengan kebutuhan shift malam lebih sedikit daripada pagi dan siang.
    terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    ReplyDelete
  10. Sugest saya : Bentuk 2 Grup utama, yaitu Grup 3 shift dan Grup 2 Shift.
    Grup 3 Shift menggunakan penjadwalan 3 Grup 3 Shift dengan personel 8 orang/shift. Jadi Total memerlukan 24 orang. Buat overtime 2 jam otomatis di hari sabtu (terakhir). jadi selama 1 minggu hari kerja full, kalau diperlukan minggu bisa over time.
    Grup 2 Shift menggunakan penjadwalan 2 Grup 2 Shift dengan personel 3 orang/shift. Total perlu 6 orang. Terbagi kedalam 2 shift ( shift 1 & 2 ).
    Jadi total personel shift 1 dan 2 = 11 orang/shift, dan shift 3 = 8 orang/shift.
    Maaf jika jawabannya belum memuaskan.

    ReplyDelete
  11. Dear Pak Dedy,

    Mohon pencerahan apakah bisa dilakukan shift 9 hari kerja 3 hari libur dengan jam kerja 8 jam per hari? Saya coba cari dasar ketentuannya tidak ada. Mohon penjelasannya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketentuan brdsar UU sbb : jam krja normal perorang seminggu 40 jam. Jika Overtime maks.3 jam/hari dan 14 jam seminggu selain hr libur resmi.klau anda mnggunkan 8 jam/day u/ krja normal. Berarti jm krja seminggu hanya 5 hr krja. Sabti minggu off. Jadi yg anda smpaikan blum diatur oleh UU. Tq

      Delete
  12. om Dedy,

    mau tanya kalo punya 4 orang untuk shift, kerja 12 jam per shift dan diutamakan 2 orang tiap malamnya gimana ya?

    terimakasih sebelumnya

    salam,
    herman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dg 1 orng digantung dishift malam agk susah her. Krna tdkbs diset shift 3 trus mnerus. Kecuali km mnta shift pagi 2 orng br bs.tq

      Delete
  13. Pak, kalau dalam sistem grup kebetulan pas hari libur kita tanggal Merah nasional pada saat tanggal 25 desember 2012 misalnya jatah liburnya tiap hari selasa pas kebetulan hari tersebut jatah saya libur , kalau dari segi keadilan karyawan yang lain dapat 2 hari libur ( 1 hari libur dia+1 hari libur nasional ) yang artinya saya tetap kerja 40 jam(6 hari kerja) dalam satu minggu sedangkan yang lain hanya 33 jam ( 5 hari kerja )dalam seminggu (karena ada libur nasional).

    dalam hal ini apakah perusahaan berkewajiban mengganti libur nya/membayar lembur atas selisih tadi(kalau dibanding karyawan lain.??

    Mohon pencerahannya pak??

    ReplyDelete
  14. Dear Pak Abdul Muis,
    Saya masih belum jelas, yang bapak maksud grup apakah 3 grup 3 shift(3G3S), atau 4 grup 3 shift(4G3S).
    ** JIka 3G3S jam kerja total 1 minggu 40 jam, biasanya jatuhnya sama dengan libur nonshift. 5 hari kerja berarti sabtu minggu off, jka 6 hr kerja, minggu off. JIka seperti ini, kalau tgl 25 masuk kerja, ya hitungannya overtime.
    ** Jika 4G3S, ini bukan issue fair atau tidak fair, karena model jadwal shift ini didesain untuk full 24 jam dengan hari libur tidak menentu.Jika bertepatan dengan libur nasional ya dihitung lembur. Jika libur nasional bersamaan dengan jadwal anda libur, ini namanya kebetulan, tidak ada rekayasa dan itulah salah satu konsekuensinya. Jadi tidak ada kewajiban sama sekali bagi perusahaan u/ membayar selisih tadi.
    Jangan dibandingkan dengan jadwal shift yang bukan 4 Grup ( misal non shift atau 3G3S).
    Semoga memberikan pencerahan.

    ReplyDelete
  15. Dear Admint.



    Saya selaku Personalia di sebuah perusahaan baru, dengan sistem Kerja Perhari 7 jam kerja+ 1 Jam istirahat dan Sabtunya Pulang jam 12:30 = jadi total satu minggu kerja 40 Jam, pembayaran gaji per satu minggu yang dimana hitungan dalam satu minggu dari Kamis ke Rabu dan Hari Sabtunya Pembayaran Gaji,


    Saya Mengalami hal yang hampir mirip seperti dituntut pak Abdul Muis diatas, yang dimana yang sistem kerja grup yang liburnya berganti (Tidak semua hari minggu)sebagian karyawan yang pas kebetulan tanggal merah nasional jatuh pada tanggal merah nasional seperti tanggal 25 Desember kemarin, menuntuk minta konvensasi pergantian hari libur karena mereka merasa dirugiakan dengan alasan yang lain dalam seminggu kerja 5 hari (33 jam) sedangkan yang pas kebetulan jatah liburnya kena tanggal merah nasional tetap 6 hari kerja (40 Jam). dalam hal ini mereka meminta keadilan kepada perusahaan dengan menuntut penambahan hari libur atau membayar lembur yang selisih jam dengan yang kerja 5 hari kerja.

    Dalam hal ini saya sebagai personalia sebenarnya agak risi dengan masalh ini karena setiap tanggal merah nasional pasti terjadi seperti ini, padahal PKB (Perjanjian Kerja Bersama) pun tidak ada peraturan seperti itu, karyawan dianggap lembur jika melewati kerja lebih dari 40 jam atau bekrja ditanggal merah ataupun di pekerjakan ketika dihari libur,

    Berhubung karyawan tetap ngotot minta ada konvensai yang ahirnya perusahaan dengan berat hati memberikan konvensasi hari libur, Kalau seandainya bapak tau UU / pun Peraturan Pemerintah tantang masalah saya ataupun punya saran, mohon di share pak..

    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi,
      Dari uraian diatas, Gambaran mengenai perusahaan bapak kurang lebih sbb, perbaiki jika saya salah : tidak menerapkan penjadwalan 4 Grup 3 Shift (4G3S). Status pekerja harian, yang dibayarkan mingguan, no work no pay dalam arti yang sebenarnya, dan sepertinya mayoritas pekerjanya laki-laki karena sangat agresif.

      Tapi ada hal yang sy masih belum mengerti mengenai model penjadwalan shift di perusahaan bapak, td disebutkan libur tidak selalu di hari minggu, sedangkan model seperti ini biasanya hanya dimiliki oleh 4G3S atau 2Grup2Shift (2G2S).

      Mengapa sy tanyakan ini? pertama saya aneh mendengar karyawan menuntut kompensasi pada hari libur nasional padahal mereka tidak bekerja di hari itu.

      Selama bapak tidak menggunakan model penjadwalan 4G3S/2G3S, dalam putaran 1 minggu, setiap grup memiliki siklus yang sama di minggu itu, kapanpun ada hari libur, ya semua Grup akan mendapat jatah libur dan jam kerja yang sama dalam 1 minggu itu. Kecuali model penjadwalan shift anda yang kurang tepat, dan karyawan yang protes ini membandingkan dengan jadwal dari penjadwalanm shift yang lain, misal non shift. Apakah seperti ini?

      Sebelum kita discuss lebih jauh, mohon diinformasikan model-model penjadwalan shift kerja karyawan perusahaan anda. Dan mereka yang menuntut, membandingkan jam kerja dengan minggu-minggu yang lain, atau Grup yang lain dalam siklus satu minggu yang sama. Tq




      Delete
  16. Bro bole minta tolong di buatkan simulasi untuk 3 shift 24/7 dengan crew 6 orang, mungkin kah dibuat dengan pola 3 hari masuk 2 hari libur dan seterusnya ?
    Terima kasih sebelumnya...


    regards..

    ReplyDelete
  17. Terimakasih Pak, tulisannya membantu sekali

    ReplyDelete
  18. Dear pak Dedy

    Mohon pencerahannya, apakah ada undang2 yang menyebutkan bahwa jam kerja untuk shif siang adalah 40 jam / minggu dan kalo shif malam hanya 35 jam/ minggu. Apakah memang seperti itu? Atau tetap mengacu ke uu no 13 th 2003 pak?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. UU mengatur maksimal jam kerja dalam seminggu 40 jam, 7 jam/hari u/ 6 hr kerja, dan 8 jam/dari u/ 5 hari kerja. Lebih dari itu dihitung Over Time.
      Pengaturan shift malam lebih ditujukan pada perlindungan keamanan dan kecukupan kalori, bukan pembedaan jam kerja.
      Semoga mencerahkan.

      Delete
  19. Dear pa deddy,
    Mohon informasi nya, perusahaan di tempst saya bekerja beroperasi setiap hari dari senin sampai minggu jadi praktis hanya libur hari nasional. Sehingga karyawan mendapat libur mingguan berbeda-beda. Yang menjadi pertanyaan saya bagaimana karyawan yang mendapatkan jadwal libur mingguannya bukan hari minggu sehingga harus kerja pada hari minggu, apakah karyawan yang bekerja pada hari minggu mendapatkan upah lembur?
    Mohon informasinya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Operasi perusahaan 24 hours/day, 7 day/week sudah biasa. Tinggal bagaimana pengaturan jadwal hari kerja karyawannya. Jika perusahaan anda mengikuti pola 4 Grup 3 Shift(4G3S), libur tidak menentu, namun jika bertepatan dengan hari besar libur nasional ya tetap dihitung Overtime.
      Tapi jika tidak menggunakan 4G3S dihitung saja, total jam kerja seminggu maksimal 40 Hours, lebih dari itu dihitung overtime, sesuai ketetntuan berlaku.

      Delete
    2. Apakah hari minggu termasuk hari libur nasional?
      Terimakasih pak dedy

      Delete
    3. Jika mnerapkan penjadwalan 4g3s atau 3g2s, Minggu biasa adlh hri libur nasional yg tdk dihitung lmbur. Kecuali nonshift, 3g3s, yg kerja reguler senin-jumat/sabtu 40 jam dihitung lmbr. libur memperingati perayaan tertentu dalm lingkup nasional selalu dihitung lembur.

      Delete
  20. selamat pagi pak Dedy,

    Perusahan saya bekerja di bidang pertambangan batubara, menerapkan sistem kerja roster. Aturan bagi karyawan dengan roster 6:2 (6minggu kerja : 2 minggu cuti/off), 6minggu kerja nonstop tentunya menyebabkan fatigue. Kami mau menerapkan 13 hari kerja, 1 hari off bagi karyawan dengan roster 6:2. Mohon bantuan tentang regulasi K3 tentang hal tersebut. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam Per-15 / Men / VII / 2005 mengenai waktu kerja dan istirahat pada sektor usaha pertambangan umum pada daerah operasi tertentu, disebutkan :
      Pasal 2, ayat (1) huruf b : Periode kerja maksimal 10 (sepuluh) minggu berturut-turut bekerja, dengan 2 (dua) minggu berturut-turut istirahat dan setiap 2 (dua) minggu dalam periode kerja diberikan 1 (satu) hari istirahat.

      Dalam peraturan ini malah diatur perbandingan 10:2 (minggu), umumnya daerah pertambangan ini jauh dari pemukiman, jika setiap hari ke-14 off, itu akan lebih baik lagi, tapi perlu diperhatikan batasan waktu kerja sehari (yang mungkin akan bertambah sebagai kompensasi). Dalam Permen-15/VII/2005,terkait dengan K3 dibatasi maksimal untuk sektor kerja tertentu jam kerja maksimal yaitu 12 jam/hari.

      Delete
  21. om Dedy,

    Saya mo tanya , apakah setiap perusahaan berhak mengatur karyawan'y kerja Shift ?? jika tdk, perusahaan apa di bidang apa saja yg berhak mengatur karyawan'y untuk kerja shift

    Terimakasih

    ReplyDelete
  22. om Dedy,

    Saya mo tanya , apakah setiap perusahaan berhak mengatur karyawan'y kerja Shift ?? jika tdk, perusahaan apa di bidang apa saja yg berhak mengatur karyawan'y untuk kerja shift

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, perusahaan yg berhak mengatur jadwal shift, mengacu pada regulasi, dan harus disepakati oleh perwakilan pekerja.

      Delete
  23. Om dedy saya mohon petunjuk, gemana cara membuat jadwal kerja 2 shift untuk 8 orang, tapi setiap hari ada 1 orang yang oper shift, trima kasih

    ReplyDelete
  24. dear mas dedy,

    moon petunjuk saya butuh simulasi untuk 3shift 3 grup
    tetapi shift tersebut dimulai dari jam 8Pagi - 10 Malam (dibagi 3shift)
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 shift digunakan u/ cover operation 24 jam/ hr. Jika jam 8.00-22.00 sy pikir msh bs di handle 2 shift. Shift 1:pk. 7-15.00, shift 2:15.00-23.00, sabtu krja 5 jam, minggu off.
      Bagaimana?

      Delete
  25. Bp. dedy

    mohon bantuan simulasi rooster security dengan 3 grup 3 shift, jumlah security 4 org.
    jam kerja :
    shift 1 = 07.00 - 15.00
    shift 2 = 15.00 - 23.00
    shift 3 = 23.00 - 07.00

    Bagaimana dg pengaturan jadwal off dan over shift nya dg jmlh personel hanya 4 org?
    Bila memungkinkan mohon dapat dibalas via japri : nuraanggraini@yahoo.co.id

    Terima kasih.

    Nura

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 orang (leader) diposisi shift tettap saja pak, bisa shift 1 atau non shift. Sekaligus untuk back up. penempatannya di jam [aling sibuk, misal non shift. 3 orang diputar 3 Grup 3 shift(lihat simulasi). Tapi dengan setting ini, minggu hitungannya overtime. Bagaimana kalau anda gunakan 3 Grup 2 Shift (longshift, seperti simulasi ). tapi 1 orang tetap di posisi shift tetap.

      Delete
    2. bagaimana bila personel terdiri 4 org dg aturan shift spt ini
      a. jam 24.00 - 08.00 = no overtime
      b. jam 24.00 - 12.00 = overtime 3 jam
      c. jam 12.00 - 24.00 = overtime 3 jam

      apakah bisa dirubah dg shift yg lebih teratur dg tetap perhitungkan overtime 3 jam utk mereka.

      Delete
  26. pak, bisa minta tolong d share pengertian shift pagi, sore dan malam?
    sy sdh coba cari tp belum dapat. mohon bantuannya, ini untuk skripsi sy pak, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Rini,
      Putaran shift diperlukan untuk operasional perusahaan yang memerlukan continual activity, dalam 1 hari terbagi mulai dari 2 shift sampai 3 shift. Mengacu pada Regulasi (Kep. 102/MEN/VI/2004) bahwa jam kerja 7 jam/hari (plus istirahat 1 jam, maka maksimum dalam 1 hari terbagi menjadi 3 shift. Shift 1/pagi ( misal 07.00-15.00 ) , Shift 2 /siang/sore ( misal 15.00-23.00 ), Shift 3 / malam (misal 23.00-0700).
      Beberapa perusahaan mengawali kerja dari Shift 1, namun ada juga perusahaan yang mengawali shift dari shift 3. Misal jika hari senin merupakan hari 1 dalam 1 minggu, shift 3 akan dimulai pada hari minggu (misal Pk.23.00 ) dst.
      Jam masuk shift satu ada yang dimulai dari Pk, 07.00 , 06.00, ,05.30, dsb. Jadi tidak ada ketetapan selama rentang waktu kerja aktif diluar istirahat 7 jam/shift.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  27. pak,saya mau tanya?
    Berarti dalam sistem 4G3S pada saat habis shift 1 menjelang shift 3 pekerja merasa tidak di untungkan karena hitungan kalkulasi dlm seminggu adalah lebih dari 40 jam atau dalam arti kelebihan harus di hitung lembur...
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  28. Om dedy, mohon bantuan dong..
    saya lagi buat jadwal shift 24 jam, 1 shift 8 jam,
    shift 1 : 07.00 - 15.00
    shift 2 : 15.00 - 23.00
    shift 3 : 23.00 - 07.00

    nah yang jadi masalah, saya mau buat yg jaga shift 1 & shift 2 itu 2 orang, tapi di shift 3 hanya 1 orang.
    kira-kira itu butuh berapa orang ya om?? terus shift-nya jadi seperti apa?
    bila tidak keberatan bisa tlg di email ke: spiderwolf_0013@yahoo.com
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlunya 5 orang. Buat 2 Grup Shift.
      Grup pertama putaran 3 shift ( shift 1,2,3 ) , dengan komposisi 1 orang/shift.
      Grup kedua putaran 2 shift, ( shift 1,2 ), dengan komposisi 1 orang/shift.
      Jika tanggung jawab & beban kerja diantara mereka sama, usahakan personel kedua Grup ini dirotasi perperiode tertentu (mis ; perbulan ). Selama total jam keja pershift sama,dan sesuai dengan aturan, saya pikir tidak masalah.
      Tq

      Delete
  29. Om dedy, mohon bantuan dong..
    saya lagi buat jadwal shift 24 jam, 1 shift 8 jam,3 orang

    shift 1 : 06.00 - 14.00
    shift 2 : 14.00 - 22.00
    shift 3 : 22.00 - 06.00

    nah yang jadi masalah, tiap orang beda hari libur misal ya A hari minggu, B hari selasa, C hari kamis,..,.,
    dan jadwal A,B suka saling pengen enak sendiri

    om tolong pencerahan om dedy

    ..

    ReplyDelete
  30. mohon pencerahan pak Dedy..

    Karyawan tempat saya sistem 3 shift(pagi pagi siang siang malam malam lepas dinas libur) mereka kerja sesuai ketentuan. Shift pagi jam in 07.00 out 14.30) jam, shift siang in 13.30 out 21.00, untuk yg shift malam dapat tunjangan malam karena jam kerja lebih panjang 2.5 jam ( in 21.00 out 07.00) masing masing istirahat 1 jam.
    Apabila jadwal mereka bertepatan dengan hari libur nasional kami bayarkan lembur.

    Yang saya mau tanyakan apakah mereka boleh libur pada jadwal mereka yang bertepatan dengan hari libur nasional tersebut?? Sedangkan menurut kami mereka harus di potong cuti bila mereka tidak masuk bekerja karena menyalahi jadwal mereka yang seharusnya berjalan dan pasti akan di bayar lembur karena bertepatan hari libur nasional.

    Mohon pencerahan dan ketentuan undang 2 yg berlaku mengenai hal tersebut pak...
    tolong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka selalu berkata libur nasional hak setiap karyawan..
      Menurut kami mereka sudah dapat hak libur lebih dari yg lain Lepas Dinas Libur (2 hari).
      dan dapat uang lembur libur nasional.

      Delete
  31. mohon pencerahan pak Dedy..

    Karyawan tempat saya sistem 3 shift(pagi pagi siang siang malam malam lepas dinas libur) mereka kerja sesuai ketentuan. Shift pagi jam in 07.00 out 14.30) jam, shift siang in 13.30 out 21.00, untuk yg shift malam dapat tunjangan malam karena jam kerja lebih panjang 2.5 jam ( in 21.00 out 07.00) masing masing istirahat 1 jam.
    Apabila jadwal mereka bertepatan dengan hari libur nasional kami bayarkan lembur.

    Yang saya mau tanyakan apakah mereka boleh libur pada jadwal mereka yang bertepatan dengan hari libur nasional tersebut?? Sedangkan menurut kami mereka harus di potong cuti bila mereka tidak masuk bekerja karena menyalahi jadwal mereka yang seharusnya berjalan dan pasti akan di bayar lembur karena bertepatan hari libur nasional.

    Mohon pencerahan dan ketentuan undang 2 yg berlaku mengenai hal tersebut pak...
    tolong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka selalu berkata libur nasional hak setiap karyawan..
      Menurut kami mereka sudah dapat hak libur lebih dari yg lain Lepas Dinas Libur (2 hari).
      dan dapat uang lembur libur nasional.

      Delete
  32. halo pak
    mau tanya
    di PT tmpat teman saya bekerja, waktu kerjanya menerapkan shift 2-2.Total ada 4 shift. satu hari jalan 2 shift,2 hari kerja 2 hari libur, per shift total kerja 10.5 jam+ 1.5 jam istirahat (tidak dihitung lembur).

    hari 1 dan 2, shift A masuk pagi, shift B masuk malam (Shift C dan D libur)
    hari 3 dan 4,shift C masuk pagi , shift D masuk malam (Shift A&B libur).begitu seterusnya

    pertanyaannya apakah pola shift ini melanggar UU? kata teman saya HR perusahaannya bilang kalau dihitung total jam kerja 1 bulannya lebih sedikit dari total kerja pola shift biasa jd harusnya lebih menguntungkan perusahaan.

    ReplyDelete
  33. Salam kenal pak
    ditempat saya bekerja, perusahaan menerapkan 7G3S. Dengan kerja 6 hari dan libur 1 hari setiap 7 hari kerja (1 minggu) dengan pola kerja seperti 4G3S. Sehingga mempunyai lembur otomatis 2 jam per minggunya, hanya libur saja jadi satu hari. Hari kerja per bulan menjadi 26 hari, apakah ini sesuai dengan perundang-undangan ketenagakerjaan?
    terimakasih Pak.

    ReplyDelete
  34. pak dedy, tolong saya , saya ada 16 org , untuk 3sif fuulday no lembur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibuat 4 grup 3 shift. berarti ada 4 orang per shift. silahkan disimulasikan seperti contoh yang ada di artikel ini. Jika harus ada personel lebih banyak di jam pagi-siang-sore. bisa dibuat 2 Grup.
      Grup pertama yaitu 4 Grup 3 Shift (seperti simulasi), setiap grup terdiri dari 3 orang, Total 12 orang.
      Maka akan tersisa 4 orang

      Grup kedua, terdiri dari 2 shift, yaitu shift 1 dan shift 2. jam kerja 7 jam/hari ( 40jam seminggu), hari minggu libur.
      Setiap shift terdiri dari 2 orang.

      Jadi saat shift 1, Total personel 5 orang, Shift 2 jumlahnya 5 orang, dan shift 3 jumlahnya 3 orang.

      Semoga membantu.Tq

      Delete
  35. standar waktu rotasi kerja (perpindahan dari satu ruangan ke ruangan lain) *contohnya bagi perawat berapa ya pak*

    ReplyDelete
  36. pa dedy saya mohon bantuan nih
    4 personil, 2 shift. shift pagi 1 orang shift malam 2 orang gimana caranya ya? 5 hari kerja 1 hari libur makasih

    ReplyDelete
  37. salam kenal mr. dedy dari Medan..

    perusahaan kami menggunakan 4 grup 3 shift dengan rumus shift 1 1 1 2 2 2 H H 3 3 3 H
    bagaimana ditinjau dari segi efisiensi overtime, karena biaya overtime membesa dikarenakan Holiday Adjustment?dan bagaimana bila ditinjau dari segi kesehatan si Karyawan?

    Thanks be4 mr eddy

    ReplyDelete
  38. saya mau tanya istilah seperti DP EO itu apa ya

    ReplyDelete
  39. Salam kenal Pak Deddy,

    Pak deddy...saya baru joint kerja di Restoran.Bagaimana cara pembagian shift kerja utk 2 shift? Kita buka dr jam 08.00 - 23.00 dan rencana akan tutup 2jam antara jam 15.00-17.00.Terima Kasih,

    ReplyDelete
  40. salam kenal P'deddy,

    Mohon pencerahaanya bagaimana cara membagi shift kerja untuk 3 Shift, shift 1 jam 06:00-15:00,shift2 00:14-23:00,shift3 22:00-07:00, shift 1&2 2orang shift3 1orang, sehari 1orang libur.saya coba otak-atik kaga ketemu.

    ReplyDelete
  41. mohon bantuannya,,,yang dimaksud sistem shift kerja 2-2-2 apa?dan bagaiman pengaplikasian untuk 6 org pgawai?

    ReplyDelete
  42. Mohon bantuan, sy kerja d perusahaan Retail.. Jumlah all personil 9 org, akn d buatkan jadwal 3 shift, dsni sy bingung utk mmbagi hari libur ny biar adil & tdk memberatkan tim sy.. Mohon pencerahan ny..

    Slm kenal (ian)
    Trim's

    ReplyDelete
  43. Gan gimana cara pembagian jadwal 3 shift dengan 7 anggota,,biar bisa adil pembagianya.

    ReplyDelete
  44. terimakasih infonya .
    sangat membantu untuk referensi yang saya butuhkan .
    tapi saya masih bingung , dimana saya dapetin buku tentang manajemen shift kerja yang berhubungan dengan tingkat kelalahan ? judul bukunya apa ? mohon info yang tau . :)

    ReplyDelete
  45. Dear Pak,

    Mohon dibantu kalau saya mau menyusun sistem kerja 2 shift dengan 4 Grup. 5 hari kerja 2 hari libur.

    Tks

    ReplyDelete
  46. pak mohon advice nya, bagaimana cara menyusun jadwal dengan 5 staff dan 3 shift ( restoran ) terima kasih

    ReplyDelete
  47. Permisi,
    Maaf mengganggu.

    Saya mendapat kesulitan mengatur jadwal shift 10 karyawan untuk 3 shift,
    bagaimana ya cara mengatur jadwal shift-nya agar supaya cukup adil dan baik ?!
    Mohon sedianya dapat membantu saya.

    Terima kasih,
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  48. selamat siang admin...mau tanya untuk pekerja shift yg menggunakan sistem 4G3S seperti gambar di atas...apakah ada kelebihan hari kerja?
    dan apa bila ada hari libur nasional di hitung lembur apa bila karyawan tersebut masuk.
    terimakasih....mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  49. bang bisa kasih keuntungan shift work ?,dan keuntunga dan kerugian job sharing,buat tugas sekolah om

    ReplyDelete
  50. Permisi,,
    aku mau minta tolong ada yang bisa bantu saya untuk memberikan solusi membuat jadwal 2 shift dengan karyawan 11 orang untuk cleaning serviceterima kasih

    ReplyDelete
  51. Malam.. sya mau tanya, klo system shift seminggu2 apa ada yg di langgar. Contoh.. kerja shift1 masuk jam 6 pgi, plang jam 2 sore dari hari senin sampai sabtu. Minggunya masuk malam jam 22.00 plang jam 06 pagi sampai malam sabtu. Kemudian shift siang jam 14.00 di hari senin. Uang shift tdak ada. Yang ada uang kelebihan jam krja sebesar 20% dari gaji pokok. Mohon penjelasannya. Trima kasih.

    ReplyDelete
  52. saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH KABOIRENG dan dengan senang hati MBAH KABOIRENG mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi MBAH KABOIRENG semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH KABOIRENG DI =085399278797= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH KABOIRENG atau klik http://togelmalaysia34.blogspot.com/

    ReplyDelete

This Blog Free of Advertisement