Bulan November lalu, seorang teman dari perusahaan plastic menghubungi saya. Satu Screw Compressor unit daya 50 HP bermasalah yaitu Over Heating ! hampir 2 minggu, Engineering perusahaan teman saya ini coba cari solusinya dan sialnya gagal. Setelah saya pelajari masalahnya dan sempatkan mampir untuk melihat kondisi compressor. Dari penampakan visual saya yakin problem kompresor sudah merambat ke arah blok screw. Saya sugest kompresor harus diopname oleh Technical Service dari Suplier karena perbaikannya masuk kategori major (berat). Dua minggu kemudian, kompresor kembali running.
Sebenarnya pengaruh shut off terhadap operasi perusahaan hanya 17% karena mereka sudah memiliki cadangan 1 unit compressor piston 15 HP, akan tetapi teman saya mengeluhkan opportunity cost yang timbul , selama 2 minggu teknisi senior terfokus pada case ini, padahal mereka sudah memiliki schedule kerja yang harus diselesaikan.
Belajar dari kejadian ini, gangguan pada unit-unit utility bisa memberikan dampak sangat besar, dalam artikel ini saya akan sharing mengenai masalah, yang sebenarnya bisa kita cegah. Saya akan berbagi dengan anda untuk pencegahan maupun perbaikannya. Kali ini saya akan menulis topik yang sangat teknis. Mengatasi Overheating pada Screw air Compressor. Beberapa teknisi menyebut problem ini dengan istilah ‘Over Temperature’.
Sebenarnya pengaruh shut off terhadap operasi perusahaan hanya 17% karena mereka sudah memiliki cadangan 1 unit compressor piston 15 HP, akan tetapi teman saya mengeluhkan opportunity cost yang timbul , selama 2 minggu teknisi senior terfokus pada case ini, padahal mereka sudah memiliki schedule kerja yang harus diselesaikan.
Belajar dari kejadian ini, gangguan pada unit-unit utility bisa memberikan dampak sangat besar, dalam artikel ini saya akan sharing mengenai masalah, yang sebenarnya bisa kita cegah. Saya akan berbagi dengan anda untuk pencegahan maupun perbaikannya. Kali ini saya akan menulis topik yang sangat teknis. Mengatasi Overheating pada Screw air Compressor. Beberapa teknisi menyebut problem ini dengan istilah ‘Over Temperature’.
Compressor terbagi kedalam beberapa Type, anda bisa lihat gambar dibawah.
Type Compressor |
Jenis Screw termasuk dalam golongan Rotary Compressor. Beberapa Manufacture menyediakan Compressor dengan tekanan angin 8, 10, 13 bar dengan daya motor 3 – 500 HP.
Prinsip kerja Screw Air Compressor
Screw Air Compressor Flow Diagram |
A) Kompresor udara jenis ini menggunakan 2 Screw yang berputar dalam ruang screw yang disebut Air End (3) . Putaran 2 komponen screw ini akan menyebabkan hisapan pada Intake Valve (2) dan menghasilkan udara bertekanan pada lubang keluaran (discharge).
Ruang Screw |
B) Udara bertekanan memasuki Separator Tank, yang berfungsi memisahkan oli dan udara, sehingga udara bertekanan yang dihasilkan tidak mengandung oli. Jika anda melihat dalam Gambar diatas, prinsip kerja separator sederhana. Dibagian tengah tabung terdapat separator foam, sejenis busa yang akan melewatkan partikel udara, dan menangkap partikel oil dan menjatuhkannya ke dasar Tabung (Blue Color). Udara bebas oil tadi memiliki temperature cukup tinggi ( 80 – 90 0C), sehingga harus dilewatkan pada pendingin / air coller (9), sebelum dikeluarkan melalui Air Discharge line (10) untuk memasuki system eksternal.
separator tank |
C) Oil dengan temperature tinggi yang tertampung dalam dasar tabung separator bergeraka menuju air filter housing unit. Unit ini terdiri dari Oil Filter (19) yang berfungsi memisahkan kotoran dan unit manifold, yang berfungsi mengatur distribusi oil menuju dan dari Air Coller (9). Ada beberapa type coller, yaitu Liquid coller dan air coller. Gambar Flow proses diatas menggunakan model Air Coller, yaitu udara dibagian bawah radiator dihembus paksa dengan menggunakan Fan (13), melalui sirip-sirip coller unit, dan membawa panas oil ke udara bebas melalui prinsip heat transfer. Mekanisme ini mirip dengan prinsip kerja Condesor Udara pada system pendingin dan Radiator mobil.
Oli yang sudah melewati Coller dan suhunya telah turun, masuk kembali ke Oil Filter Housing Unit, untuk didistribusikan kembali ke Air End atau Ruang Screw.
Oil Filter Housing Unit |
D) System yang tidak kalah vital yaitu pelumasan pada bearing screw. Kebetulan dalam flow diagram tidak terlihat, Air Filter Housing Unit juga mensuplay oil untuk melumasi bearing screw. System ini memiliki pengaruh sangat besar terhadap kasus Over Heating atau Over Themperature pada Screw Air Compressor.
E) Temperature System Compressor dideteksi dari Temperature Oil. Dalam Separator Tank, dipasang sensor temperature / Thermostat (20) yang akan membaca aktual temperature oil, dan langsung mengirim data ini ke Electronic Processing Unit. Temperature kerja normal berada di kisaran 85 – 95 0C. Jika lebih dari 100 0C, system tetap berjalan dengan disertai peringatan. Biasanya system disetting automatic off di temperature 110 0C.
Panel Indicator |
Efek Over Heating
Yang dimaksud dengan over Heating yaitu, Temperature Kerja System kompressor melebihi 100 0C. Ini sudah tanda-tanda bahaya. Engineering harus melakukan pengecekan. Jika terlambat, temperature oil yang tinggi dapat menurunkan kualitas oil sebagai pelumas.
Masalah yang timbul berikutnya :
1. System pelumasan pada Bearing Screw tidak maksimal, ini akan menyebabkan kerusakan pada bearing.
2. Kerusakan Bearing akan berdampak pada putaran screw yang tidak stabil dan tidak center. Benturan antar Screw akan menyebabkan cacat screw. Ini menyebabkan efisiensi tekanan angin yang dihasilkan menurun.
3. Putaran screw yang tidak center berpotensi menimbulkan gesekan pada dinding ruang screw, meskipun masalah over heating sudah teratasi, masalah ini menyebabkan efisiensi tekanan udara akan berkurang.
4. Gesekan material komponen dalam ruang screw menghasilkan serbuk besi yang akan terbawa oleh oil. Ini akan menyumbat Filter Oil, jika tidak terdeteksi, volume oil yang kembali masuk kedalam ruang screw dan system pelumasan bearing akan berkurang. Bisa anda bayangkan jika komponen-komponen ini berputar dengan level oil dibawah standard. Kerusakan akan terjadi pada semua komponen dalam unit ruang screw (Air End).
Kondisi ini bisa jauh lebih parah, jika Thermo Control Unit tidak berfungsi dengan benar. System tidak bisa mendeteksi temperature aktual dengan akurat, harusnya mesin automatis stop tapi tetap running. Meskipun anda melakukan penggantian oil secara rutin dan mengikuti atuan Jam kerja mesin, kondisi ini tetap sangat berbahaya. Untuk mencegah ini, saya akan berbagi teknik pengecekan dengan anda :
1. Jangan hanya percaya dengan temperature display. Anda wajib memiliki Thermo Couple sendiri. Ada beberapa jenis, tapi saya lebih suka menggunakan type Laser Gun Thermo Couple.
Non Contact Infra Red Laser Gun |
2. Jika anda tidak memiliki alat yang saya maksud dalam poin 1. Perhatikan tanda-tanda di area bearing di Screw Unit. Jika cat terlihat mengelupas akibat panas, ini tanda-tanda bahwa compresor bekerja pada suhu yang melebihi standard. Asal diketahui pemilihan coating atau cat pada compressor atau motor sudah disesuaikan pada suhu normal atau ambang atas system. Jika melebihi, panas akan merusak cat.
Cat terkelupas di area Blok Bearing akibat over heating |
Penyebab Terjadinya Over Heating
Berikut beberapa hal, yang saya pikir bisa menyebabkan Over Heating
1. Sirkulasi udara dalam ruang kompresor tidak baik, sehingga suhu dalam ruang tinggi. Ruang kompresor harus di desain sedemikian rupa sehingga udara panas dari fan coller memiliki jalur khusus keluar (ducting) dan udara luar bisa leluasa masuk. Akan jauh lebih baik, jika pendinginan ruang kompresor menggunakan unit Air Conditioner ( AC ). Keuntungan penggunaan AC yaitu pendinginan ruang berlangsung dalam ruang tertutup, sehingga meminimalkan debu atau kotoran dari luar ruang untuk masuk kedalam. Partikel debu ini dapat terhisap oleh coller fan dan menyumbat sirip – sirip cooler unit. Kondisi ini menyebabkan pendinginan oil tidak optimal.
2. Oil sudah melewati Jam Kerja Normal.
Kondisi ini yang biasa terjadi, oil yang seharusnya diganti tapi tidak dilakukan. Oil yang melebihi Life time nya akan menyebabkan penurunan kualitas oil yang diikuti penurunan fungsi oil itu sendiri sebagai media pendingin dan pelumas. Ada 2 jenis oil yang ada di pasaran, yaitu Jenis Syntetic dan Jenis Mineral.
Jenis Syntetic : Harga Relatif lebih mahal, Life timenya ± 5000 – 6000 hours. Lebih tahan bekerja dalam suhu ekstrem dengan volume yang lebih rendah dibanding oil mineral.
Jenis Mineral : Harga lebih murah, Life timenya ± 2000 hours. Tidak diperuntukkan bekerja pada suhu ekstrem ( > 100 0C ) secara terus menerus, karena akan menyebabkan kerusakan pada komponen. Dari pengalaman dilapangan, membuktikan oil jenis ini dapat menembus separator foam, dan ikut terbawa sirkulasi udara. Sehingga harus rutin dilakukan pengecekan level oil dan segera lakukan penambahan oil jika diperlukan. Dalam pemakaian jangka panjang, oil ini akan lebih tinggi biayanya dibanding pemakaian oil syntetic.
3. Separator Oil tersumbat. Ini akan menyebabkan terhambatnya aliran udara keluar, sehingga tekanan dan temperature dalam separtor tank naik. Penggantian rutin antara 4000 – 6000 hours.
4. Pembuangan panas pada Coller Unit terhambat. Ada 2 Jenis coller yang biasa dipakai, yaitu menggunakan cooler fan ( air coller ), dan menggunakan pendingin air ( water cooler ).
Pada jenis air coller, hambatan transfer panas ini biasanya disebabkan kotoran atau debu yang melekat pada sirip radiator. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 – 15.000 hours.
Pada jenis Liquid coller, hambatan pendinginan biasanya disebabkan oleh adanya lapisan kerak. Sistem ini biasa digunakan dalam Generator Set ( Genset ). Liquid yang digunakan merupakan cairan khusus yaitu radiator coolant, jika tidak ada disarankan menggunakan air mineral yang bebas dari kandungan kapur/calsium. Cleaning rutin disarankan dilakukan pada 10.000 hours.
5. Filter oil tersumbat kotoran. Idealnya, setiap penggantian oil juga diikuti oleh penggantian Filter. Cleaning Filter oil tidak disarankan, karena spare parts ini tidak didesain untuk di cleaning atau di re-kondisi.
Filter Oil |
6. Mekanisme Distribusi dalam Oil Filter Housing Unit tidak berfungsi.
Jika dibongkar, blok ini terdiri dari beberapa katup yang gerakannya menggunakan mekanisme pegas. Jika mekanisme ini tidak berfungsi, distribusi oil menuju radiator akan terhambat. Efeknya oil tidak melewati proses pendinginan dan langsung masuk ke ruang screw. Untuk mengetahui masalah ini cukup mudah. Mesin dalam kondisi off, Buka selang Fleksible in dan out radiator, jika oil yang keluar dari radiator sangat sedikit, bisa dipastikan mekanisme dalam unit ini bermasalah. Atau anda juga melakukan pengecekan dalam kondisi mesin running. Gunakan Thermo couple. Bandingkan temperature di body luar ruang screw, pipa antara separator tank dan Filter oil, dan pipa oil masuk ke radiator. Jika pipa masuk radiator temperaturnya jauh lebih rendah, berarti distribusi oil menuju radiator terhambat. Bisa dipastikan Oil Filter Housing Unit bermasalah. ( tapi terlebih dahulu pastikan Filter Oil telah diganti )
Blok Manifold pada Oil Filter Housing |
Penutup
Jika akar masalah Overheating sudah diketahui, segera lakukan perbaikan. Harap berhati-hati saat melakukan perbaikan di mesin. Problem overheating pada umumnya menyebabkan efek berantai terhadap komponen lainnya. Misal Bearing Screw dan Screw. Teknisi perusahaan biasanya melakukan penggantian ringan ( minor ) seperti Ganti oil, Ganti Separator Foam, Ganti Oil Filter, dan Cleaning Cooler Unit.Namun untuk penggantian besar ( mayor ), yaitu pengecekan di ruang Screw Unit (Air End), saya sarankan untuk menghubungi Technical Service dari Suplier Kompressor.
Akhir kata, selamat menganalisa dan semoga sukses !
wah ini yang saya sedang cari2,
ReplyDeletebelum sempet baca, nanti kalau sudah dirumah baru dibaca,,,,
hehehe,,,,
boleh mas nanti saya tanya",
Ok,silahkan
DeleteSalam kenal mas bro
Delete.....
Maaf nih, saya mo nanya...?
Jika lampu indikator yg berwarna hijau selalu berkedip, bagaimana cara mengatasinya. Soalnya, pada saat posisi tersebut mesin g mau hidup.
Type mesin BOGE
Makasih atas bantuannya.
Dengan hormat,
DeleteUntuk penanya permasalah unit BOGE compressor dan bagi yang sedang berencana expansi pabrik dan membutuhkan unit kompresor udara dapat menghubungi saya: Heriwibowo/Sales Engineer PT. Ometraco Arya Samanta agent BOGE compresor di Indonesia, Hp: 0853 1056 8747 pin bb 2a5a3f60 email: b.heriwibowo@gmail.com
Maaf mas mau tanya..
DeleteApa ya penyebab kompresor mati dan keterangan di layarnya tertulis " tidak ada tekanan "..
Mohon infonya..
di tempat saya bekerja menggunakan Compressor Kointec EsayCom75 dan 55, kendalanya Display control kamu rusak, itu apakah masih ada yang produksi ya Mas??
ReplyDeleteOh, iya,
Mas Dedy, saya boleh masukkan Artikel ini ke blog saya tidak?
denysafari.blogspot.com
Coba contact PT.Hanshin, (021)5980222. Hargnya agak miring. Boleh, silahkan. Keep bloging ya
DeletePT. hanshin di indonesia pak?
ReplyDeleteoke, trimakasih atas izin nya,
lg problem neh Kompresor nya mas?
saat distart OK,
saat mencapai press yang diinginkan kami men set kompresor off, kemudian saat press yang ditentukan pula kompresor Run lagi,
masalahnya setelah off saat press yang diinginkan tercapai dan kompressor tidak mw ON lagi saat press kurang, yang seharus nya kompresor ON dy tidak mw ON,
Ada di indonesia den. Wah harus cek detail mslh & system comprsornya. Bisa karena presure switch. Atau malah plc nya. Km cek dl pressure switchnya, jgn2 hanya mslh di pengiriman dignal on off sj. Klau ykin tdk mslh. Cek kondisi plc. Cb liat di panel display indicator pressurenya. Km samakan dg manometer yg ada.di system eksternl atau di tabung accumulator. Penunjukkannya sama tidak. Klau jauh berbeda sprtinya electronic processing unitnya brmsalah. Pastikan manometer kondisinya ok.
DeleteWah baru sempet buka mas,,,
Deleten kompressornya sudah kebukur terbakar panel nya,
bisa gak sih itu disebabkan oleh control yang tidak bekerja sempurna seperti masalah saya di atas, auto ON/OFF Comp gak aktif??
Ini ada gambar Panel yang terbakar nya:
http://imageshack.us/a/img32/6935/g9yi.jpg
asumsinya dari kntaktor yang saya lingkari merah mas, itu kontaktor start.
cuma knp bisa terbakarnya yang saya masih belum ketemu.
hallo mas brow... salam kenal,
ReplyDeletebeberapa hari lalu screw compressor saya trouble, akhirnya teknisi saya yg mengecek, dimana kesimpulannya beringnya ada yg rusak, setelah di lakukan penggantian bering< pada saat runing screw compressor, tidak ada angin sama sekali.... mohon pencerahannya Mas....
salam
Hudi wibowo
Hallo Mas Hudi,
DeleteAgak susah menganalisanya kalau tidak melihat kondisi fisiknya mas. Tapi sebagai sesama engineer kita bisa discuss masalah ini. Jika tidak ada tekanan udara sama sekali (0 bar)saat running bisa berakibat fatal. Apakah motor masih dalam kondisi berputar? atau stop. Apakah ada tanda-tanda kebocoran packing di ruang kompresi? teknisi menyimpulkan baring problem, sebelumnya ada trouble apa? apakah ada hubungannya dengan pressure ?
Screw compressor merupakan type silent, untuk beban medium - high, Dan mensyaratkan sinkronisasi putaran 2 screw. Jika motor berputar, dan tetap tidak ada angin tolong dicek bagian udara masuk/intake, lepas filternya adakah hisapan dari ruang kompresi. Jika tidak ada, sepertinya pemasangan unit screw di dalam Air End ( ruang screw ) tidak presisi, sehingga kedua screw tidak sinkron dan kehilangan daya hisap dan tekan. Penggantian Bearing dilakukan oleh Teknisi dari Suplier Compressor atau Teknisi Internal ?
Mohon maaf, kalau opini saya tidak complete. Semoga dapat mencerahkan.
banyak faktor yang mengakibatkan tidak bekerjanya screw untuk menghasilka udara, klau setelah di gati bearing screw ga ada kompresii atau hasilnya berkurang, bisa jadi dari faktor spasi screw dengan housing, atau biasa disebut clirens...
Deleteawal di tempat saya bekerja mempunyai screw compressor ingersol, kemudian ada yg menawarkan screw compressor merk daewoo (Second dengan jam pemakaian 2000), tapi mesinnya merk MAN.
ReplyDeletenah yang mengalami kerusakan adalah screw compressor type daewoo dengan engine MAN. awal kerusakan adalah V belt nya putus, ternyata screw nya macet . saya menambil kesimpulan untuk membuka sendiri< mungkin karena pengin belajar atau supaya mesin bisa langsung di running hhehehee sy juga masih belum jelas....)
singkat cerita memang ada bering yg sdh rusak, dan setelah sy amati, ternyata comppressor ini sdh pernah overhole, dan sepertinya bukan teknisi nya yang melakukan overhole.
kemaren sy running, sepertinya tidak ada angin yg keluar dasi comprssor... dan bunyinya bukan juga seperti unload.... ( kedengarannya hanya seperti screw yg berputar, tanpa ada oli dan angin....
akhirnya sy buka lagi untuk mengecek piping dan sirkulasi oli dan udara.... hasil pengecekan saya, semua pipa tidak ada yg buntu dan pemasangan sdh benar...
barusan sy coba lagi.....
pada penunjuk tekanan line pressure tekanannya cepat sekali naik, tapi pada pressure gauge tidak ada tekanan sama sekali,
kesimpulan saya
untuk saat ini udara sdh ada, hanya tidak bisa ke air coller....hanya di line pressure....
analisa saya untuk permasalahan yg kemaren:
kemungkinan yg kemaren itu karena screw dan pipa2 oli belum ada olinya sehingga tidak ada tekanan angin... ( mohon masukan analisa saya pak...)
masalah sekarang, bagaimana supaya tekanan angin bisa ke air coller...??? ( mohon analisa nya brur.....)
btw..... marga anda sepertinya berasal dari sulawesi utara ya.......
GBU
hudi wibowo
pressure sebelum rusak masih normal,,, hanya lebih cepat panas.... awalnya sy berpikir screw comppressor ini walaupun second tetapi masih original...( maksudnya belum pernah overhoul)
ReplyDeletesehingga saya berasumsi kalau panasnya ini masih masuk toleransi, (batas overheat pada control tercantum 120 0C.)panas yg tercapai jika digunakan 24 jam 110. sebenarnya dengan panas 110 sdh cukup panas, karena pada compressor ingersol saya, panas tertinggi pada saat di gunakan hanya 90 oC
kemungkinan panas yg terjadi karena memang beringnya sdh kurang baik, , , ,
Mas Hudi ...
DeleteInformasinya cukup komplet, kalau boleh berikut hasil tebakan saya, untuk masalah compresor Open Type anda.
1. Sepertinya anda harus cek Filter Housing Unit. Parts ini satu Blok dengan Filter Oil, Filter biasanya menempel pada housing ini. Kalau Filter sudah pasti harus diganti.
Fungsi Filter Housing ini sebagai manifold, yaitu mengatur distribusi oil. Sepertinya Ruang Screw dan Blok Bearing Screw compresor anda kekurangan pasokan oil atau malah oilnya masih memiliki temperature tinggi.
Oil yang sudah dipisahkan di separator Tank diatur melewati Oil Filter dan secara mekanis didistribusikan ke Air Cooler untuk didinginkan, outlet coller ini masuk kembali ke Housing untuk disalurkan ke Blok Screw dan Bearing. Jika unit ini tidak berfungsi, Oil panas akan ter-baypass masuk ke bearing, atau malah tidak ada suplay. Jadi sistem pelumas tidak berfungsi, Jika temperature mencapai 100 C saat running, anda harus cek sistem compressor.
2. Masalah pada Bearing dan macet adalah efek. Akar masalah Compresor Ingresol anda bukan pada Bearing, tapi pada Sistem pelumasan dan Jadwal penggantian Oil yang melebihi jam kerja.Biasakan untuk mengganti Oil dan filter Oil secara bersamaan, Untuk Screw Comp. disarankan menggunakan Syntetic oil. Jangan hanya diperbaiki bearingnya, Satu Unit dalam Air End ( Ruang Screw ) lebih baik di cek dan repair secara total. Dengan Teknisi khsus compresor tentunya.
3. Coba dihitung capacity compressor terhadap pemakaian/beban, jika running 24 Hours, dan antara Loading dan Unloading sudah tidak seimbang, segera dipertimbangkan untuk menambah compressor. Jika dengan kondisi seperti ini, teknisi tidak disiplin melakukan penggantian oil sesuai jam kerja, ditambah jenis oil menggunakan oil mineral. Perlahan tapi pasti malapetaka sudah menunggu.
4. Kerusakan pada Bearing, Screw Macet, Atau jika anda tidak beruntung Housing pada Bearing ikut aus. Meskipun bisa running, efisiensi tekanan compressor bisa dipastikan akan berkurang.
Agar tidak berlarut-larut jauh lebih baik memanggil teknisi khusus compresor mas Bro. Agar cepat decision, mau di repair atau Beli Baru. Jika dipaksakan juga percuma, abis-sbisin daya listrik, apalagi tahun ini TDL naik 15%. Dihitung lagi keekonomisannya.
Betul mas Bro, keluarga saya dari Sulut.
Untuk permasalahan kompressor screw silahkan kunjungi web kami : www.airindo.co.id
Deleteatau bisa tanya melalui tlp langsung ke hp saya di 0877 4169 0046...
Salam,
Deni Arif Rahman
Sales Engineer
Mobile: 0877 4169 0046
thanks brur untuk banyak masukannya dan pencerahannya....
ReplyDeleteperusahan saya berdomisili di Tuban, jawa timur, apa ada referensi untuk teknisi khusus kompressor di daerah surabaya atau tuban barangkali ?
BR
hudi
Sama-sama Bro ... wah kalo compressor angin saya tidak ada contact didaerah sana.
Deletegapacitramandiri.com buka website ini coba
Deletecoba contact kami pak hudi
Deletewww.teknikutama.com
mas mau tanya, kalo thermostatic valve yg di kompresor fungsinya bwt apa ya?trus prinsip kerjanya sperti apa?
ReplyDeletethx sebelumnya..
thermostatic valve berfungsi untuk menstabilkan temperature air yang digunakan untuk sistem pendinginan ( water cooler ), prinsip kerjanya, thermostat di setting pada suhu tertentu, jika temperature output ( air discharge dan oil ) melebihi temperature set, maka valve akan membuka, sehingga cooling liquid (water) akan memasuki sistem radiator sampai tercapai batas temperature setting, valve otomatis menutup.
DeleteCompresore menggunakan 2 sistem pendinginan, yaitu dengan udara ( air cooler ) dan liquid ( water cooler ) dengan open loop atau close loop. Open loop system menggunakan cooling tower system, sedang close loop aliran pendingin hanya di sistem internal.
Tq
Mas mau tanya thermostatic valve pada semua merk kompresor sama atau berbedA YA.. dan cari nya dimana bila lokal punya
DeleteMas mau tanya thermostatic valve pada semua merk kompresor sama atau berbedA YA.. dan cari nya dimana bila lokal punya
Deletemas saya mau tanya kompressor screw saya 75kw thn95..tekanan anginnya cuma ada 7bar sdgkan saya butuh 8,5 tdk tercapai, apa sebabny? dan rusakny dmn?pdhl kompresor saya bru beli..thank
ReplyDeleteSalam Pak, kebetulan saya baca problem anda mungkin saya bisa bantu..
Deleteuntuk tekanan pada kompressor bisa di set melalui layar PLC tentunya dengan paswod terlebih dahulu..
biasanya passwod di rahasiakan dari penjual selama masa garansi..
NB: kompresor yg dibutuhkan harus dengan tipe 10bar.
Deni Arif Rahman
PT. AIRINDO MITRA UTAMA (JAKARTA)
MOBILE: 0877 4169 0046
Normalnya power segitu kompressor masih sanggup. cb ditelusuri dulu, kalau valve ke accumulator atau sistem piping out ditutup berapa pressurenya.
ReplyDeleteJadi ketahuan selisihnya. Cek dulu, barangkali ada kebocoran pada sistem outnya, apakah ada yang menggunakan sistem terbuka ( angin terus blow keluar ) ?. kalau 8.5 saja tidak tercapai, untuk 75 kw dan disitem out tidak ada masalah, secepatnya hubungi technical supliernya. Tq
Salam kenal mas Dedy,
ReplyDeleteSaya mengalami masalah over heating pada compressor screew kobelco kapasitas 40 HP, menurut teknisi kami kondisi oil cooler nya sdh tidak baik karena pada bagian fin nya tersumbat oleh debu powder coating dan sangat sulit untuk dibersihkan walaupun telah kami gunakan chemical (Tempat lokasi compressor memang sangat berdebu karena dekat dengan lokasi pengecatan)
Pertanyaan saya :
1. Apakan bisa oil cooler diganti dengan menggunakan outdoor ac ?
2. Apakah bisa oil cooler tersebut kami dinginkan dengan menggunakan chiller, maksudnya oli cooler tersebut direndam kedalam air dingin ?
mohon penjelasannya mas, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
Salam kenal mas welly,
DeleteOk, saya coba batu jawab ya.
1) Pipa freon di outdoor ac bisanya berbahan tembaga atau aluminium.beberapa produsen bahkan membuat sambungan klem antara tembaga, dan ini hnya bisa dilakukan oleh pabrikan. Sedang Oil coller menggunakan pipa stainless untuk jalur pipanya. Disamping itu fan untuk pendinginannyapun masih kurang. kecuali jika anda menggunakan kondensor unit chiller atau frezzer. ( bukan AC Split/Standing ).
2) sangat bisa, sistem ini biasanya dipakai untuk kondensor unit frezeer/ chiller type lama, yaitu berpendingin air. Anda bisa membuat tabung dan didalamnya anda bentuk lilitan stainless dalam jumlah ideal, agar jalur pendinginannya cukup panjang dan optimal, pastinya anda memerlukan unit cooling tower untuk mendinginkan air out dari tabung condensor.
Jika anda tidak ingin menggunakan cooling tower. Bisa digunakan Radiator Truk untuk pendinginan, jadi menggunakan air radiator, dan unit fan. Sistem ini mirip dengan sistem pendinginan pada Genset.
Sebaiknya anda pindahkan Unit compressor anda ke tempat yang lebih memenuhi syarat. Semoga penjelasannya memuaskan dan terima kasih.
Terima kasih atas penjelasannya mas, mungkin sebagai tambahan informasi dari saya, untuk jalur pipa yang menuju ke oil cooling yang ada pada mesin compressor tersebut juga menggunakan pipa tembaga jadi untuk penyambungan ke unit outdoor masih dapat dilakukan, kira2 saya membutuhkan outdoor chiller/frezzer dengan kapasitas berapa pk yah ?
DeleteSalam kenal pak Welly,
Deleteuntuk kompresor idealnya ditempatkan pada ruanagan yg bersirkulasi tinggi, agar kompressor dpt menghisap udara bersih dengan suhu max 40 derajat C...
penambahan outdoor chiller hanya akan meredam problem sementara, problem utamanya butuh ruang kompressor yang baru..
jika terpaksa, anda lebih baik mengganti fan collernya dengan menghub distributor kobelko (lbh baik dibanding harus menyambungkan pada Chiller Outdoor)...
Kunjungi Web kami: www.airindo.co.id
Salam,
Deni Arif Rahman
Mobile : 0877 4169 0046
Salam kenal mas Dedy
ReplyDeleteSaya mendapatkan masalah ketika saat saya magang...yaitu diberikan job mengenai cara menurunkan pressure dew point pada kompresor screw free oil...apakah bisa dijelaskan sekilas mengenai hal tersebut ?
Dear Bung Rhino,
DeleteSaya pikir yang dimaksud Temperature Dew point. Dew Point Temperature adalah titik embun udara artinya suhu di mana udara mulai mengembun menimbulkan titik-titik air.
Semakin rendah nilai Dew pointmenunjukkan bahwa RH ( relatif humidity ) semakin turun, agar kadar air dalam udara bertekanan / sistem tidak banyak mengandung air.
Untuk menurunkan RH, output udara sebelum masuk kesistem dilewatkan kedalam air Dryer. Ini cara yang umum.
Atau anda ingin mencoba cara ini. Letakkan compressor didalam ruang ber AC. Transfer panas menyebabkan udara yang dihisap compressor memiliki tingkat humidity rendah, dan dikombinasikan dengan sistem air dryer sebelum ke pipa output. Jangan lupa untuk membuat ducting / cerobong khusus untuk buangan fan coller ke luar ruangan, supaya tidak mengurangi capasitas pendinginan.
Selamat mencoba.
air dryer sudah dipasangkan pada instalasi kompresor tersebut tetapi hasilnya sama saja dan adakah opsi lain selain memasangkan dessicant dryer setelah output pada air dryer...apakah ada perhitungan mengenai menurunkan dew point tersebut?
Deletemohon jawabannya dan saya ucapkan terima kasih sebelumnya
salam kenal
ReplyDeletesaya david sitio, saya bekerja di PT. best sun technologi indonesia, tangerang yang bergerak di bidang penjualan Screw air comppresor dengan seri:
SA15A 20 HP
22A 30 HP
SA37A 50 HP
SA55A 75 HP
SA75A 100 HP
SA90A 120 HP
SA110A 150 HP
Informasi detailnya dan harganya bisa menghubungi sy di :
081370212978
08111040246
238c0b43
sitio_david@yahoo.co.id
david030978@gmail.com
Dear Bung David,
DeleteTq, semoga info nya bermanfaat
trimakasih untuk yang punya lapak mas, dedy londong....
ReplyDeletesaya ingin menawarkan kerja sama untuk perawatan kompressor dan refrigeration system, (air dryer,chiller dan lain2).
perusahaan kami telah bekerja sama dengan beberapa distributor merk kompressor
sperti, ATLAS COPCO,KOBELCO,INGERSOLLRAND.DAN SULLAIR. dan beberapa merk asing yang telah kami tangani,
kesipulanya, apapun merk kompressor yang bapak miliki, dngan kmampuan serta pengalaman kami di bidang kompressor dan refrigerant system, semoga kami dapat memenuhi kebutuhan maintenance kompressor (untuk part, baik original maupun oem dapat kami usahakandi pabrik bapak... sesuai dengan permintaan)
hubungi kami :
hendra mobile:08561891773 (teknisi)
http://www.aztekengineering.co.id/
Indonesian please...
ReplyDeleteWhy you wrote "oil filter" rather than "saringan oli" sir...? Is it to odd using the translation? Or is it you don't have the complete dictionary at your place? Be proud using Indonesian language sir...
Lebayy!
DeletePlease, focus pada topic.
cari blog bahasa gih sono
DeleteSalam kenal
ReplyDeleteSaya dari Pt. Sharprindo Dinamika Prima merupakan perusahaan manufaktur dibidang kompresor angin
Menyediakan berbagai macam kompressor dari kapasita 1 HP s/d 400 HP
Dengan model / type mulai dari
1. Kompressor Piston
2. Kompressor Scroll
3. Kompressor Screw
Lebih jelas bisa hub:
Rienda andriana
022_9296.9763 / 0878.2426.7559 / 0822.6223.9799
Pin bb 262493D4
Email : riendaandriana@yahoo.com
Atau sdp2shark.indonetwork.co.id
Salam kenal,
ReplyDeleteMohon ijin untuk Agan Dedi Londong untuk iklan di blog agan.
Saya dari CV. ASCJAYA yang bergerak dibidang overhaul screw compressor dan rental unit scew compressor.
Kami siap untuk bekerjasama dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul pada unit compressor rekan-rekan,
Kami berpengalaman dalam pekerjaan overhaul screw compressor merk Atlas Copco, Kobelco, Sullair, Kaeser, Abag, Allup, Boge, Hitachi, Mitsuseiki, Airman, dan masih banyak lagi merk screw compressor yang lain.
Untuk Unit Rental, kami menyediakan unit screw compressor dari berbagai merk dengan beasaran motor yang bervariasi dari 15 KW s/d 110 KW.
Untuk lebih lanjut, bisa rekan-rekan lihat di web kami : http//:www.ascjaya.com
atau bisa langsung kontak saya di :
- 085217111136
- 021 36825340
Salam
M. Bahrodin
Gan saya nanya soal atlas copco dong... habis libur sehari mau jalan trus ada tulisan "oil injection pressure low"
DeleteKira2 apanya ya??? Terimakasih...
mas kalau mau tanya tanya biar nambah ilmu boleh?
ReplyDeleteSalam kenal mas mw tanya gmn mengriset alarm oil vilter
Deletesalam kenal
ReplyDeletesaya omiyatul ichwan
saya punya masalah compresor atlas copco GA30, comp saya ini sering overheat setiap 15 menit sekali, padahal oil,oil filter,oil separator,thermostatic valve, udah ganti selama 5 hari yang lalu, bahkan cooling fin jg sudah sya bersihkan 3 kali selama 2 hari tp msh tetp overheat.
mohon bantuanya mas.
Coba dicek bearing shaft screw. Jika bearing aus, oli untuk pelumasan dititik ini akan overheat. Perhatikan area body screw compressor di area rumah bearing, apakah ada tanda2 over heat, cat mengelupas dll?
DeleteSalam Pak Omiyatul,
DeleteJika boleh saya sarankan, pada compresor Atlas-Copco memang sering terjadi hal demikian pada Screw Compressor Atlas yg usianya 4-5 tahun keatas...
Coba bpk ganti di Solenoid Thermostatic nya, biasanya rusak di bagian itu Pak,
Jika kurang jelas boleh menghubungi saya di 0877 41690046
Salam pak Omiyatul
DeleteSaya cuma sarankan coba bapak check di bearing nya.
Terkadang jika Bearing sudah ada keretakan atau kerusakan, maka screw tidak center lagi dan itu mengakibatkan heat yang tidak diketahui.
Trimakasih
Salam Kenal Pak Dedy,
ReplyDeleteSaya pratman dr tangerang.Terima artikle bpk sdh banyak memberi sy ilmu mdh mdhan bpk panjang umur n sehat selalu.
Saya pnya masalah tentang schedule perawatan overhaul ataupun maintenance compresor.Kbetulan difactory sy ada hampir 10 Unit compresor yang rata2 hampir full running ON setiap hari.Kondisi running ON ini harus menjaga tekanan miminal 6.5 kg di area produksi sistem pemipaannya agak panjang & jauh.Jika salah satu breakdown maka kondisi pressure tidak terjaga lg artinya dibawah 6.5 Kg. kondisi ini yang tidak bisa dipakai oleh produksi sebab
barang tidak jadi. mungkin bapak pnya schedule untuk masalah pengecekan overhaul atau maintenance berkala yng selama ini kami lakukan hanya daily check.Demikian pak dr sy
Salam
Note: klo berkenan mngkin bs send file pak jika pnya ke watashipratman@gmail.com
mas dedy mohon petunjuk mengapa oli compressor menjadi berwarna putih padahal oli nya baru oli yg kami pakai olimineraldan penyebabnya apa trima kasih untuk jawaban nya
ReplyDeleteKami bidang Pelumas juga Mas. Boleh tahu Compresor mas Satriono merek apa,pakai pelumas ISO berapa,atau SAE berapa? Oli sampai warna putih biasanya kaitannya bercampur dengan air,atau udara yang sangat lembab di sekitar kompresor yang mana saringan udaranya-pun sedikit bermasalah.
DeleteKami sarankan oli bekasnya dikirimkan ke LABORATORIUM,selama ini kami sering gunakan CORE-LAB yang di Jl.Cilandak Jakarta. Hasil Lab nanti akan menunjukkan berapa % airnya. Biasanya untuk kompresor kadar air tidak boleh lebih dari 0,2 %. Selamat mencoba!!
Betul yang disarankan Pak pantas, silahkan cek kondsisi Filter udara. Apakah ada yang rusak?
DeletePendingin yang digunakan apakah menggunakan udara (cooling fan) apa liquid ya.
Tq
mungkin suhu ruangan mengandung lembab air sehingga di hisap oleh kompresor. atau mungkin temperatur kompresor anda terlalu rendah (dibawah 70 derajat celcius), hal ini bisa menyebabkan ada banyak kandungan air
DeleteSelamat pagi mas,
ReplyDeletemasu tanya, saya ada permasalahan di komp kointec,
permasalahan nya:
kan menggunakan start delta,
saat di jalankan pada posisi start putaran motornya lamabat dengan ampere 200A, setelah pindah ke delta putaran nya normal (cepat) dengan ampere 100A,
saya kompersi dengan komp yang lain, saat start putaran motor nya normal tidak lambat,
mohon pencarahannya mas,
satu lagi untuk mensetting timer start detla dimana nya ya pak?
Numpang Jual Gan...
ReplyDeleteDijual Motor Listrik Compressor 75 Kw & 130 Kw
Hubungi 081212974060
Pin BB 220758 dd
Siap Replace All Filter All Brand....
Salam Kenal Pak Dedy,
ReplyDeleteSaya riko dr lampung.Terima kasih artikle bpk sdh banyak memberi sy ilmu mdh mdhan bpk panjang umur n sehat selalu.
Saya punya masalah pada compresor dyna.yaitu masih banyak nya oli yang terbawa oleh udara.sementara untuk filter separator sudah di ganti baru.mohon pencerahaan nya pa dedy.sebelumnya terima kasih banyak kepada anda.
Salam Pak Riko,
DeleteCoba anda pasangkan pada instalasinya Air filter & Air Dryer, itu berfungsi sebagai penyaring oli&uap Air yg terbawa oleh udara kompressor
Silahkan hub Saya Hp: 0877 4169 0046
Dear Pak Riko,
Deleteuntuk permasalahan oli yang terbawa ke line produksi dapat di cek oil separator ( ganti baru ), scavenge line ( berfungsi atau tidak membawa kembali oli yang terfilter di oil separator.
PT. MultiKom Servis
Head office & Workshop
Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
Phone : ( 021 ) 74639491
Fax : ( 021 ) 74639492
E-mail : marketing@multikomservis.com
Salam Pak Dedy,
ReplyDeleteSy dan rekan berencana melakukan overhoule Airman Compressor Screw, Type : SWS 55S dan SWS 125 dan dalam hal ini kami kesulitan untuk membeli Spare parts kitnya. Bila berkenan dan mengetahui mohon referensi utk pembelian parts kit Airman Compressor type tsb diatas.
Terima kasih
Salam
Ikhwan
Wah kebetulan sekali Bung Ikhwan, minggu depan ada pameran manufacture ( electrical & power ) di Kemayoran, Jakarta. Saya referensikan anda juga datang.
DeletePak Ikhwan, silahkan hubungi saya untuk Part Mainkit Airman genuie Hp: 0877 4169 0046
DeleteKompressor kami airmn pds175
ReplyDeleteSaat di hidupkan udara tidak pernah lebih dari 3bar
Saat di buka anginya langsung habis
Jadi tidak bisa di gunakan
Saat di coba ganti oli kompressornya waktu di hidupkan
Oli nya malah mengalir ke selang2 yang kecil dan over heat
Ada solusi?
Dan apa jenis oli kompressor untuk airman pds 175 dan 125
Kompressor mungkin sudah waktunya Overhaul Pak, jd screw pemampatannya tidak presisi sehingga anginnya sedikit.
DeleteSilahkan bpk hub ke: 0877 4169 0046
salam pak Dedi
ReplyDeletesaya bekrja sbagai maintnence kompresor di FTI terdapat 7 kompresor stiap sya menangani masalah kompresor screw
pada over heting baru kali ini pada kmpresor 3 terjadi over tempratur setelah saya teliti panas yang di hasilkan pada rumah scruw ternyata bearing aus stlah saya ganti masih tetap panas oil baru, yang jadi permasalahan setiap pngaturan otomatis load temperatur naik sangat cepat jika manual tmpratur bagus ,mohon solusinya trimakasih
Coba di cek blok manifold oil filter. Jika mekanisme pembagi didalmnya macet. Distribusi ili ke bearing screw padti terhamvat. Blok Diganti baru jika perlu. Trims
DeleteCoba di cek blok manifold oil filter. Jika mekanisme pembagi didalmnya macet. Distribusi ili ke bearing screw padti terhamvat. Blok Diganti baru jika perlu. Trims
Deletekalau namaku nity aku sales compressor screw merk BOGE ( Best Of German Engineering) BOGE memiliki desigh yang simple dan mentens nya gampang,untuk lebih lengkapnya boleh di buka web nya di www.boge.com atau call me in 081210063812 thank friend
ReplyDeletePak dedi tolong tanya saya mempunyai semi hermatic compressor ac 80PK dengan memakai R-22,
ReplyDeletesaya tolong tanya idealnya untuk parameter:LO,HP.OP
terima kasih
Salam super, Pak Dedy
ReplyDeleteSaya sedang cari bahan untuk coating pada oil-free compressor. Mohon pencerahan
Terima kasih
Yoga
Salam,
DeleteBapak bisa coba datang ke workshop kami untuk hal tersebut
PT. MultiKom Servis
Head office & Workshop
Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
Phone : ( 021 ) 74639491
Fax : ( 021 ) 74639492
E-mail : marketing@multikomservis.com
Mas Bro mau tanya. Berapa kebutuhan air flow capacity compressor yang semestinya untuk mensuply mesin blowing dengan produksi gerigen 10Liter
ReplyDeleteperlu diketahui di dalam manual book mesin air flow comsumtion 2,5 m3/men 6-8bar
saya tanyakan untuk memastikan kebutuhan minimumnya. Mohon pencerahannya. Trimakasih.
Salam untuk mas dedy pemilik Akun,
DeleteMas Zulkarnaen,
saya merekomendasikan screw kompressor dengan Capacity (2,5m3/min + 20% agar supaya kompressor bisa load-unload normal/ tidak berbeban full) jadi Capacity = 3m3/min atau biasa menggunakan 30HP / 22kW
Mas bisa konsultasi teknis & juga penempatan yg ideal tuk kompressor pada saya,.
Hubungi Saya di Mobile: 0877 4169 0046
Or PIN BB: 24ed5bd7
Terimakasih,
Salam Sukses Semua
makasih gan infonya
ReplyDeletesalam semua..
ReplyDeletekami mau jual lengkap screw compressor kaesar sk 24 berikut air dryernya tahun 2009/2010 berhubung mau ganti yang lebih besar kapasitasnya. Saat ini kondisi masih bagus dan dipakai normal.Jika da yang berminat silahkan dihubungi ke 081364584351. Lokasi Tangerang
trims
Pontoh
saya habibi, membutuhkan kompresor bekas.. klo ada yg ngejual tlg hub saya by Email : habibi@kokusei-kogyo.co.jp Terimakasih
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMas bro saya mau tanya, apa penyebab dari naiknya airend discharge tempr, dan dimana posisi airend disch tempr itu berada, merk mesin nya kaeser tipe fsd571, 315 kw
ReplyDeleteMohon penjelasan nya mas
Thank's
mas bro, untuk trouble yang kaeser , biasanya dari sirkulasi oli yang kurang baik, atau dari sistem pendingin nya yang bermasalah,untuk sensor temperatur ada di screw yang di bagian belakang. jika itu sudah ok, berarti dari masalah screw nya yang harus di overhaul. untuk sharing bisa contac di hp saya 081319641222
Deletesalam mas Dedy
ReplyDeletekompresor saya bermasalah ada kebocoran pada air coolernya, beberapa waktu lalu sudah dilas alumunium tetapi jadi makin melebar terus, ada ga ya tukang las alumunium yang bagus didaerah cikarang dan sekitarnya. mohon infonya ya gan...
Salam mas dedy,,,
ReplyDeletethanks, atas infonya...sangat membantu sekali.....
jika boleh tanya,
schedule rutin apa saja untuk maintenance kompresor...jika tidak keberatan, saya minta bantuannya formnya....
bisa send email ke saya : aanmatt@yahoo.com
thanks n rgrd,
hasan
Dear All,
ReplyDeletePlease inform jika ada teman atau kerabat yg mau menjadi teknisi dessicant dryer atau yang biasa handle/overhaul compressor di kantor kami.
Cp Ruben 08174808803..Kantor berada di Meruya jakarta barat atau email hrd.ditajaya@gmail.com
Thnx
PT. Ometraco Arya Samanta
ReplyDeleteSole Agent BOGE compressor (Germany)
BOGE product:
Screw compressor Oil Injected & Oil free 4 kW - 355 kW (7,5 - 13 bar)
Piston compressor 1,5 kW - 30 kW (8 - 35 bar)
Piston Booster compressor up to 40 bar
Compressed air treatmen (Referigrant - Dessicant Dryer, Filter, Automatic drain, Air Receiver Tank dan accessories lainnya.
B. Heriwibowo
Sales Engineer
Hp. 0853 1056 8747
Email: b.heriwibowo@gmail.com
Pin bb: 2a5a3f60
PT. Ometraco Arya Samanta
Jl. Daan Mogot Km.12 No.9
Jakarta.
salam kenal pak Dedi
ReplyDeletesaya bekrja sbagai maintnence compresor screw kaeser dsd 241
baru kali ini pada kmpresor kaeser dsd 241 itu terjadi over heat ,terjadi over tempratur setelah saya teliti panas yang di hasilkan pada rumah screw keluar asap,oil cooler panas untuk pipa aliran air in,out pada cooler tidak berfungsi dengan baik ,mohon solusinya mas trimakasih
overheating pada air compressor bisa kita lacak dari beberapa tahapan.
Deleteperiksa oli pada air compressor anda, filter - filter, delta T pada in dan out oil cooler, noise pada screw, dan sensor.
PT. MultiKom Servis
Head office & Workshop
Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
Phone : ( 021 ) 74639491
Fax : ( 021 ) 74639492
E-mail : marketing@multikomservis.com
PT. MultiKom Servis
ReplyDeleteHead office & Workshop
Jl. Sukamulya Raya No.12A Serua Indah – Ciputat - Tangerang Selatan
Phone : ( 021 ) 74639491
Fax : ( 021 ) 74639492
E-mail : marketing@multikomservis.com
Salam kenal pak Dedi,
ReplyDeletedi factory saya pakai compressor Kointec 75KW dan 55KW neh,
permasalahannya,
* ampere yang di compressore 75KW terbaca pada ampere meter 148 A,
standardnya 140A (pada name plate)
* Comp 55KW terbaca 115 A, Standard 103 A (Name Plate)
sebab nya kenapa ya mas?
mohon sarannya mas untuk mengatasi ampere tinggi ini,
Terimakasih,
pak mau tanya cara menguras oli chiller sentrifugal yang benar gimana ya?
ReplyDeletemakasih
mau tanya mas.,kompresor kaeser termasuk jenis apa ya...?
ReplyDeletePostinga yg sangat membantu. MAs mau tanya...Apa nama komponen yang terbuat dari karet yang menghubungkan antara mesin (main Motor) keruang screw.komponen terbuat dari karet itu patah akibat bering tidak berputar. oh iya,kompresor trsbt ber Merek Altas Copco tipe XAS96
ReplyDeleteSalam Pak Mali Ong,
DeletePar itu disebut Ellastomer atau biasa Couple, biasa dipakai untuk Tipe Direc,..
Jika berkenan Saya dapat berkunjung ke Produksi Bpk & mencarikan Solusi Atau Partnya,..
Hp Saya : 087741690046
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletemohon maaf agak melenceng dari tema,Saya mau tanya cara untuk mengukur angin pada tiap mesin produksi gmana ya caranya? untuk menentukan besarnya mesin kompressor yang akan saya pasang. misal kalau pengukuran beban listrik kita menggunakan tang amper, kalau beban angin Alatnya apa ya? mohon penjelasanya trimakasih, Fadli Surabaya.
DeleteSalam Pak Rahmad,
DeleteEmailnya sudah saya Reply, mohon maaf Agak telat karena banyak email n pertanyaan yg masuk, tapi pasti sebisa saya akan saya jawab,.
terimakasih
HALLO SALAM KENAL PA Dedy , sy sedang mencari part part untuk kompresor airman pds 655 bermesin diesel untuk wilayah bandung sekitarnya.. apa Pa Dedy ada rekomendasi yg harganya bersahaja tentu nya Pa...
ReplyDeleteDan bila kawan2 ada info tolong di email datanya ke saya
derinyohansha@gmail.com
Terima kasih
Salam kenal P.Dedy ,
ReplyDeleteSaya msh baru dlm menangani screw comp.
Unit yg kami pakai kaeser SK25.
Kami mengalami problem oil filter bocor , kendalanya kami tidak pny sigma oil yg direkomendasikan.
Oli apa yg bisa sya pakai sebagai gantinya ya?
Mohon pencerahannya.
Salam
salam kenal pak, jika masalah seperti itu oli bisa diganti dengan spec viscocity yang sama yaitu 46. jika berminat saya bisa membantu
Deleteuntuk contac hp saya 081319641222
Slm kenal pak, artikel yg sngat berguna, nama saya ashari pekerjaan sehari-hari ngurus kompresor dan dryer, ada yg mau saya tanyakan dan mungkin sudah ada yg mencobanya, jika kelembaban udara (%RH) pd air intake kompresor (udara luar yg akan dihisap kompresor kita olah sedemikian rupa agar %RH turun) apakah kondensasi pada udara tekan yg dihasilkan kompresor jg akan menurun (syukur2) hilang? Bg yg sudah uji coba mohon di share, trims
ReplyDeletesalam kenal Pak Ashari, saya Rendro. kita ngobrol santai ya pak.
Deletekalau dalam ilmunya sih kita tidak akan dapat menghilangkan yang namanya H2O dalam udara, apalagi di Indonesia. apalagi setelah udara tersebut di kompres atau bertekanan. solusinya adalah ya yang Bapak urus itu ( dryer ).
pemilihan spek dryer juga harus tepat apalagi untuk udara indonesia yang tingkat kelembabanya lumayan tinggi, kemudian instalasi dryer juga harus benar.
nomor WA biar bisa sharing lebih santai...
Slm kenal Pak Ashari, sekedar mau Share informasi saja.
DeletePada dasarnya kelembaban udara iklim di Indonesia memiliki Nilai %RH 60-70%, pada tekanan 1Atm, Lalu dihisap melalui Intake Screw sampai terjadi proses kompresi maka yg terjadi %RH menjadi 100% dikarenakan yg terkompresi hanya udaranya saja uap air tetap, itulah yg menimbulkan adanya kondensasi..
Cara mengatasi berlebihannya Kondensasi adalah :
1.Pemilihan Compressor yg menggunakan Air Separator (bisa juga menggunakannya secara External Separator pada Output Compressor) biasanya ada pada Outputnya.
2. Pada Tangki Penyimpan udara dipakai Automatic Drain (pembuang air Otomatis) karena terjadi kondensasi lumayan besar didalam Tangki.
3. pemilihan Kapasitas Air Dryer yg agak lebih besar dari kapasitas Flow Screw,(Harus sering juga diperhatikan Automatic Drain nya, ini sering di abaikan padahal fungsinya sangat inti pada sistem Air Dryer).
Maaf jika Penjelasan saya terbatas & singkat, jika Anda berkenan saya dapat memberikan Training penjelasannya secara detail, untuk itu Kami sangat nantikan undangan dari Anda,. Hub Saya di 081281999746 email: denny.ar86@gmail.com
Terimakasih
Slm kenal Pak Ashari, sekedar mau Share informasi saja.
DeletePada dasarnya kelembaban udara iklim di Indonesia memiliki Nilai %RH 60-70%, pada tekanan 1Atm, Lalu dihisap melalui Intake Screw sampai terjadi proses kompresi maka yg terjadi %RH menjadi 100% dikarenakan yg terkompresi hanya udaranya saja uap air tetap, itulah yg menimbulkan adanya kondensasi..
Cara mengatasi berlebihannya Kondensasi adalah :
1.Pemilihan Compressor yg menggunakan Air Separator (bisa juga menggunakannya secara External Separator pada Output Compressor) biasanya ada pada Outputnya.
2. Pada Tangki Penyimpan udara dipakai Automatic Drain (pembuang air Otomatis) karena terjadi kondensasi lumayan besar didalam Tangki.
3. pemilihan Kapasitas Air Dryer yg agak lebih besar dari kapasitas Flow Screw,(Harus sering juga diperhatikan Automatic Drain nya, ini sering di abaikan padahal fungsinya sangat inti pada sistem Air Dryer).
Maaf jika Penjelasan saya terbatas & singkat, jika Anda berkenan saya dapat memberikan Training penjelasannya secara detail, untuk itu Kami sangat nantikan undangan dari Anda,. Hub Saya di 081281999746 email: denny.ar86@gmail.com
Terimakasih
SK POWER Compressor, Powered by Germany Technology, GOOD Quality but LOW PRICE... email: sk.intipersada@gmail.com
ReplyDeleteSalam kenal Mas Dedy
ReplyDeleteAda hal yg ingin saya tanyakan
1. Apa resiko jika kompresor load terus tanpa unload dlm 24 jam?
2. apakah karena load terlalu lama sehingga kompresor shutdown dengan sendirinya?
3.Terjadi indikasi alarm pada separator padahal baru 1 minggu diganti berserta oil dan filternya
kompresor merk sulair kapasitas 7 bar
mohon pencerahannya mas Dedy
terimakasih
mohon mas pencerahannya
Salam Pak Wakoer,
DeleteSebelumnya terimakasih lapaknya Mas dedy,
Saya dr Chicago Compressor USA Atlas Copco Group PIN: 529B2946 / 081281999746
1. dlm hal load - unload secara Aktual sya menyarankan lbh bagus load full 24jam (diberikan 1unit back-up bergantian running), pun kalau terpaksa hanya 1 unit saja tdk apa2, hanya pemakaian consumable partnya saja yg harus sesuai jadwalnya,..
2. jika Shutdown dgn sendirinya berarti ada indikasi Overhit (Panas terlalu tinggi) coba cek part2 apakah sudah sesuai atau sudah habis massa kerjanya.. ini yg menyebabkan suhu compressor menjadi panas, bisa jg kondisi Fan nya apakah normal atau tertutup debu sehingga menghambat pelepasan panas dlm compressor.
3. terjadi indikasi Alarm pada separator mungkin karena pada saat pergantian part separator lupa untuk mereset life hour pada indikator separator di PLC...
kami bersedia melakukan kunjungan Free untuk memberikan solusi di Produksi Anda Hub No. di atas
Terimakasih
Saya setuju saran pak arif.
DeleteSebaiknya menambah unit xompressor baru.
Karena jika compressor load 24 jam, ada indikasi kapasitas kompressor kurang besar pak.
Jika anda di jawa timur, bisa call kami
081553003615
Semoga kami bisa membantu
Salam
Jumadi scr
DENAIR Air Compressor, germany technology menyediakan segala jenis kompresor, mulai dari piston, screw, variable, energy saver, combine, portable, electric dll mulai dari 7HP sampai diatas 100HP, peralatan spt air dryer, air filter dll
ReplyDeleteMengapa DENAIR?
1. kualitas eropa harga asia (factory price)
2. mempunyai kantor perwakilan di surabaya
3. after sales service yang profesional
4. maintenance dan sparepart ready
5. garansi 1 tahun
6. bersertifikat CE dan ISO 9001 (sertifikasi standar eropa)
Tidak hanya menjual produk, kami juga menjual service dan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan setia kami. Segera buktikan!!!
website : www.denairgroup.net
no. hp : 081 33661 8989
alamat : Graha Pena Lt.16, Jl. A Yani No. 88, Surabaya
Salam kenal Mas Dedy,
ReplyDeleteSaya nanya soal Screw Compressor, Olinya berkurang terus setelah kita ganti separator Oli apakah Separatornya tidak bagus? Sebelum ganti separator kita tidak ada masalah dengan oli yang berkurang. setelah ganti separator baru beberapa hari kita sudah nambah lagi dan dari air buangan tangki terlihat awalnya putih lalu berubah ke coklatan seperti ada kandungan oli.
Mas Rizal Salam,
DeleteOli terbawa / lolos ke filter line, mungkin karena separator tidak bagus (Original), kemungkinan jg Pemakaian Viscositas Oil kurang Sesuai rekomendasi misal Rekomendasi 68 mass pilih yg 32 atau 46.
Atau bisa juga pemasangan separator kurang Pass di pipaone way oil, jd oil selalu terbawa ke udara..
Saya dr Chicago Compressor USA Atlas Copco Group PIN: 529B2946 / 081281999746
kami bersedia melakukan kunjungan Free untuk memberikan solusi di Produksi Anda Hub No. di atas
SK POWER Screw Air Compressor
ReplyDeletePowered by Germany Technology.
GOOD QUALITY But LOW PRICE
Tersedia 5 s/d 400 HP (Air/water Cooling)
Simple Operating but Easy Maintenance and spare parts.
Garansi : 2 tahun
Free Service S E L A M A N Y A ...!!!
Hubungi :
Suwandono
PT. SK INTI PERSADA
Telp: 021-84311673
HP. 0813 1883 5327
Email: sk.intipersada@gmail.com
yth
ReplyDeleteterima kasih atas informasi nya. bolhe saya bertanya, bagaimana cara nya menurunkan pressure pada compressor Atlas Copco Oil-Free Compressor
Max. Working Pressure:8 bar (116 psig)
Free air delivery: 6.6 I/s(14 cfm)
Installed motor Power: 3.7 kW (5 hp)
Voltage Siutable for: 400 V/ 50 Hz/3 ph
include air dryer
karena waktu di tes pertama, ketinggian pressure nya, mohon informasi
atas jawaban nya saya ucapkan terima kasih banyak
zakkir
cv.sothena@gmail.com
hallo semua nya,,,,
ReplyDeleteoh iya apabila ada trouble dalam masalah compressor pak perusahaan kami PT SEMERU TEKNIK MEGATAMA general sparepart compressor dapat membantu dan menyelesaikan masalah compressor anda. apabila ada kebutuhan atau trouble bisa hubungi saya.
Regards
Lola Karina
081210743596
Hallo kami PT SEMERU TEKNIK MEGATAMA bergerak di bidang general sparepart dan jasa kompressor angin merek eropa dan jepang. kami memilki trading di singapore dan jepang. harga di kami pun lebih murah dari distributor bisa sampai 10-15%. apabila ada kebetuhan jasa atau sparepart bisa hubungi kami.
ReplyDeleteterimaksih
Regards
Lola Karina
081210743596
misi gan mau tanya, apa penyebab berkurangnya oli pada kompresor tipe GA 11 merk atlas copco.mohon pencerahannya.terimakasih
ReplyDeletekalau oli lolos biasanya di karenakan oil separator yang sudah waktunya di ganti/ kurang baik. bisa juga ada sirkulasi yang tersumbat seperti scavenger line/ atau oil return valve nya . untuk sharing lebih lanjut bisa hubungi saya 085606641222
ReplyDeletemas mau tanya kalo masalah oil sink temperature pada chiller tipe ygas 300 tr ..biasanya apanya yang di cek terlebih dahuluu mas,,tolong bantuannya mas,,trima kasih
ReplyDeletemas mau tanya kalo masalah oil sink temperature pada chiller tipe ygas 300 tr ..biasanya apanya yang di cek terlebih dahuluu mas,,tolong bantuannya mas,,trima kasih
ReplyDeleteSalam kenal mas,
ReplyDeletekebetulan sekali mas artikelnya sangat membantu.... tapi saya ada masalah lain nih mas . . .
kalo untuk menghitung kapasitas kompressor bagaimana ya mas detailnya ?
soalnya kalo hanya menggunakan rumus Q=P/A saya cukup kesulitan mas
mohon bantuannya
terima kasih
numpang share gan. just info ada unit secong atlas copco GA 90&GA110 tahun 1994 total ada 5 unit.modul mk3 kondisi masih runing di pbrik. harga 100 jtan. kaeser sk 26 thun 2000 an. modul sigma control. harga kisaran 40jt kondisi ok. minat hubungi 085606641222
ReplyDeletepa saya punya compresor 10 pk ,mitsubhishi. di pake baru 2 minggu ,sekarang sudah masalah ilang compresi.kondisi compresor nyala tp tdk ada compresi nya.bagai man cara mengatasi nya pa
ReplyDeletepa saya punya compresor 10 pk ,mitsubhishi. di pake baru 2 minggu ,sekarang sudah masalah ilang compresi.kondisi compresor nyala tp tdk ada compresi nya.bagai man cara mengatasi nya pa
ReplyDeleteSaya mau tanya, apakah screw compresor memerlukan radiator untuk pendinginnya?
ReplyDeleteTerima kasih.
perlu pak tulus,
Deletenamanya oil cooler
tesst
Deletetesst
Deletetesst
Deletesalam kenal
ReplyDeleteIjinkan kami memperkenalkan perusahaan kami PT. TirtaJaya Lumasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelumasan premium yang mempunyai ketahanan terhadap Temperatur tinggi, tahan gesekan, tahan tekanan tinggi dan mempunyai ketahanan air dan lingkungan extreme.
Produk produk pelumas dan cleaner kami juga memiliki kemampuan dalam:
Vanish free- tidak menimbulkan kerak
Vanish cleaner – membersihkan kerak lama
Non foaming-tidak berbuih
Longer life time – umur kerja mesin lebih lama
Oil carry over yang lebih rendah
Flash point yang tinggi (245ºc-275 ºc)
Ketahan terhadap oksidasi
Tidak ada deposit/kerak
Titik leleh yang rendah
Viscositas yang lebih stabil terhadap panas mesin
Menurunkan temperature kerja mesin
Melindungin sirkulasi terhadap korosi
Menghemat pemakaian energy listrik
Kompatibilitas tinggi terhadap seals, connection dll
Pelumas dan pendingin yang efisien
Penggunaan pada: gearboxes, high pressure air compressors, rantai
kami siap membantu konsultasi, presentasi dan menyediakan produk-produk tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya dari Bapak / Ibu kami ucapkan terimakasih.
Many thanks
Christyanto
081287319587
Brosur Product PT. TIRTAJAYA LUMASINDO dapat didownload pada link berikut:
http://ultracheminc.com/technical-data-sheets/
http://www.jax.com/pressure-lube-prod…/industrial-lubricants
selamat malam... mau tanya mas.... merk atlas copco di tangki oli ada air... itu kira kira apanya ya mas... terimakasih... salam kenal dr saya herdy...
ReplyDeleteBro, kompressor saya Ingersoll Rand Siera, ada masalah tidak bisa running, muncul indikasi "Low Oil Pressure", apa aja yg harus saya check, mohon pencerahannya, thx
ReplyDeleteTolong share contact teknisi screw compressor yg bisa perbaikan masalah overheating pada compressor Wuxi 75kW.
ReplyDeleteHubungi saya aja pak. 085606641222
DeletePak hendriansyah,
DeleteSalam kenal pak.
Bapak yg ada di sumatra kah..??
Bapak bisa wasap atau tlp saya di 081553003615
Mungkin saya bisa bantu pak.
Salam,
Jumadi scr
Pak hendriansyah,
DeleteSalam kenal pak.
Bapak yg ada di sumatra kah..??
Bapak bisa wasap atau tlp saya di 081553003615
Mungkin saya bisa bantu pak.
Salam,
Jumadi scr
Salam engineer pak Dedy.
ReplyDeleteSaya teknisi spesialis screw air compressor dan water chiller.
Lokasi saya di surabaya, saya bisa support untuk seluruh area jawa timur dan sebagian jawa tengah serta bali.
Saya menangani perbaikan mesin screw air compressor dan water chiller.
Terima kasih buat pek dedy yang berkenan share pengetahuan.
Semoga dapat memberikan manfaat bagi teman2 sesama engineer.
Jika ada yang membutuhkan technical support untuk screw air compressor mohon bisa menghubungi kami.
Teknik Utama
Kawasan industri km,28 Driyorejo Gresik
Tlp.031 8982322
Fax. 031 8970863
Hp/ wasap. 081553003615
Email. scr.surabaya@gmail.com
www.teknikutama.com
www.teknikutama.co.id
Dwngan senang hati kami akan memberikan support kepada anda.
Salam engineer,
Jumadi scr.
Halo mas bro..mau nanya nih.. ditempat saya menggunakan air compressor Adekom.. mau cari spare part nya dimana ya,,, ni saya lagi nyari spare part Thermostatic nya 3020015.. mohon gan yang tau soalnya beli di vendornya langsung mahal banget..
ReplyDeleteJika anda ada di Jawa Timur Bisa menghubungi kami
DeleteTeknik Utama
Hp/WA. 081553003615
Jika lokasi di jakarta - tangerang, bisa saya survei kepabrik anda tuk visit Kompressornya.
Deletesaya juga bisa Supply Part Compressor berbagai merk lain
Call Urgent: 0812 81999746 (WA)
Siap memberikan solusi terbaik untuk Problem Anda
maaf mas mau tanya, sy menggunakan kompresor DENAIR DA-50A (Double Screw),apa ya yg menyebabkan V-belt motor cepat rusak (putus), dimana pada pully terasa lebih panas. terima kasih
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeletePak Ishari,
DeleteKemungkinan penyebab V belt sering putus ada beberapa hal.
diantaranya karena Alur pully sudah aus sehingga sudah tajam, atau karena beban airend yang sangat berat sehingga factor slip pada belt tinggi.
jika airend sdh berat putarannya, kemungkina bearing airend sdh aus.
jika anda di Jawa timur anda bisa menghubungi kami guna support lebih lanjut.
Teknik Utama
Kawasan Industri Km,26 Driyorejo Gresik
Gudang Legundi RT.6 RW. 2 Krikilan Driyorejo Gresik.
T/F. 031 8981322 / 031 8970863
HP/WA. 081553003615
email : scr.surabaya@gmail.com
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteane punya masalah nih gan,kompresor swan TCS-55cs-1 angin tercampur dengan oli...separator udah diganti,filter oli udah diganti...kira2 apa penyebabnya gan??
ReplyDeleteSalam Pak Arief Ahmad,
DeleteUntuk masalah Angin tercampur oli pada Line Produksi dikarenakan Oli Compressor terbawa tanpa adanya pemisahan Separated, namun bisa jg dikarenakan Pipa Oil 1way tersumbat sehingga oli sisa pada separator tidak terhisab lagi ke Airend itu yg memungkinkan oli terbawa ke line Produksi.
Saran:
1. Bersihkan Pipa 1way pada Tangki Separator
2. Gunakan Filter Line setelah Out Put udara pada Compressor (Pre & After Filter).
Salam Solusi,
Denny AR 0812 81999746(WA)
Email: denny.ar86@gmail.com
Salam kenal mas Dedi..
ReplyDeleteSelamat pagi..
Saya ada masalah pada kompresor atlas copco tipe GXe7FF,yaitu air selalu masuk terbawa hingga ke separation tank,saya sudah coba ganti satu set oil sep,oil fiter dan air filter tp masih aja ada air yg terbawa..
Sebelum nya terimakasih..
Mohon pencerahan nya..
Sukses selalu..
Terimakasih
Salam kenal mas saya mau tanya soal kompresor kaeser bsd 75.. Sering mati2 sendiri sedangkan pesan yg di tampilkan temperature ADT.. mohon pencerahannya trimakasih
ReplyDeleteSalam Angel,
Deleteitu menunjukan indikasi Compressor Overhit (PAnas berlebih),
di cek Lifetime pemakaian Filter Oli&udara nya, separator jg terutama Oli screw nya.
bisa juga telah habis masa kerjanya & harus pergantian.
Sya bisa Supply Part tuk semua Merk Compressor
Call Urgent: 0812 81999746 (WA)
Siap memberikan solusi terbaik untuk Problem Anda
oil thermostat valve nya sudah nyumbat kali mas
DeleteSalam kenal mas bro,
ReplyDeletemau tnya soal kompresor saya merk Cecato Csm 15 maxi,kompresor sering overheating pdhal wktu pemakaian baru 490 Jam.
tolong pencerahanya mas
BR
niman
Dear All
ReplyDeleteJika ada kebutuhan Air Compressors Type Oil Flooded or Oil Free, dapat menghubungi PT. Kobelindo Compressors (Kobelco Corp) :
021 7827092 or 08111597776
Pelanggan kami sudah lebih dari 3000 perusahaan sampai February 2016
Best Regards,
Danang Rony Saputra
08111597776
Perlu Rental Kompressor screw oil injected dan oilfree untuk food beverage&farmacetical berbagai ukuran bisa hubungi saya Acep Hp 081386221517.
ReplyDeleteDear Pak Ashellmy,
ReplyDeletesaya yusup dari Pt Triputra Globalindo Pratama Spesialis compressor angin terutama di Ceccato compressor,
mohon info untuk no telp yang dapat saya hubungi atau Contact ke saya di Nomor Telp 0821 1151 5226.
Thx.
Selamat pagi mas.
ReplyDeleteSaya mau tanya.
Kompresor saya sering mengalami rusak pada thermo probe.
Range pengukuran thermo probe 10-250 derajat celcius.
Apakah mungkin dengan temperatur kerja kompresor 190 secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada thermo probe tersebut?
Kompresor saya bekerja non-stop karena dihgunakan pada pembangkit listrik.
Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327
DeleteTotal Air Solution
Salam Pak Ismu,
DeletePertanyaan Bpk ada beberapa ygbelum diketahui :
1. Merk dan Jenis Compressornya, apakah tipe Screw Oil Inject atau Oil Free
2. Pengukuran Thermo dilakukan pada bagian mana dari Compressornya
3. Max temperatur yang diperbolehkan pada Kompressor jenis screw adalah 120 derajat C, jika bekerja lebih dari itu Alarm memberikan signal dan compressor shootdown, dan jika Alarm tidak bekerja maka kondisi bahaya karena part2 yg bekerja didalamnya tidak tahan panas hingga di atas 120 derajat apalagi hingga 190 derajat...
mohon di cek kembali alat ukur dan teknik pengukurannya..
Jika Compressor Bpk jenis Oil Free maka panas nya lebih tinggi sekitar 15% dari compressor Oil Inject..
Salam,
Denny AR
WA 081281999746
Mail : denny.ar86@gmail.com
saya punya mslh dengan compressor kyungwon 75kw mas, stlh dynamo d lilitan nya d perbaiki(di gulung ulang)bgtu di pasang kmbali pas compressor mau di hidupakn bgtu loading langsung trip ke pln. kira2 apa mslh nya mas mohon info dan bantuan nya
ReplyDeletejika posisi di jabodetabek bisa kita inspection di tempat pak.untuk sharing bisa DI 081319641222/ 085606641222
DeleteSalam Pak,
DeleteMungkin bapak beralamat pabriknya di Subang ya, karena saya pernah kesana di satu Pabrik Garment..
Untuk Masalah Compressor Bapak, biasanya jika motor sampai terbakar maka Contactor nta sudah dipastikan juga terbakar, maka Bpk perlu cek ke Kontaktornya Pak, dan perlu ada pergantian,..
Salam,
Denny AR
WA 081281999746
Mail : denny.ar86@gmail.com
saya punya mslh dengan compressor kyungwon 75kw mas, stlh dynamo d lilitan nya d perbaiki(di gulung ulang)bgtu di pasang kmbali pas compressor mau di hidupakn bgtu loading langsung trip ke pln. kira2 apa mslh nya mas mohon info dan bantuan nya
ReplyDeleteSilakan Hubungi Kami di: WA 081318835327
DeleteTotal Air Solution
Permisi Mas.. info dong, gmn cara memilih Air Drier yang sesuai untuk compressor?
ReplyDeletetrims
This comment has been removed by the author.
DeleteUntuk pemilihan unit air dryer yang benar sebaiknya disesuaikan dengan:
Delete1. FAD dari unit kompresor
2. Ambient temperature
3. Suhu udara dari unit kompresor.
3 hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar tujuan memasang dryer agar udara kering dapat tercapai.
B.Heriwibowo
PT. Ometraco Arya Samanta
Jakarta
Hp. 0852 1791 9697
Email: b.heriwibowo@gmail.com
Jika berkenan, kunjungi web : http://screwcompressor-indonesia.blogspot.co.id/2015/06/screw-air-compressor-di-indonesia-screw.html
DeleteSalam,
Denny AR
WA 081281999746
Mail : denny.ar86@gmail.com
Numpang promo yaa gan :)
ReplyDeleteNah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah.
Silahkan berkunjung diwebsite kami untuk mengetahui info” dari perusahaan kami dan price list penawaran juga. Klik website ini service kulkas surabaya
atau di website perusahaan kami cv anugerah teknik abadi
Permisi master sekalian....
ReplyDeleteSehubungan dengan semakin pesatnya pertumbuhan indrustrisasi di Indonesia yang tampak jelas terlihat dengan bertambah banyaknya pendirian pabrik-pabrik baru maupun
perluasan produksi, COMPRESSOR, REFRIGERATED AIR DRYER, FILTER UDARA dan CHILLER adalah merupakan pendukung yang sangat penting untuk mesin-mesin produksi
diberbagai industri tersebut. Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan kepada anda produk kami yang kompetitif dalam harga juga hemat energi berupa :
- "LINGHEIN" AIR COMPRESSOR, REFRIGERATED AIR DRYER, AIR FILTER
- DESICANT DRYER
- TOOLTEMP CHILLER dan HERO-TECH CHILLER
Produk LINGHEIN (the one of siliencest compressor) adalah merk dagang yang di produksi oleh PT. LINGHEIN Kompressor, dimana menggunakan teknologi Germany dan
merupakan anak perusahaan Group Atlascopco Swedia yang terkenal sebagai perusahaan pembuat kompressor terbesar di dunia yang sangat menekankan Reserch &
Development, sehingga Quality nya dapat di pertanggung-jawabkan. Selain itu, produk-produk LINGHEIN telah memenuhi Standart Internasional seperti : ISO 3857 - 2 : 1997
dan menunjuk PT. AIRINDO MITRA UTAMA sebagai SOLE DISTRIBUTOR resmi di Indonesia.
Semua penjualan produk LINGHEIN didukung pula dengan tersedianya SPARE PART dan AFTER SALES SERVICE yang terjamin.
Apabila Anda memerlukan informasi yang lebih jelas, silahkan menghubungi dan kami akan membantu anda. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih
PT. AIRINDO MITRA UTAMA
Hormat Kami,
Marhadi Wahyu D - Linghein Compressor
Sales Engineering
PT. AIRINDO MITRA UTAMA
Komplek Apartement Istana Harmoni Lt. 1 Blok 2U
Jl. Suryopranoto No. 2 - Jakarta Pusat 10130
Mobile : +6856 9512 3006
Email : sales02@airindo.co.id
permisi numpang promo .
ReplyDeletebagi yang mempunyaimasalah dengan air compressornya
semoga kami bisa memberi solusi.
CV MOZA SUKSES ABADI . Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang servis dan suplai spare part air compressor, air dryer . merk yang kami layani antara lain Atlas Copco, Boge, Compair, Demag, Ecoair, Hitachi, Ingersoll-Rand, Kobelco, Sullair, Fusheng dll
hormat kami
Arsa - sales engineering
Hp 085349484701
Mas mau nanya sekalian cari ilmu,saya perna bawa mobil truk besar udara yg di hasilkan ke tengki lambat perkiraan ada setengah jam,nah itu gmana ya,
ReplyDeleteMas mau nanya sekalian cari ilmu,saya perna bawa mobil truk besar udara yg di hasilkan ke tengki lambat perkiraan ada setengah jam,nah itu gmana ya,
ReplyDeleteMas kami menggunakan kompressor Boge S-29 ada masalah yaitu pressure angin yang dihasilkan kompresor sepertinya tercapai, padahal belum tercapai. Misalnya dari kompresor sudah menunjukkan 8 bar akan tetapi ditangki dilakukan pengcekan baru 6 bar. Saya sudah minta teknisi yang dulu kami beli dari mereka, tetapi tidak ditanggapi dengan baik. Mohon masukkannya mas terima kasih.
ReplyDeleteMas Edi Sukatno, mungkin ada yg eror pada Pressure gauge tangki.
DeleteUntuk memastikan nya bisa saya berkunjung ke sana, jika berkenan SMS ke saya 087741690046 makasih
Mas kompresor saya terdengar suara mendengung pada saat proses pengisian angin selesai. apakah ini ada kendala pada dryer atau bagian yg lain ?
ReplyDeleteSilakan Hubungi Kami di: WA 081318835327
DeleteTotal Air Solution
assalammualaikum.wr.wb
ReplyDeletesalam kenal mz dedy..
mau tanya nih siapa tau ada solusinya...
mz compressor screw type AEB 37 A punya kendala...
kami sebagai maintenance mendapatkan informasi dr operator bahwa compressor bunyi kasar...ketika kami cek memang kasar di bagian screw...
kami melakukan perbaikan ringan
poin pertama
1.menguras oli syntetic ( berwarna hitam pekat )
cleaning separator tank ganti oli syntetic baru
2.ganti oil filter housing karna yg lama sudah berkerak dan berlendir karna kotor
3.cleaning piping flering pubrikasi/pelumasan pada screw semua ada 3 pipa kecil
3.mengganti filter oil separator
4.membersihkan screw dengan oli persih sistem sirkulasi dengan putaran manual
5.cleaning hose/ oil line,oil injection online,air discharge line
6.membersihkan radiator dengan tiupan compressor tank ( sirkulasi )
poin ke 7 untuk kami tidak di perkenankan melakukan minimum pressure valve...dan screw itu sendiri
...
yg saya tanyakan mz dedy
ketika kami RUN normal tetapi ketika valve discarge line ( out put ) kami buka screw itu berat mengakibatkan van-belt itu selip dan berputar terbalik
ketika kami cek kembali posisi intake valve kami buka karna biar tahu intake valve hisap atau tidak tp yg terjadi di dalam screw mengeluarkan asap...keluar melalui intake valve...
dan kami melihat juga pressure guage tinggi/ naik tp se.akan akan di minimum pressure valve tidak bekerja dengan normal tp km belum bisa memastikan...
dan ketika screw kami putar manual yg terjadi hose oli injection online mengeluarkan oli padahal posisi putaran terbalik searah jarum posisi normal...tp ketika putaran searah jarum jam malah menghisap...
tolong mz dedi kasih tau solusinya
trimakasih
Itu karena putarannya terbalik mas, pada motor dan Screw dihadapan kita putarannya kekiri normalnya,.
DeleteKonsultasi & Visit Free Pra service hub 087741690046
mas yovi setiawan#itu coba ganti semua bearing didalam screw nya,,dan pastika screwmasih dalam keadaan baik( tidak lecet/beret),,,dancoba pasang kembali danpastika ketika pemasangan harus presisi dan benar ,,,
ReplyDeleteMaaf mas saya mau tanya cara masang strum dinamo kompresor angin,soal ko da 3 jalur,yg kanan/kirri putih.yg tngah hitam.yg putih 2 masuk ke otomatis.trus apa bisa pake colokan atau apa harus langsung k panel
ReplyDeletesalam kenal mas welly saya olla pak, saya memiliki usaha di bidang penambahan spare part air kompresor general pak maupun jasa service nya, numpang promosi yah pak apabila bapak bapak memiliki kendala mengenai kompresor dan butuh spare part kompresor apapun kami bisa membantunya pak, bapa bapa bisa hubungi saya di no {081316650277} terimakasih pak.
ReplyDeleteMenjual filter
ReplyDeleteAutomotif,industrial & Compresor
Mannfilter,Fleetguard,Racor,Cat
Perkins,Donalson,Sakura,Union
Jimco,Sure,Deutz,KS,kaiser,atlas copco dan lain-lain
Tlp/Wa/line 085883110710
Email:bintangfilterjakarta@gmail. Com
Terima Kasih atas kerjasama nya;-)
Numpang lapak bang dedi
ReplyDeletePerkenalkan saya Anton. Saya adalah teknisi service after market untuk kompresor merk Atlas copco di jawa tengah
Untuk mengatasi keluhan atau sekedar bertanya masalah troubleshooting screw kompresor bisa menghubungi saya di nomer 0812 9874 3736 atau wa juga bisa.
Untuk cek pra service free
Salam teknisi
Anton
Mas mau tanya nih kl kompresor IR cara merubah satuan dr psi ke bar gimana ya trims
ReplyDeleteZelamat pagi,
ReplyDeleteMas mau tanya
Normal temp oil pada screw compressor yang saya baca fi atas itu kiasaran 85_95
Itu berlaku pada semua jenis oil apa bgaimna mas. Maaf pertnyyaan dasar soal nya baru belajar mas.
Numpang tanya para suhu..
ReplyDeleteKami punya air screw compressor ingersoll rand mh45.. Permasalahn nya oli selalu keluar dari breather filter saat compressor load.. Tp kl saat unload,oli tidak keluar dari breather filter.. Mohon pencerahan nya para expert air screw compressor..
Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327
DeleteTotal Air Solution
Dimana Mas untuk cari spare parts ini
ReplyDelete1. FILTER HEAD P/N 9450 6917 .1037357 W 206
type :M-135 KAESER/SIGMA
Silakan Hubungi Kami di: WA 081318835327
DeleteTotal Air Solution
Terimakasih informasinya
ReplyDeleteJual Airman Kompresor Harga distributor Murah Termurah
ReplyDeleteRAGS Machinery menyediakan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan proyek anda.
Kami bergerak di bidang sales dan rental airman kompresor, genset, pompa kodok, forklift dan boom lift. Untuk pemesanan silahkan hubungi 0857 7959 8752 atau kunjungi website kami www.ragsmachinery.com
#ragsmachinery #airman #airmankompresor #airmangenset #jualkompresor #jualgenset #rentalkompresor #rentalgenset #pompakodok #xcmgtrailerpump #jakarta #indonesia #kontraktor #tambang #pln
Technical advisor,sparepart,service and maintenance industrial air compressored....
ReplyDeletePhone : 083807011107
Maaf min..sy saat ini mnglmi suhu tmprtur tinggi sampai 101. Padhl smuanya udh sy cek oli udh sy gnti sparator jg gnti + filter oli..baru jln 20 mnit udh trmprtur smpai 100. Itu prmaslhnya di mana y min mohon solusinya...
ReplyDeleteMaaf min ini nmer sy krna sy jarg online 085228465001..
DeleteTolong krim solusinya....
Mau tanya kode error E02..E03 dan E09 pada screw maksudy apa ya?
ReplyDeleteSekedar share siapa tau ada yang butuh solusi. Ini kontak saya 0821 4694 9448.
ReplyDeleteAnton. Engineering service compressor all brand and type.
Melayani seluruh indonesia tanpa terkecuali. Trims
Mau tanya om.. Kompresor ditempat saya model boge screw. Bukannya menghisap udara malah menyemburkan oli yg bercampur air. Mohon petunjuk om..
ReplyDeleteMaksudnya Oli keluar melalui valve in dan filter udara gitu ya,..?
DeleteMohon di cek pada saat kompressor tidak running, keluarkan oli dari tangkinya sedikit saja, biasanya terlalu banyak kandungan air nya,..
Jika ingin Saya kunjungi Free Hub atau WA saya
Salam,
Denny AR
WA 081281999746
Mail : denny.ar86@gmail.com
Mohon dibantu klo over pressure penyebabnya apa ya di compressor screw...setting load unload 6 dan 8 bar...tp malah jd 9bar dan langsung mati...tp klo anginnya di joss keluar sambil running malah normal..
ReplyDeleteSpertinya semua memang seperti itu Pak, Compressor screw jika ditutup Valve buangannya atau setengah, Pressure akan sangat cepat membalik dan Sensor membaca Over Pressur.
DeleteSaran jika di Running Valve output jgn ditutup.
Share Problem dan Solusi Screw Compressor dan Free kunjungan ke Pabrik silahkan WA: 0877-41690046
Terimakasih
Klo boleh saran coba dicek pressure sensornya
ReplyDeleteMau tanya. Saya ada compresaor ATlas Copco GA 30 C. Kendala pertamanya waktu start awal tekanan cuma mencapai 2 bar langsung overload karena terjadi overheating 120°. Kemudian saya mulai ganti blow of valve, oil filter dan oli. Kemudian saya start lagi ternyata mati mendadak. Setelah saya cek semua tdk ada kendala. Waktu start awal ternyata compresorr tdk bisa menyala/running padahal display ada tulisan loading.Mohon solusinya
ReplyDeleteSepertinya Kendala pada pemasangan listrik yang terbalik RST nya (3 phase), jadi Screw rotor nya nge jem, dan perlu dilakukan Overhaul dan dibongkar semua Airend nya.
DeleteShare Problem dan Solusi Screw Compressor dan Free kunjungan ke Pabrik silahkan WA: 0877-41690046
Terimakasih
saya punya compresor meiji 75hp,kalau dihidupkan bila sudah sampai 55kw
ReplyDeletekompresornya mati,alarm menujukan low voltage,{tegangan sudah dinaikan ,trafo step up sudah besar 300A} penyebabnya apa ya