Pull, Push dalam kamus bahasa berarti tarik, dorong. Jika membicarakan Lean Manufacturing dan Just In Time (JIT), rasanya dua kata ini sangat erat kaitannya.
Dibanding Push System, Pull System yang lebih menjadi pusat perhatian dalam implementasi JIT . Pull merupakan proses operasi mulai dari tahap pembelian hingga delivery customer yang hingga saat ini dianggap modern dan bisa mengikuti arah pasar. Sedangkan istilah yang satunya, yaitu Push system, merepresentasikan sebuah system operasi tradisional dan konservative, identik dengan aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah atau istilahnya "waste". Untuk menghindari stock out, manajemen menentukan tingkat volume pembelian material dan level of inventory, tidak berpedoman pada turunnya Purchase order (PO) customer. Sebagai acuan yaitu forecasting atau peramalan tingkat penjualan.
Dalam manufacturing, Pull System kurang lebih memiliki arti sebagai berikut :
a) Venkatesh (1996) menyatakan pada sistem push, sebuah mesin melakukan proses produksi tanpa harus menunggu permintaan dari mesin yang akan melakukan proses berikutnya. Sebaliknya pada sistem pull, sebuah mesin melakukan proses produksi hanya jika ada permintaan dari mesin yang akan melakukan proses selanjutnya.
b) Goddard dan Brooks
(1984), sistem push dan pull diasosiasikan dengan aliran informasi. Mereka
mendefinisikan push sebagai aksi untuk mengantisipasi kebutuhan,
sedangkan pull sebagai aksi untuk melayani permintaan.
c) Villa dan Watanabe
(1993) menggambarkan kaitan sistem push dengan proses manajemen dalam
upaya mengurangi risiko stock-out, sedangkan sistem pull sebagai suatu
proses produksi yang mengalir dengan ekspektasi inventori sekecil mungkin.
Pure Push and pull System |
Bagaimana Pull and Push System dari sudut pandang JIT ?
Sistem
produksi tepat waktu (Just In Time) adalah sistem produksi atau sistem
manajemen fabrikasi modern yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Prinsip dasarnya, perusahaan hanya memproduksi jenis-jenis barang yang diminta sejumlah
yang diperlukan dan pada saat dibutuhkan oleh konsumen. Just In Time (JIT)
adalah suatu keseluruhan filosofi operasi manajemen dimana segenap sumber daya,
termasuk bahan baku dan suku cadang, personalia, dan fasilitas dipakai sebatas
dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk mengangkat produktifitas dan mengurangi pemborosan (waste).
Just In Time didasarkan pada konsep arus produksi yang berkelanjutan dan
mensyaratkan setiap bagian proses produksi bekerja sama dengan
komponen-komponen lainnya.
Just In Time |
Konsep
dasar JIT diimplenetasikan dengan baik pada sistem produksi Toyota, system ini berhasil menyesuaikan
diri terhadap perubahan akibat adanya gangguan dan perubahan permintaan, dengan
cara membuat semua proses dapat menghasilkan produk yang diperlukan, pada waktu
yang diperlukan dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.
Dalam sistem pengendalian produksi yang biasa (konvensional), syarat di atas dipenuhi dengan mengeluarkan berbagai jadwal produksi pada semua proses, baik itu pada proses manufaktur suku cadang maupun pada lini rakit akhir. Proses manufaktur suku cadang menghasilkan suku cadang yang sesuai dengan jadwal, dengan menggunakan sistem dorong, artinya proses sebelumnya memasok suku cadang pada proses berikutnya. (push system)
Dalam sistem pengendalian produksi yang biasa (konvensional), syarat di atas dipenuhi dengan mengeluarkan berbagai jadwal produksi pada semua proses, baik itu pada proses manufaktur suku cadang maupun pada lini rakit akhir. Proses manufaktur suku cadang menghasilkan suku cadang yang sesuai dengan jadwal, dengan menggunakan sistem dorong, artinya proses sebelumnya memasok suku cadang pada proses berikutnya. (push system)
Pull system adalah aksi untuk melayani
permintaan. pull system sebagai suatu proses produksi yang mengalir dengan
ekspektasi inventori sekecil mungkin.
Push system adalah aksi untuk mengantisipasi kebutuhan, push system dengan proses manajemen dalam upaya mengurangi risiko stock-out. Perbedaan pull system dan push system yaitu bahwa sistem manufaktur push membutuhkan ketersediaan inventori untuk mendukung kelancaran proses produksi, sedangkan sistem manufaktur pull menghendaki ketiadaan inventori karena dipandang sebagai beban biaya.
Contoh dari pull dan push system adalah pada pull , sebuah mesin melakukan proses produksi hanya jika ada permintaan dari mesin yang akan melakukan proses selanjutnya. Sebaliknya pada push system,sebuah mesin melakukan proses produksi tanpa harus menunggu permintaan .
Push system adalah aksi untuk mengantisipasi kebutuhan, push system dengan proses manajemen dalam upaya mengurangi risiko stock-out. Perbedaan pull system dan push system yaitu bahwa sistem manufaktur push membutuhkan ketersediaan inventori untuk mendukung kelancaran proses produksi, sedangkan sistem manufaktur pull menghendaki ketiadaan inventori karena dipandang sebagai beban biaya.
Contoh dari pull dan push system adalah pada pull , sebuah mesin melakukan proses produksi hanya jika ada permintaan dari mesin yang akan melakukan proses selanjutnya. Sebaliknya pada push system,sebuah mesin melakukan proses produksi tanpa harus menunggu permintaan .
Push and Pull System dalam Realitas
Saya
menganalisa kembali definisi – definisi diatas, secara garis besar system Pull
merupakan implementasi dari Just In Time yang bertujuan untuk mengendalikan
waste, pemborosan, MUDA, dan banyak istilah lainnya yang intinya "kesia-siaan". Caranya yaitu dengan melihat aliran proses
mulai dari tahap pembelian material hingga penyimpanan finish good tidak ada yang tertahan, inventory dianggap
sebagai pemborosan. System Push yang
lebih konvensional/tradisional dianggap berseberangan dengan konsep ini. Pengendalian Inventory mulai dari material,
Work In Process, hingga Finish Good, itulah kata kuncinya.
Parts, Mungkinkah semuanya menggunakan Pull System ? |
Bagaimana
dengan realita dilapangan ? sejauh
pengamatan saya, tidak (mungkin) ada
perusahaan yang bisa menerapkan system Pull atau Push secara sempurna. Anda akan bilang, bagaimana
dengan Toyota ? jawaban saya
seperti ini, sebagai Assembling Proses benar Toyota melakukan
proses berdasarkan tingkat pesanan. Lantas bagaimana dengan Produksi Suku
Cadangnya ? bukankah penentuan buffer
stocknya berdasar forecast ? Lalu bagaimana dengan perusahaan-perusahaan
pensuplay parts, misal perusahaan Ban, kabel, Jok, Mur Baut, busa, filter oil,
busi, kaca temper, hingga sticker. Saya
sangat yakin perusahaan-perusahaan pensuplay ini ( dan tentunya saya anggap
sebagai rantai industri otomotif Toyota )
harus memiliki stock material seperti karet alam, carbon black, Syntetic
Rubber, Besi, aluminium, kaca dll. Mengapa harus memiliki stock? jawabannya simple, 1) Terkait dengan jarak yang relatif jauh antara produsen dan pabrik, 2) beberapa material
memiliki harga yang fluktuatif, 3)
mengoptimalkan biaya pembelian. Lalu, apakah masih layak dikatakan Toyota
menerapkan Pull System murni (Pure Pull)? Saya yakin, jawabannya Tidak. Melepaskan posisi
suplier parts sebagai share holder dalam
industri otomotif (di Indonesia) sangat tidak logis..
Komponen Sepatu |
Tidak
ada industri yang menerapkan salah
satunya secara terpisah. Ada contoh lain
yang lebih ekstrim, Industri sepatu yang memiliki kontrak memproduksi sepatu Nike, Adidas,
Reebok, Mizuno, Filla, New Balance, dan branded shoes yang lain adalah bentuk industri yang menerapkan konsep Make To
order (MTO) dengan sempurna,
perusahaan-perusahaan ini tidak akan memproduksi sepatu yang belum dipesan.
Karena produksi sepatu sangat tergantung
dengan season ( musim ), Gender ( man, woman), Usia ( baby, child, mature ),
ditambah lagi dengan syarat Size (
ukuran ), dan spesifikasi unik lainnya yang rasanya sulit bagi mereka untuk sengaja membuat stock finish good. Apakah perusahaan Sepatu menerapkan Pull System secara murni ?
Jawabnya tidak! Karena ternyata beberapa material harus diorder berdasar karakteristik ini, akan tetapi bagaimana dengan material rubber atau bijih plastik untuk proses molding atau injection membuat out sole, leather, PU Syntetic, Textile, Solvent & Chemical, benang, dll. Sekali lagi, beberapa material tetap harus memiliki stock inventory dalam batas optimum untuk memberikan jaminan kelancaran suplay saat proses produksi.
Jawabnya tidak! Karena ternyata beberapa material harus diorder berdasar karakteristik ini, akan tetapi bagaimana dengan material rubber atau bijih plastik untuk proses molding atau injection membuat out sole, leather, PU Syntetic, Textile, Solvent & Chemical, benang, dll. Sekali lagi, beberapa material tetap harus memiliki stock inventory dalam batas optimum untuk memberikan jaminan kelancaran suplay saat proses produksi.
Bagaimana
dengan push murni (pure push) ? jika perusahaan ini memonopoli pasar (seperti Bulog, Garam,
dll) penerapan push murni sangat ideal dilakukan, karena fokusnya lebih pada volume produksi, seberapapun
quantitynya pasar masih bisa menyerap. Akan tetapi dalam situasi kompetisi,
yang menuntut produk memiliki “keunikan” fitur, nilai tambah, dan lebih “customize”, akan sangat sulit untuk survive jika
mengadopsi Push System.
Konsep Pure Pull atau Push akan memiliki definisi beragam jika system inventory / persediaan masuk didalamnya. Akan lebih jelas maknanya, jika Pull/Push definisinya dimulai dari proses produksi hingga delivery customer. Proses produksi yang menerapkan pull system akan memberikan dampak yang significant terhadap upaya peningkatan produktivitas dan penurunan waste. Didalamnya kita akan banyak temukan metode-metode proses yang sangat menarik, misal system kanban antar lini proses.
Konsep Pure Pull atau Push akan memiliki definisi beragam jika system inventory / persediaan masuk didalamnya. Akan lebih jelas maknanya, jika Pull/Push definisinya dimulai dari proses produksi hingga delivery customer. Proses produksi yang menerapkan pull system akan memberikan dampak yang significant terhadap upaya peningkatan produktivitas dan penurunan waste. Didalamnya kita akan banyak temukan metode-metode proses yang sangat menarik, misal system kanban antar lini proses.
Penutup
Dalam
situasi real yang kompetitif, menempatkan Push dan Pull system dalam sudut yang berbeda
adalah kemustahilan. Saya ibaratkan kita dipaksa untuk mengakui bahwa didunia
ini hanya ada warna primer, yaitu merah, biru dan kuning. Kenyataannya? Masih ada
warna-warna hasil kombinasi ketiganya. Analogi ini saya pikir tepat untuk
menggambarkan posisi Pull & Push System, kombinasi optimum keduanya akan
menghasilkan model-model turunan lain mengikuti karakteristik proses masing-masing
manufacturing. Disinilah peran dari Production Planning Inventory Control (PPIC).
Akhir
kata, semoga artikel ini memberikan pencerahan mengenai pemahaman dua system dasar dalam konsep lean manufacturing,
yaitu system Pull dan System Push.
Good
Luck !
Very helpful. Will wait for your next blog.
ReplyDeleteDear Santi,
DeleteThanks for your interesting, Good Luck
terima kasih penjelasannya mas..
ReplyDeleteboleh tau perbedaan sama persamaan dari push dan pull system?
ReplyDeleteThx info nya sgt membantu
ReplyDeletetengkyu postingannya, min.
ReplyDeletemembantu banget
makasih pak, helpful
ReplyDeletehelpull dah
ReplyDeleteI thank you for your information.
ReplyDeleteTercerahkan, terimakasih pak
ReplyDeleteWadohhh thanks bet deh pokok nya mantab jadi jelas...jelas banget..pokoknya jari lebih paham lah...
ReplyDeleteSilahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
ReplyDelete> Hoki anda ada di sini <
1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
Kami memberi bukti bukan Janji
Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!
keren artikelnya makasih yah kak
ReplyDeleteberita terbaru
If you had financial problems, then it is time for you to smile. You only need to contact Mr. Benjamin with the amount you wish to borrow and the payment period that suits you and you will have your loan in less than 48 hours. I just benefited for the sixth time a loan of 700 thousand dollars for a period of 180 months with the possibility of paying before the expiration date. Make contact with him and you will see that he is a very honest man with a good heart.His email is lfdsloans@lemeridianfds.com and his phone number is + 1-989-394-3740 WhatApp.
ReplyDeleteKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
ReplyDeleteServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id
Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
ReplyDeleteKesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802